Kebutuhan hidup memang menuntut untuk melakukan hal yang kadang di luar keinginan, seperti berutang misalnya. Dalam kondisi terpaksa kadang berutang adalah pilihan terakhir yang tak bisa dihindari. Tak terkecuali bagi orang yang hobi berutang untuk keperluan tidak penting yang hanya sekadar memenuhi gaya hidup saja. Apa pun itu, utang yang ditimbulkan sehingga menumpuk dan tersebar di sana-sini memang bikin hilang semangat hidup karena sudah terlalu pusing memikirkan utang dan kegagalan finansial. Usaha yang tak kunjung membuahkan hasil juga bisa menimbulkan stress hingga depresi.

Ada satu cara untuk mengurangi beban utang yang tersebar di banyak tempat, dengan cara konsolidasi utang. Memang, ini bukan solusi untuk bisa melunasi utang dengan segera, tapi setidaknya semua utang hanya bermuara di satu tempat saja sehingga pelunasan utang bisa lebih fokus dan terkontrol. Tapi, harus diperhatikan juga beberapa hal penting sebelum melakukan konsolidasi utang ya. Ini dia beberapa hal yang harus diperhatikan bila ingin melakukan konsolidasi utang!


1. Hitung rinci total utang yang akan dikonsolidasi

Image via :Internethaber

Hitung total semua utang yang tersebar di banyak tempat. Lalu ajukan dengan jumlah lebih dari utang tersebut agar semua utang bisa tertutupi. Jadi nantinya hanya ada utang di satu tempat saja. Yang perlu diperhatikan adalah kemungkinan jumlah utang akan bertambah sesuai besarnya bunga dan jangka waktu cicilan yang dipilih. Hitung juga jumlah pemasukan dengan pengeluaran yang ada, jangan sampai tekor.


2. Pilih sumber pinjaman yang tepat dan aman

Image via : shutterstock

Cek secara detail tempat yang akan jadi sumber pinjaman konsolidasi. Akan lebih baik jika meminjam di tempat yang tidak harus mengeluarkan bunga pinjaman. Jika terpaksa harus meminjam di bank atau leasing, perhitungkan baik-baik suku bunga dan jangka waktu pinjaman. Jangan sampai utang akan semakin membengkak dan menyulitkan untuk pelunasannya. Karena tujuan konsolidasi untuk meringankan dan memfokuskan utang agar bisa segera teratasi.


3. Ciptakan gaya hidup sehat finansial

Image via : firestock

Mulailah lebih tegas dengan pola hidup finansial yang sehat. Hilangkan pengeluaran yang tidak penting seperti kebiasaan jajan, kongkow di cafe dan mall, sampai kondisi finansial kembali sehat. Jaga kesehatan dengan gaya hidup sehat dan bebas rokok serta kafein. Karena itu juga bisa mengurangi pengeluaran dan kesehatan lebih terjamin.

BACA JUGA


Siasat Mengatur Keuangan di Usia Matang Agar Terhindar dari Tumpukan Utang

Siasat Mengatur Keuangan di Usia Matang Agar Terhindar dari Tumpukan Utang

Usia 30-an adalah usia matang yang sebaiknya hidup secara 'bebas finansial'. Mulai pikirkan kehidupan di hari tua dan hidup nyaman dengan ...

Read more..

Tetap ingat ya, Sahabat Moola bahwa konsolidasi utang ini tidak akan lantas membebaskan semua utang yang ada. Tapi ini adalah solusi untuk memfokuskan pelunasan utang hanya di satu tempat dengan harapan tidak akan tercipta lagi utang-utang berikutnya. Yang terpenting adalah niat dari diri sendiri untuk membebaskan diri dari utang agar kebebasan finansial bisa diraih. Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Konsolidasi Utang untuk Menyehatkan Keuangan yang Terlanjur Berantakan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !