Baru-baru ini, ada kasus tiga biro perjalanan umroh yang menipu calon tamu Allah, yakni jamaah ibadah umroh. Ketiganya adalah First Travel, PT SBL, dan Abu Tours yang diduga sudah menggelapkan uang calon jemaah hingga triliunan rupiah. Dari ketiganya, ditemui kemiripan, yakni sama-sama menggunakan uang calon jamaah demi kepentingan pribadi para pemimpinnya. Mereka tak segan hidup mewah, menggunakan barang branded, kerap memamerkan jalan-jalan ke luar negeri di akun medsosnya.

Nah, sejak terungkap dan kasusnya bergulir di pengadilan, ribuan calon jamaah hanya bisa gigit jari karena tak mendapat kepastian. Hal ini tentu sangat menyakitkan, terutama bagi kamu yang sudah menabung cukup lama untuk bisa bertamu ke rumah Allah. Namun, pengalaman tentu menjadi guru yang terbaik, bukan? Agar ke depannya baik kamu maupun keluargamu tidak terkena penipuan berkedok biro umroh abal-abal, simak 5 cara mengenalinya!


1. Harga terlalu murah

Photo Credit: kabar3

Kamu suka harga yang murah?

Ya, siapapun pasti suka.

Boleh kamu dapat harga murah, asal tetap rasional menimbang kualitasnya. Sebut saja kasus First Travel yang menggemparkan, para calon jamaah tergiur label harga murah sekitar Rp 14 juta saja. Harga ini sangat jauh bila dibandingkan harga normal yang dibandrol Rp 20-25 juta yang mencakup akomodasi, hotel, makan tiga kali sehari, dan asuransi. Ternyata, yang murah adalah abal-abal, jadi kamu harus curiga bila ditawarkan paket yang harganya terlalu murah. Apa fasilitas yang kamu dapatkan? Pesawat apa yang kamu pakai menuju ke sana? Dan apakah biro travelmu jujur dalam bisnisnya? Waspadalah.


2. Tanyakan izin resminya

Nah, tanyakanlah izin resminya. Apakah dia memiliki izin dari Kementrian Agama Republik Indonesia?

Perjalanan umroh tidak sama dengan jalan-jalan ke negara orang lainnya, sebab semua harus diatur sedemikian rupa. Jika sesuatu terjadi padamu di Mekkah, maka pemerintah turut bertanggung jawab terhadap kondisimu. Untuk itu, kamu harus mendapat kepastian bahwa biro umroh yang memberangkatkan memiliki izin usaha yang legal.


3. Transfer dana ke rekening perorangan, bukan perusahaan

Photo Credit: IMC

Nah, ini hal ketiga yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Saat melakukan DP atau pelunasan, kamu wajib curiga jika dana yang kamu bayar ditujukan ke rekening perorangan, bukan atas nama perusahaan. Jangan sampai dana yang sudah kamu kumpulkan bertahun-tahun langsung lenyap dinikmati oknum tak bertanggung jawab.


4. Tanggal keberangkatan yang tak pasti

Sebelum kamu mendaftar, hendaknya kamu bertanya, kapan kamu akan diberangkatkan. Pilih tanggal yang sesuai dengan jadwalmu dan pastikan kuota belum penuh. Usai melakukan pelunasan dan kelengkapan administrasi, pihak biro perjalanan harus sudah merilis tanggal keberangkatan dan jadwal selama di sana. Jangan percaya dengan biro perjalanan yang hanya memberi janji-janji manis, apalagi jika janji tersebut mengharuskanmu menunggu hingga dua atau lima tahun setelah pelunasan. Sudah pasti, biro tersebut melakukan penipuan dan kamu telah termakan bujuk rayunya. Jadi lebih baik pilih harga rasional tapi langsung berangkat ya, daripada yang murah banget tapi harus nunggu lama dan berujung penipuan.


5. Testimonial itu penting!

Photo Credit: MZ Tour

Sebelum memutuskan menggunakan jasa salah satu biro perjalanan (nggak hanya untuk umroh saja), kamu wajib mengecek kredibilitasnya di mesin pencarian. Di zaman serba internet, semua info dapat diakses dengan mudah. Kamu bisa mencari testimonial orang-orang yang pernah menggunakan jasa biro tersebut dan menyimpulkan sendiri, apakah kamu jadi memakainya atau tidak.

BACA JUGA


Tercyduck! Boss First Travel Telah Diamankan. Ini Lho Caranya Agar Tidak Tertipu Biro Umrah Abal-abal!

Tercyduck! Boss First Travel Telah Diamankan. Ini Lho Caranya Agar Tidak Tertipu Biro Umrah Abal-abal!

Beberapa waktu lalu, pemilik dan petinggi biro perjalanan umrah PT First Anugerah Karya (First Travel), Andika Surachman, Anniesa ...

Read more..

Nah, itulah hal-hal yang bisa kamu perhatikan untuk mengenali biro umroh abal-abal. Semoga ibadahmu dilancarkan dan diberi kemudahan ya!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Awas Jangan Tertipu! Ini Caranya Mengenali Biro Umroh Abal-abal". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !