Akhir bulan tak jarang membuat banyak orang menarik ikat pinggang lebih kencang lantaran saldo di ATM semakin berkurang. Gajian masih jauh dari harapan, sementara kebutuhan harian tak dapat dihindarkan. Untuk itu Sahabat Moola, pandai-pandailah menghemat keuangan agar akhir bulanmu tidak 'sekarat'. Jadi, sudahkah kamu melakukan beragam penghematan seperti berikut ini?


1. Stop nongkrong di kafe

Yang pertama dan harus selalu jadi catatan, hentikan nongkrong di kafe atau restoran yang tak perlu. Jika kamu ingin menikmati secangkir kopi, biasakanlah membuat sendiri. Jika kamu ingin menemui seorang teman, biasakanlah menemui mereka di rumah agar 'biaya gaul' tidak membengkak.


2. Stop jalan-jalan

Photo Credit: Shutterstock

Tengah tahun seperti sekarang, ada banyak maskapai atau travel yang menawarkan tiket dan paket tour murah. Bahkan saking murahnya, kamu sampai tidak berpikir dua kali untuk membelinya. Padahal setelah membeli, kamu tetap harus memikirkan biaya menginap, uang makan, uang jalan-jalan, visa, dan lain sebagainya. Niat hati mendapat tiket murah, eh tetap merogoh kocek yang dalam juga, kan? Jangan heran jika akhir bulanmu jadi bokek tak keruan.


3. Stop belanja barang koleksi

Apakah kamu suka koleksi benda-benda tertentu yang terus menggodamu untuk berbelanja lagi dan lagi? Misalnya kamu suka membaca, nah kamu bisa menghabiskan stok buku-buku baru yang belum sempat dibaca, daripada terus-terusan membeli buku baru dan berujung penumpukan (serta pemborosan), iya kan?


4. Stop membuang uang receh, apalagi memecah uang besar

Photo Credit: GIF Indo

Mungkin kamu tak segan membelanjakan 'uang receh' karena nominalnya tak seberapa, padahal jika dihitung-hitung jumlahnya cukup lumayan. Karena itu, jangan keseringan memecah uang besar yang menjadikannya nampak receh dan menggodamu berbelanja berulang-ulang.


Semoga bermanfaat, Sahabat Moola!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sudahkah Kamu Melakukan Beragam Penghematan Agar Tak Gampang Bokek di Akhir Bulan?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !