Saat ini jika pergi ke toko buku, kita akan menjumpai banyak sekali buku-buku motivasi cara mudah untuk kaya mulai dari jualan online dan offline. Produk yang ditawarkan juga lucu-lucu tapi jarang saya temui buku-buku tersebut menawarkan untuk menjadi kaya kita harus menghemat uang kita dengan minum kopi. Aneh? Tentu saja.

Oke. Katakanlah kamu memang berhemat untuk minum kopi pagi atau soremu sekitar 20K per cup kopi pagi atau sekitar 140K seminggu atau 6,7 juta setahun tapi kamu lupa menghabiskan uangmu untuk liburan 10 juta setahun.

Baik. Kalau memang issuenya kekurangan uang. Yuk sedikit serius dengan fokus untuk mencari pipa tambahan pendapatanmu agar uang yang kamu hemat bisa memberikan imbal hasil yang tepat.

Berikut 5 cara yang lebih masuk akal untuk menjadikan dirimu seorang jutawan:

#1. Invest Waktumu Dengan Benar

Credit Photo: workitdaily

Saat ini banyak orang menghabiskan waktu surfing di sosial media seperti Instagram tapi tidak menambah 1% pun skill yang baru. Padahal ada banyak apps dan buku yang menawarkan berbagai macam edukasi. Mungkin berat membaca buku, tapi saat ini ada apps yang menawarkan ringkasan buku-buku laris dan poin-poin penting dalam buku tersebut. Contohnya apps GetAbstract.

Misal kamu memang sudah mahir dengan ilmu legal. Invest waktumu untuk belajar finance, belajar bahasa Rusia, belajar artificial intellegence, blockchain, content writer. Gunakan waktu dan energimu untuk invest di tempat yang benar untuk mencapai tujuanmu.

Salah satu cara yang masuk akal untuk menambah pendapatanmu adalah invest waktumu untuk menambah keterampilan yang membantumu untuk mendapat penghasilan tambahan.

#2. Cari Pekerjaan Yang Mendukung Tujuanmu

Credit Photo: hongkiat.com

"Berat, biar aku saja" kata Dilan, meskipun saya enggak setuju rindu disimpan sendirian, itu bukan solusi :D Mungkin pekerjaan kamu sekarang bukan kendaraan yang tepat untuk mencapai tujuanmu. Jangan disimpan sendirian dan bertahan sekuat tenaga, itu bukan solusi, karena akan sulit buatmu untuk berkembang baik dari segi materi ataupun keahlianmu.

Mulailah untuk sedikit berani keluar dan cari pekerjaan yang mendukung tujuanmu. Sebuah organisasi hidup dengan cara itu yang disebut pendapatan. Ketika pasar sudah jenuh dengan produk lama, mereka akan cari cara untuk produksi produk baru.

Carilah pendapatan dan komisi yang pantas untuk keahlianmu sampai tujuanmu tercapai. Ini cara kedua yang masuk akal.

#3. Jadilah Yang Terbaik

Credit Photo: elearningacademy.com



Ketika kamu setia dalam pekerjaan yang kecil dan berusaha sekuat tenaga untuk menjadi yang terbaik, niscaya kamu akan dipercayakan untuk memulai hal yang lebih besar. Jadilah yang terbaik untuk segala bidang yang dipercayakan kepadamu. Jangan menjadi rata-rata.

Orang-orang sukses selalu memiliki obsesi yang tinggi untuk menjadi yang terbaik. Liat bagaimana Elon Musk menerbangkan roket, ia gagal, tapi terus berusaha menjadi terbaik dan berhasil menerbangkan roket. Kabarnya setelah itu ia mendapatkan kontrak kerja dengan NASA untuk membuat sebuah roket.

#4. Lakukan Pekerjaan Yang Saling Berhubungan

Credit Photo: elearningacademy.com

Untuk menambah pendapatanmu gunakan kemampuanmu untuk melakukan pekerjaan yang masih ada hubungan dengan kemampuan yang kamu miliki.

Misal kamu memiliki pengetahuan tentang legal, kamu bisa menjadi seorang content writer untuk sebuah blog dan mendapatkan uang darisitu.

#5. Sisihkan 10% dari Pendapatanmu

Credit Photo: jagoinvestor.com

Sebenarnya sah-sah saja jika ingin lebih dari 10% tapi ini adalah langkah sederhana sebelum menabung atau investasi lebih dari 10%.

Tantang dirimu apa sudah sanggup menyisihkan 10% pendapatanmu untuk nabung dan investasi? Jika sudah bisa lakukan lebih besar lagi. Begitu seterusnya sampai tujuanmu tercapai.

Itu dia 5 hal cara yang cukup waras untuk membuat dirimu seorang jutawan. Artikel ini saya dapat dari tulisan Grant Cardone seorang pebisnis sukses dan penulis New York Times. Semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Lupakan Menghemat Kopi Lattemu, Ini 5 Langkah Cara Membuat Dirimu Menjadi Kaya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !