Beberapa hari yang lalu kita baru saja melewati tahun 2017 dan saya belajar banyak hal, terutama tentang society yang menentukan standar ideal kehidupan, kesuksesan, dan kebahagiaan kita. Kalau kamu belum menjadi seorang entrepreneur semuda mungkin kamu gagal, kalau di umur 30 gaji kamu belum 2 digit kamu belum sukses, kalau kamu belum nikah di umur 25 kamu telat nikah, kalau kamu belum begini begitu kamu engga keren, kamu engga bahagia.

Jika terus menerus membandingkan diri kita dengan pandangan-pandangan seperti itu, itu akan membuat kita terus menerus mengejar standar tersebut dan pada akhirnya membuat kita tidak merasa bahagia dan bersyukur dengan apa yang kita miliki. Lalu bagaimana mengatasi society yang menentukan standar kaya seperti ini dan itu? Berikut 3 hal tidak populer yang bisa kamu lakukan ketika society menentukan standar kehidupanmu.

1. Memiliki Apa yang Kamu Butuhkan

Credit Photo: racem

Jika temanmu memiliki mobil Toyota Yaris keluaran terbaru dan kamu memilih untuk membeli mobil neneknya Toyota Yaris yakni Toyota Starlet kotak keluaran tahun 1987, apa itu artinya hidupmu tidak lebih bahagia atau kaya seperti temanmu yang menyicil mobil Toyota Yaris?

Jika kamu memiliki mobil Toyota Starlet tanpa harus menyicil dan membayar pajak lebih murah tiap tahunnya kenapa harus muram dan merasa tidak kaya? Santai saja, bukannya sekarang sedang kembali trend sesuatu yang berbau retro? Kamu justru akan tampil lebih nyentrik dengan mobil retro dan merasa lebih tenang karena tidak terbeban dengan membayar pajak tahunan yang jelas lebih murah dibandingkan dengan Yaris keluaran terbaru.

2. Percaya Pada Kemampuan Diri Sendiri

Credit Photo: abovethelaw

Standar kehidupanmu belum cukup dengan memiliki ini itu. Profesi juga tak luput dari standar society yang dianggap keren kalau misalnya kamu jadi artis, public figure, sutradara, bikin startup, jadi manager semuda mungkin, gaji besar dengan kerja di perusahaan keren dan lain sebagianya. Memang tidak ada yang salah dengan standar tersebut, tapi kalau kemampuan dari diri sendiri tak dapat menjangkaunya kenapa harus dipaksakan.

Mungkin saat ini kamu sedang mengalami masalah dengan pekerjaanmu dan kamu membencinya. Banyak di antara kita bekerja di bidang yang tidak disukai amat dan tergiur dengan profesi orang lain, tapi karena kebutuhan maka mau enggak mau harus dijalani. Seiring berjalannya waktu penderitaan kita saat ini akan terbayar pada saat kita mendapatkan pekerjaan yang kita idamkan. Bersabarlah dengan prosesnya.

Percaya pada kemampuan diri sendiri dan mencukupi kebutuhanmu dengan apa yang kamu dapatkan dari upahmu, kamu kaya. Selalu ingat di luar sana ada orang-orang yang bisa mencukupi kebutuhan rumah tangganya dengan gaji 2 juta. Atau ada pengusaha yang pontang-panting untuk memastikan karyawannya dapat gajian di akhir bulan nanti. Bersyukurlah dengan apa yang kamu miliki.

3. Jadi Diri Sendiri dan Realistis

Credit Photo: clarehillassociates

Belakangan kita sering mendapat quotes-quotes postingan teman di media sosial ataupun di WhatsApp Group keluarga atau geng nyinyir kalian. Entah benar atau tidak banyak juga quotes-quotes yang menyesatkan dan malah bukan kamu banget.

Seperti misalnya “Follow Your Passion” – ya apa passion kamu? Kalau itu tidak menghasilkan uang bagaimana? Apa kamu akan berhenti dari pekerjaan yang kamu benci meskipun dibayar? Atau follow your passion tanpa ada bayaran sama sekali? Siapa yang mau bayarin sewa kos-kosanmu atau tagihan listrik?

Ada lagi misalnya “Live Every Day Like It’s Your Last” – benar begitu? Kamu akan sibuk sekali menghabiskan apa yang kamu miliki karena merasa hari ini hari terakhirmu hidup di bumi dan ternyata besok kamu masih harus menjalani hidup ini. “Every Girl is Beautiful. Sometimes it Just Takes the Right Guy to See it”Please lah, masa kecantikanmu ditentukan oleh laki-laki. Enggak masuk akal ya.

Masih ada tambahan dari saya, “Don’t Work, Just Travel” – Yakin? Ini bisa terjadi kalau kamu misalnya ketemu jin dalam botol yang bisa wujudkan impianmu itu, atau kamu menanam pohon uang yang kapan aja bisa kamu petik dan jalan-jalan keliling dunia. Please lah, realistis sedikit.

BACA JUGA


Ingin Networking Lebih Luas? Coba Yuk Bekerja di Coworking Space!

Ingin Networking Lebih Luas? Coba Yuk Bekerja di Coworking Space!

Para pelaku start up maupun pengusaha, baik yang baru memulai bisnisnya maupun yang sudah lama, pasti sudah tidak asing dengan istilah ...

Read more..

Jangan terlalu menghiraukan society yang terus menerus menuntut hidupmu harus begini begitu. Banyak cerita lain yang bisa kita pelajari dari selebgram, youtuber, dan bahkan temanmu sendiri yang banyak menghabiskan waktu dan energinya untuk tampil di media sosial dengan kepalsuan, utang sana-sini. Ngeri. Jika hidupmu tidak instagramable, jangan sedih. Tetap jadi diri sendiri dan bersyukur dengan apa yang kamu miliki.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Society Menentukan Gaya Hidupmu? Tenang Saja, Ini 3 Hal Tidak Populer yang Mesti Kamu Lakukan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !