Sahabat Moola, dunia bisnis kini tak hanya didominasi para senior, namun anak muda masa sekarang sudah banyak yang merintis bisnisnya yang berbasis passion. Hampir semua orang memiliki passion dalam hidupnya. Passion adalah sesuatu yang tidak membuat bosan saat kita mengerjakannya. Passion membuat kita rela mengorbankan apa saja untuk mencapainya. Passion juga di mana kita tak lagi memikirkan untung ruginya, sebab passion membuat kita fokus terhadapnya tanpa memikirkan hal-hal lainnya.

Nah, bagaimana jika bisnis dikerjakan sesuai passion? Misalnya untuk kamu yang menyukai dunia literasi, kamu berpikir untuk merintis usaha toko buku yang fancy. Atau bagi kamu yang menggemari dunia kuliner, kamu ingin berbisnis cafe anti mainstream yang dapat mengakomodir semua ide gilamu.

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis sesuai passion, hal tersebut tentu sangat menyenangkan. Namun, jangan lupa siapkan 5 hal ini agar bisnismu berjalan lancar!


1. Bukan keinginan sesaat

Photo Credit: Idealist Careers

Apakah kamu sudah yakin bahwa passion tersebut memang sudah kamu sukai sejak dulu, bukan keinginan sesaat yang lekas meredup dan menghilang? Jika YA, selamat! Kamu sudah memiliki sesuatu yang akan kamu kerjakan secara-terus menerus tanpa kenal bosan dan menyerah.


2. Ikuti komunitas yang mendukung passion

Passion tidak bisa berdiri sendiri jika tidak ada komunitas yang mengakomodirnya. Agar kamu bisa mengembangkan passion menjadi bisnis menguntungkan, kamu bisa ikuti komunitas sebagai wadah berbagi semangat dan pengalaman.


3. Gali info dan terus belajar

Photo Credit: Shutterstock

Jangan ragu untuk menggali info dari orang-orang yang sudah lebih dulu menggeluti dunia passionmu dan sukses mengembangkan jadi bisnis menguntungkan. Misalnya kamu suka merangkai bunga dan ingin membuka toko bunga, belajarlah dari para florist dan bagaimana cara mereka merintis bisnisnya.


4. Ikuti pelatihan

Passion saja tidak cukup jika kamu tidak mengasah kemampuan. Gali potensi diri, renungkan, apakah kamu sudah mampu merintis bisnis sesuai keinginan? Ikuti berbagai pelatihan yang mampu mengembangkan passionmu dan mengasah potensi dirimu. Selain itu, dalam sebuah pelatihan kamu juga akan menemukan circle dan link untuk mengembangkan usaha. Menarik, bukan?


5. Kumpulkan modal usaha

Photo Credit: Shutterstock

Bisnis tidak akan terealisasi tanpa adanya modal untuk memulai. Agar semua rencana kamu berjalan sesuai keinginan, kumpulkan modal yang cukup ya! Modal ini bisa kamu dapatkan dari mana saja, baik dari hasil pinjaman/kredit dan uang tabungan.

BACA JUGA


Hebat! 11 Anak Muda Kebanggaan Indonesia Berhasil Masuk '30 Under 30' Versi Forbes 2018. Siapa Sajakah Mereka?

Hebat! 11 Anak Muda Kebanggaan Indonesia Berhasil Masuk '30 Under 30' Versi Forbes 2018. Siapa Sajakah Mereka?

Berita membanggakan datang dari Forbes. Majalah bisnis ini merilis daftar '30 Under 30 Asia' dan 11 anak muda Indonesia berhasil masuk di ...

Read more..

Semoga bermanfaat ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Berbisnis Memang Lebih Enak Bila Sesuai Passion. Siapkan 5 Hal Ini untuk Memulainya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !