Sahabat Moola setiap hari pastinya suka beli jajanan alias cemilan dong ya. Apalagi buat yang kecanduan rokok, ngopi, ngebaso sampai beli gorengan. Kelihatannya mungkin nggak banyak ngeluarin uang, paling besar sehari hanya sepuluh ribuan. Tapi sadar nggak sih, kalau Sahabat Moola sudah ngeluarin duit receh yang kalau dikumpulin dalam jangka waktu tertentu, uang tersebut bisa terkumpul dengan nominal yang lumayan besar. Yah sedikit-sedikit bisa jadi bukit istilahnya. Kepikiran buat ngitungin nggak sih?

Mungkin bagi sahabat Moola yang cermat dan punya catatan pemasukan dan pengeluaran secara detail, hal itu bisa terdeteksi dengan baik. Tapi kalo nggak? Wah, bisa kacau pastinya budget keuangan Sahabat Moola. Coba yuk kita hitungin pengeluaran sepele dalam mengatur pola jajan yang ternyata ada pengaruhnya juga loh buat pengeluaran.

1. Beli rokok

Photo Credit : pixedelic

Selain dampaknya nggak bagus untuk kesehatan, rokok juga merugikan keuangan pastinya. Sehari aja merokok misal cuma sebatang Rp 1.000 dikali sebulan kan sudah Rp 30.000. Kalau setahun dikumpulin dapat Rp 360.000. Itu cuma sebatang loh, gimana kalau sebungkus rokok sehari? Wah, makin besar dong nominalnya. Yuk, pelan-pelan hilangin kebiasaan ngerokok. Biar lebih irit dan kesehatan pun terjaga.

2. Jajan cemilan yang berlebihan

Photo Credit : popsugar

Hampir sama dengan rokok, bedanya jajan cemilan nggak sehat buat kestabilan berat badan. Keseringan ngemil bisa bikin badan melar loh. Misal sehari beli gorengan atau snack Rp 5.000 dikali sebulan jadi Rp 150.000. Setahun kan jadi Rp 1.800.000. Wow, duit segitu gimana kalo dibeliin alat kecantikan atau perawatan tubuh aja? Lebih bermanfaat kan, Sahabat Moola?

3. Ngopi atau es teh setelah kenyang makan

Photo Credit : mcare

Sehari untuk secangkir kopi atau es teh seharga Rp 3.000 dikali sebulan sudah Rp 90.000. Berarti setahun jadi Rp 1.080.000 cuma untuk minum saja. Wuih, kelihatan lumayan ya angkanya. Kopi dan teh kalau dikonsumsi sering-sering juga nggak bagus buat kesehatan. Duitnya mending buat beli buah-buahan yang lebih menyehatkan.

BACA JUGA


4 Indikator Kebahagiaan dalam Keuangan. Sudahkah Kamu Mengupayakan Secara Maksimal?

4 Indikator Kebahagiaan dalam Keuangan. Sudahkah Kamu Mengupayakan Secara Maksimal?

Kebahagiaan dalam keuangan dapat diukur dengan 4 indikator berikut ini. Sudahkah kamu mengupayakan secara maksimal

Read more..

Kelihatan sepele ya, Sahabat Moola. Tapi terkadang malah dianggap sebagai kebutuhan pokok saking sudah kecanduan dan jadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Tapi coba deh dihitung lagi akumulasi nominalnya, lumayan banget loh. Bisa dipakai untuk hal yang lebih menyehatkan ketimbang cuma buat jajan. Kebiasaan jajan yang bikin budget jadi terbuang dan nggak bagus buat kesehatan sebaiknya dihilangkan pelan-pelan, supaya pola hidup sehat dan hemat bisa kamu jalankan. Selamat berjuang melawan jajan, Sahabat Moola.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kesalahan Sepele Atur Budget Jajan yang Mempengaruhi Pengeluaran". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !