Keinginan dan kebutuhan adalah dua hal berbeda tapi bisa bikin kita bingung untuk membedakannya. Terkadang kedua hal tersebut sama pentingnya, apalagi soal urusan belanja. Well, kalau sudah urusan belanja, kadang sesuatu yang tidak dibutuhkan pun bisa terbeli kalau kita sudah sangat menginginkan barang tersebut. Pun sebaliknya, barang yang tidak kita inginkan tapi terpaksa harus dibeli karena kebutuhan, ya mau tidak mau harus dibeli juga.

Lalu, gimana dong caranya membatasi hasrat belanja kalau kita tidak bisa bijak menyiasati yang namanya keinginan dan kebutuhan. Ini dia cara bijak untuk menekan hasrat belanja yang sedang membara!


1. Dahulukan kebutuhan baru keinginan

Nah, di sini letak pentingnya, dahulukan kebutuhan dulu ya Sahabat Moola. Barulah keinginan jika harus memenuhinya juga.


2. Prioritaskan yang urgent untuk dibeli

Photo Credit: Freepik

Buatlah semacam daftar kebutuhan penting yang harus segera dieksekusi. Jangan berbelanja bersama teman-teman tanpa membawa daftar belanjaan ya. Karena biasanya kalau sudah belanja bareng teman-teman yang nggak penting pun bisa ikut-ikutan terbeli juga.


3. Ingat menabung untuk masa depan

Di kala hasrat belanja sedang menggebu-gebu, ingatlah bahwa kita tidak hidup hanya untuk hari ini. Ada masa depan yang juga harus dipersiapkan. Daripada buang uang untuk memenuhi keinginan yang belum tentu dibutuhkan, lebih baik rajin menabung ya, Sahabat Moola.


4. Jangan sampai berutang

Photo Credit: left

Terkadang sebagian orang menganggap utang adalah hal yang remeh. Penggunaan kartu kredit atau jasa pinjam uang online menjadi hal yang disalahkaprahkan. Mulai berpikir cerdas dengan tidak asal belanja ya, Sahabat Moola.


5. Jangan tergoda online shop

Kemudahan teknologi saat ini terkadang membuat orang iseng untuk mencobanya, termasuk online shop. Akibatnya yang hobi belanja sering kalap tak terkendali. Ingat kembali beberapa point di atas ya, Sahabat Moola.


Itu tadi beberapa cara agar Sahabat Moola bisa menekan hasrat ingin belanja di berbagai tempat. Belanja zaman now soalnya nggak cuma belanja offline ke toko dan mall terdekat. Lebih praktis belanja di online shoping dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Tapi senantiasa diingat ya Sahabat Moola, jangan terlalu boros berbelanja. Utamakan kebutuhan daripada keinginan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Antara Keinginan dan Kebutuhan. Begini Cara Bijak Menekan Hasrat Belanja yang Membara!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !