Data center merupakan sebuah fasilitas khusus yang digunakan perusahaan, organisasi ataupun instansi untuk menempatkan storage dan beberapa server. Fasilitas ini dirancang sedemikian rupa dengan pengaturan daya, pengaturan udara, dan keamanan dari semua gangguan yang mengancam seperti penyadapan, bencana dan lainnya. Pusat data bisa dipakai oleh siapa pun yang membutuhkan ruangan penyimpanan data terbaik yang sangat terjaga serta dilengkapi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. Sampai dengan saat ini, pusat data lebih banyak digunakan oleh perusahaan besar dan pemerintah. Yang menjadi pertanyaan adalah apa sebenarnya fungsi pusat data?

Fungsi dari data center yang pertama adalah untuk mendukung skala kebutuhan data pengguna berdasarkan layanan dan volume data yang dibutuhkan pengguna. Jadi, pengguna bisa mengakses data yang dibutuhkan kapanpun dengan mudah. Kamu tidak perlu membuka semua data satu persatu hanya untuk mencari satu data penting dalam pusat data. Daripada menyimpan data dalam satu komputer yang rentan rusak, tersadap atau terkena malware, menggunakan pusat data tentunya jauh lebih efektif. Fungsi selanjutnya adalah memberikan sistem keamanan pada aplikasi, metode akses dan data penggunanya dengan maksimal. Setiap perusahaan ataupun organisasi pastinya ingin menyimpan semua data dari awal berdiri sampai dengan bertahun-tahun lamanya tanpa harus khawatir data penting akan hilang suatu waktu nanti. Di sinilah fungsinya yang sangat terasa. Di mana perusahaan bisa menggunakan data venter sebagai ruang atau tempat penyimpanan terbaik untuk menyimpan semua file-file penting perusahaan.

Pusat data pada dasarnya berfungsi untuk akses data, peletakan aplikasi, dan menghemat. Kenapa menghemat? Karena perusahaan tidak perlu membeli banyak komputer atau rak khusus untuk menyimpan semua file perusahaan. Data center juga berfungsi untuk menjaga semua file dari risiko kecelakaan atau bencana alam. Kenapa? Karena pusat data didukung dengan sistem recovery yang dapat melindungi data yang telah tersimpan dengan maksimal. Selama ini, perusahaan-perusahaan besar memang menggunakan layanan dari pihak ketiga untuk menyimpan seluruh data perusahaan. Itulah ulasan terkait fungsi dari pusat data, semoga bermanfaat.

BACA JUGA


Ingin Networking Lebih Luas? Coba Yuk Bekerja di Coworking Space!

Ingin Networking Lebih Luas? Coba Yuk Bekerja di Coworking Space!

Para pelaku start up maupun pengusaha, baik yang baru memulai bisnisnya maupun yang sudah lama, pasti sudah tidak asing dengan istilah ...

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kenali Fungsi Data Center Pada Perusahaan, Berikut Penjelasannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !