Kasus penipuan jamaah umroh oleh First Travel belum juga selesai di pengadilan, kini sudah ada lagi kasus serupa yang dilakukan oleh Abu Tours. Jamaah yang mendaftar biasanya tergiur oleh harga murah dan endors dari para selebriti serta iklan yang dibuat semenarik mungkin. Para jamaah sebenarnya sudah merasa ada yang tidak beres berkaitan dengan waktu keberangkatan yang diundur terus juga biaya perjalanan yang jauh lebih murah dibanding agen travel umroh lainnya.

Dari kejadian itu, sebaiknya ini yang perlu Sahabat Moola perhatikan jika ingin mendaftar keberangkatan umroh di agen travel mana pun!


1. Perhatikan iklan agen travel

Image via : ikonbisa

Pilih agen travel berdasarkan iklan dari teman yang sudah pernah berangkat umroh tanpa bermasalah. Jangan terpengaruh oleh iklan dari para selebriti dan endors dari orang yang tak dikenal. Karena iklan dari mulut ke mulut apalagi orang yang dikenal lebih bisa dipercaya.


2. Mempunyai website resmi

Image via : websitependidikan/com

Agen travel resmi pastinya mempunyai website dan kantor dengan alamat yang jelas serta terdaftar di Kementrian Agama. Selain itu, ia juga memiliki izin Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) yang bisa dicek di situs daftar PPIU.


3. Jangan tergiur tarif murah

Image via : hargatike

Pada umumnya paket promo berkisar antara 18 juta sampai 25 juta untuk fasilitas bintang 3 sampai 5. Bila ada penawaran dengan biaya di bawah 15 juta maka sebaiknya patut curiga. Malah biaya bisa lebih mahal lagi jika ada tour ke negara tetangga.


4. Ada tanggal keberangkatan yang jelas

Image via : defotolia

Agen travel yang profesional dipastikan bisa memberikan jaminan tanggal keberangkatan yang jelas serta memberikan itinerary yang pasti beserta nama tempat penginapan sehingga jamaah tidak kesulitan untuk mendapatkan informasi yang valid.


5. Visa bisa dicek dengan jelas

Image via : rp.pl

Pihak kerajaan Arab Saudi tidak bisa dengan mudahnya mengeluarkan visa kecuali dengan travel umroh yang sudah sangat dipercaya. Itulah sebabnya, Sahabat Moola harus lebih cermat mengecek visa.


6. Tidak ada biaya tambahan yang tidak jelas

Image via : canjel

Keseluruhan harga yang sudah dibayar seharusnya sudah termasuk manasik, akomodasi, transportasi, VISA, city tour, guide, asuransi, dan peralatan. Kecuali vaksin meningitis dan mengurus nama paspor menjadi tiga kata. Selain itu berhati-hati jika masih diminta biaya tambahan ya, Sahabat Moola.


7. Memiliki jaringan yang kuat

Image via : joeviday

Agen travel yang benar biasanya memiliki jaringan wisata yang valid. Karena sebuah perusahaan besar tidak hanya menyediakan paket umroh saja tapi mereka juga membuka layanan untuk haji, tiket pesawat dan booking hotel. Agen travel tersebut juga memiliki banyak akses kemudahan dalam hal komunikasi.

BACA JUGA


Awas Jangan Tertipu! Ini Caranya Mengenali Biro Umroh Abal-abal

Awas Jangan Tertipu! Ini Caranya Mengenali Biro Umroh Abal-abal

Setelah kasus First Travel, kini muncul kasus Abu Tours yang juga membohongi jamaah umroh hingga triliunan rupiah

Read more..

Itu tadi hal-hal yang sangat penting diperhatikan jika Sahabat Moola ingin berangkat umroh. Semoga selalu dilancarkan ya niat baik, Sahabat Moola.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Setelah First Travel Kini Ada Kasus Penipuan Jamaah Umroh Oleh Abu Tours. Hati-hati Dalam Memilih Agen Travel Umroh, Sahabat Moola!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !