Impian setiap manusia pastinya punya kehidupan mapan dan nyaman serta bebas finansial. Tapi sayangnya hanya segelintir orang saja yang beruntung memiliki kehidupan seperti itu. Masih banyak di antara kita yang hidup dalam keterpurukan ekonomi. Pertanyaannya adalah apakah kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai kehidupan yang bebas finansial?

Pastinya ada strategi tersendiri untuk menyiasati bagaimana caranya agar kita yang dari kalangan ekonomi menengah ke bawah juga bisa merasakan kebebasan finansial di usia matang. Untuk memenuhi kebutuhan mendesak terkadang kita harus berutang dalam keadaan terpaksa. Ini juga perlu diperhatikan, agar utang yang terlanjur kita buat tersebut tidak membebani kita dalam jangka waktu lama dan berlarut-larut. Jadi ini yang sebaiknya dilakukan Sahabat Moola guna menyiasati keuangan agar terhindar dari tumpukan utang yang terlanjur ada.


1. Punya penghasilan tetap dan sampingan

Image via : plimbi

Ini penting dan wajib hukumnya. Selain punya penghasilan tetap semisal bekerja sebagai karyawan, sebaiknya juga dipikirkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha sampingan atau bekerja freelance. Karena kalau hanya mengandalkan dari satu sumber penghasilan saja, pergerakan finansial akan lambat.


2. Buat jurnal keuangan yang akurat

Image via : joblike

Agar pemasukan dan pengeluaran bisa terpantau secara detail, buatlah jurnal keuangan pribadi secara akurat. Dari jurnal tersebut nantinya bisa dibuat rencana jangka panjang untuk membuat keuangan menjadi lebih terkontrol.


3. Ubah gaya hidup

Image via : kreditgo

Berhemat dan bergaya hidup sehat adalah hal penting untuk memulai kehidupan finansial yang sehat. Tidak perlu mengikuti gengsi kalau ujung-ujungnya hanya akan membuat kehidupan finansial menjadi berantakan. Sebisa mungkin buatlah daftar kebutuhan seefisien mungkin dan hindari pengeluaran yang tidak tertera dalam daftar tersebut.


4. Jangan ketergantungan dengan kartu kredit

Image via : money

Kalau sudah terbiasa berutang dengan jalan apa pun nantinya akan keenakan dan menganggap enteng semuanya. Hindari pemakaian kartu kredit atau jasa pinjaman online yang menjanjikan bunga rendah sekali pun.


5. Jangan tunda membereskan semua utang

Image via : imoney

Bila sudah terlanjur mempunyai utang atau cicilan, sebaiknya segera dibereskan. Jangan menganggap enteng dengan berlama-lama menyicil dengan jangka waktu panjang. Bila perlu lakukan konsolidasi utang untuk mendapatkan bunga yang lebih kecil dan hanya berutang di satu tempat saja. Jadi akan lebih efektif dan menekan bunga utang agar tidak semakin menambah pengeluaran.

BACA JUGA


Hebat! 11 Anak Muda Kebanggaan Indonesia Berhasil Masuk '30 Under 30' Versi Forbes 2018. Siapa Sajakah Mereka?

Hebat! 11 Anak Muda Kebanggaan Indonesia Berhasil Masuk '30 Under 30' Versi Forbes 2018. Siapa Sajakah Mereka?

Berita membanggakan datang dari Forbes. Majalah bisnis ini merilis daftar '30 Under 30 Asia' dan 11 anak muda Indonesia berhasil masuk di ...

Read more..

Itu tadi beberapa hal penting yang sebaiknya segera dijalankan dalam kehidupan Sahabat Moola agar impian untuk hidup bebas finansial di usia matang bisa lekas tercapai. Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Siasat Mengatur Keuangan di Usia Matang Agar Terhindar dari Tumpukan Utang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !