Seiring populernya Instagram sebagai sebuah media sosial, banyak orang yang tidak tahu arti yang sebenarnya dari pemakaian kata tersebut. Disusun dari dua kata, yaitu “Insta” dan “Gram”. Arti dari kata pertama diambil dari istilah “Instan” atau serba cepat/mudah. Dari penggunaan dua kata tersebut, kita jadi semakin memahami arti dan fungsi sebenarnya dari Instagram. Yaitu sebagai media untuk membuat foto dan mengirimkannya dalam waktu yang sangat cepat. Tujuan tersebut sangat dimungkinkan oleh teknologi internet yang menjadi basis aktivitas dari media sosial ini.

Dan datanglah suatu kesempatan untuk mengikuti seminar internet marketing dan belajar tentang strategi jitu meledakkan penjualan lewat Instagram melalui seminar yang diadakan oleh Sinergia EO dengan menghadirkan pembicara internet marketing Bapak Suryadin Lauddang di Lynn Hotel Jogokaryan Yogyakarta.

Singkat kata saya sebagai peserta sangat antusias mendengarkan paparan yang disampaikan sang pembicara internet marketing kelas wahid ini. Beliau menjelaskan seluk beluk Instagram sampai ke akar-akarnya. Satu hal yang paling menarik dari statement-nya adalah bahwa kita bisa kaya lewat Instagram. Sesaat saya termenung, “Apa iya?”. Pertanyaan itu muncul dalam benak saya, memaksa saya untuk terus memperhatikan yang disampaikan.

Materi demi materi tentang Instagram sudah disampaikan dan semua pertanyaan sudah terjawab bahwa Instagram dapat membuat saya kaya. Dari situlah saya mulai merancang strategi sebagaimana yang disampaiakan oleh Beliau. Satu pertanyaan yang tersisa, mari kita memulai untuk berjualan.

Seperti yang dikatakan oleh pembicara internet marketing dalam seminar, Instagram tidak hanya digunakan untuk narsis dan pamer fotografi, tetapi bisa juga digunakan untuk mendongkrak omset bisnis kita. Di antaranya kelebihan Instagram yang disampaikan oleh pembicara internet marketing antara lain:

1. Media Promosi

Semakin banyak orang yang menyadari bahwa Instagram merupakan alat promosi yang sangat ampuh. Kecenderungan para pengguna internet ialah lebih tertarik pada bahasa visual. Nah, dibandingkan dengan media sosial lainnya, Instagram lebih memaksimalkan fiturnya untuk komunikasi melalui gambar atau foto. Ketika bahasa visual mendominasi dunia internet, dari situlah para pelaku bisnis bisa memanfaatkan peluang yang terhampar di depan mata.

Fenomena lainnya yang sangat menarik dari Instagram adalah bagaimana kebanyakan orang tertarik untuk mempopulerkan akun mereka. Tujuannya adalah memperoleh jumlah follower sebanyak-banyaknya. Metode ini sebenarnya sama persis dengan Twitter yang menghasilkan banyak selebtwit di Indonesia. Begitu pula dengan dunia Instagram yang melahirkan sejumlah seleb dengan ribuan bahkan jutaan follower. Ketika seseorang sudah punya banyak follower, secara otomatis ia punya reputasi sehingga menarik minat dari sejumlah vendor untuk memasang iklan di akun Instagram mereka. Itulah yang disebut sebagai buzzer yang mampu mendulang banyak keuntungan yang berawal dari hobi postingan di Instagram atau media sosial lainnya.

Namun untuk membuat sebuah akun Instagram dengan tujuan-tujuan tersebut harulah memiliki kemampuan komunikasi yang cukup bagus. Setidaknya, seorang pemilik akun mampu menghasilkan foto berkualitas dengan gaya kemasan yang unik dan berkarakter. Jadi bukan asal-asalan membuat akun Instagram dan menyebar spam alias promosi dengan cara meninggalkan jejak komentar di sembarang akun Instagram lainnya.

2. Toko Online

Sekarang ada cukup banyak aktivis media sosial yang menggunakan Instagram untuk membangun bisnis di toko online sebagai alat untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Hal ini karena pembangunan yang semakin berkembang pesat dengan meningkatnya jumlah pengguna Instagram. Bahkan mungkin cukup baru dibandingkan dengan media sosial lain seperti Facebook dan Twitter, tapi Instagram juga diminati oleh perusahaan-perusahaan, terutama bisnis online.

Apakah kamu tertarik untuk membuat bisnis online melalui Instagram? Nah, sebelum kamu memutuskan untuk memulai bisnis online menggunakan Instagram, akan menyenangkan jika kamu tahu sebelumnya tentang keuntungan dan kerugian dari penjualan di Instagram!

Kelebihan Instagram untuk Berbisnis

• Sadar akan pasar teknologi. Salah satu keuntungan dari penjualan melalui Instagram adalah pengguna sudah dijamin melek teknologi. Jika mereka aktif di Instagram, biasanya mereka juga aktif di Twitter atau Facebook. Oleh karena itu, akan lebih mudah bagi kamu untuk mempromosikan produk yang kamu jual melalui Instagram dan jaringan sosial lainnya.

• Pengguna Instagram pasti akan memiliki gadget yang dapat mendukung aplikasi seperti iPhone dan Android. Ini berarti bahwa pengguna Instagram adalah kelas menengah. Tentu saja, itu adalah bisnis yang sangat menguntungkan, karena pelanggan lebih cenderung memiliki “kantong” yang cukup tebal.

• Tampilkan produk yang sederhana. Instagram secara khusus digunakan sebagai aplikasi berbagi foto dan fitur yang tersedia sangat mendukung gambar produk yang kamu upload.

• Pada Instagram, sebagian besar gambar menggunakan hashtag. Oleh karena itu, kami menyarankan agar pengguna menggunakan hashtag agar pembeli potensial atau konsumen dapat dengan mudah menemukan produk kita.

Kekurangan Instagram

• Sekarang telah dikembangkan InstaMessage, yakni fitur chatting untuk pengguna Instagram. Namun, masih banyak pengguna Instagram yang belum pernah menggunakan fitur ini. Jadi, cara berkomunikasi pun masih menggunakan media lain seperti WhatsApp / Line.

BACA JUGA


Jika Berhemat Jadi Resolusi 2018, Inilah yang Harus Kamu Lakukan Sekarang!

Jika Berhemat Jadi Resolusi 2018, Inilah yang Harus Kamu Lakukan Sekarang!

Dengan berhemat, kamu bisa mengalokasikan danamu untuk hal-hal yang lebih perlu

Read more..

Demikian, semoga bermanfaat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ternyata Kita Bisa Kaya Lewat Instagram. Mari Belajar Strategi Bisnisnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !