Kehidupan para selebgram ternyata tak semewah postingan yang disajikan. Ada dari beberapa orang yang mencoba peruntungan menjadi selebgram bukannya mendapatkan uang tapi malah mengeluarkan banyak uang yang berujung terlilitutang dan kebangkrutan. Seorang selebgram yang terkenal karena kebangkrutannya bernama Lissete Calveiro, wanita asal Miami yang bercita-cita menjadi selebgram hingga rela berutang kepada bank hingga ratusan juta rupiah, utang yang tak sepadan dengan penghasilannya yang hanya sebagai pekerja magang, di mana penghasilannya hanya cukup untuk biaya transportasi saja.

Miris sekali ya, Sahabat Moola. Demi bergaya dan tampil sempurna di instagram, wanita ini rela hidup dalam kebohongan dunia maya. Padahal hasil yang didapat tak sesuai ekspektasi dan berbanding terbalik dengan modal yang sudah dikeluarkan untuk menjadi selebgram. Jadi sebelum terlambat dan berakibat fatal seperti Lissete ini, ada baiknya Sahabat Moola melihat efek buruk dari bergaya yang tak sesuai dengan isi kantong.

Ini dia efek buruk bergaya yang tak sesuai dengan isi kantong!


1. Bisa menghalalkan segala cara

Photo Credit: Oomph

Orang yang sudah kecanduan sesuatu biasanya akan menghalalkan segala cara untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Termasuk kebutuhan bergaya seperti selebgram Lissete tadi. Ia sampai rela berutang demi memenuhi tuntutan sebagai seorang selebgram yang harus tampil sempurna agar mendapatkan banyak followers. Padahal belum tentu hasilnya sesuai ekspektasi.


2. Tak mempunyai tabungan

Untuk memenuhi kebutuhan bergaya saja sampai harus berutang, bagaimana mau punya tabungan? Penghasilannya saja tidak sesuai dengan pengeluarannya. Kehabisan uang buat bergaya sehingga tidak memikirkan menabung untuk masa depan.


3. Hidup dalam kepalsuan

Photo Credit: Kapanlagi Plus

Lissete sendiri mengakui bahwa ia terpaksa menjalani kehidupan drama di dunia maya karena kehidupan nyatanya tak sesuai harapan. Hidupnya penuh kepalsuan karena yang orang lihat tak sesuai dengan kenyataan yang ada.


4. Pola hidup konsumtif

Bergaya pastinya membutuhkan banyak pakaian, tas, sepatu hingga aksesories yang tanpa sadar menjadikan pola hidup menjadi seorang konsumtif. Belum lagi harus makan di restoran mewah sebagai pencitraan dan kongkow di cafe ternama hanya untuk mendapatkan foto yang berkelas. Segalanya jadi serba konsumtif demi bisa memenuhi kebutuhan bergaya.


5. Banyak utang dan kebangkrutan

Photo Credit: Photo Credit: HP PEDIA

Karena sudah menghalalkan segala cara hingga berutang segala dan tak mampu membayarnya, sudah pasti kebangkrutan sudah di depan mata. Efek buruk jangka panjang yang akan dirasakan setelah bersenang-senang dalam kepalsuan.

BACA JUGA


International Women's Day, Berikut 5 Pebisnis Perempuan yang Menginspirasi

International Women's Day, Berikut 5 Pebisnis Perempuan yang Menginspirasi

Para selebriti sedang ramai-ramai terjun ke dunia bisnis. Siapa sajakah di antaranya yang bisa menginspirasi? Disimak yuk, Sahabat Moola

Read more..

Sebelum Sahabat Moola merasakan efek buruk dari bergaya yang terlalu dipaksakan, ada baiknya jika dipikir matang-matang lagi melihat dari pengalaman Lissete Calveiro tadi. Solusi untuk membereskan kekacauan utang yang menumpuk juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar jika tidak mempunyai pendapatan yang sesuai dengan pengeluaran. Jadi sebaiknya lebih berpikir bijak ya, Sahabat Moola.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selebgram Jatuh Miskin Demi Terlihat Sempurna, Beginilah Efek Buruk Bergaya Tak Sesuai Isi Kantong". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !