Awal tahun selalu identik dengan harapan serta rencana baru. Salah satu harapan saya di tahun 2018 ini adalah memperbaiki sistem keuangan demi memperbanyak dana tabungan. Upaya yang saya lakukan tentu bermacam-macam, salah satunya adalah melakukan #TobatFinansial.

Ya, saya bertaubat dari segala macam kesalahan di tahun-tahun silam yang membuat saya tidak maksimal dalam menyisihkan uang tabungan. Berikut adalah 5 #TobatFinansial yang sudah berhasil saya lakukan di awal tahun 2018!

1. Tobat pertama: berhenti ngemil

Photo Credit: SheKnows

Tidak dipungkiri bahwa kebiasaan ngemil membuat kita lebih konsumtif dan cenderung membelanjakan uang untuk hal-hal yang bersifat kesenangan sementara. Selain urusan pemborosan, ngemil juga kurang baik bagi kesehatan, apalagi jika makanan yang kita pilih mengandung banyak garam. Untuk melancarkan aksi #TobatFinansial, saya sepakat untuk menghentikan kebiasaan ngemil. Lumayan kan, selain berat badan turun, rekening pun semakin gendut!

2. Tobat kedua: tidak tergiur barang diskonan

Photo Credit: PopKey

Seringkali saat pergi ke pusat perbelanjaan, mata perempuan langsung 'menyala' saat menjumpai diskonan. Butuh atau tidak, selagi barang tersebut dipasang tanda diskonan, pasti kita akan 'gemes' ingin membelinya. Nah, langkah kedua untuk melancarkan #TobatFinansial adalah menutup mata dan telinga agar tidak mudah kalap di pusat perbelanjaan.

3. Tobat ketiga: tidak tergoda tiket promo

Photo Credit: Playbuzz

Saya sangat suka traveling, jika ditanya apa hobi saya selain menulis dan membaca, maka jawabannya pasti traveling. Pergi menjelajahi sebuah tempat asing sambil belajar kebudayaan serta berburu makanan lokal dan berbaur dengan masyarakat sekitar adalah satu hal yang membuat saya sangat berbahagia. Namun sayang, hobi ini cukup menyita banyak biaya, terutama jika tujuannya lumayan jauh dari rumah. Seringkali saya tergoda tiket promo pesawat dan tidak menghitung biaya tambahan untuk pergi kesana. Akibatnya, tabungan semakin menyusut dan keuangan jadi carut marut. Langkah ketiga untuk melancarkan #TobatFinansial ala saya adalah dengan STOP tergoda pada tiket promo!

4. Tobat keempat: tidak perlu beli barang mahal jika yang lebih murah sama bagusnya

Photo Credit: Tenor GIF Keyboard

Penyakit yang susah dihilangkan dari saya adalah menyukai barang branded dan percaya bahwa sesuatu yang dipasangi brand terkenal, maka kualitasnya sudah pasti jempolan. Padahal, tentu hal itu bukanlah jaminan. Kualitas bagus tidak melulu dimiliki oleh brand-brand terkemuka. Brand kelas dua pun banyak yang punya kualitas unggulan, tugas saya adalah lebih jeli memilih dan memilah belanjaan.

5. Tobat kelima: masak sendiri, makan sendiri

Photo Credit: Tenor GIF Keyboard

Daripada beli makanan di luar, saya lebih rajin masak sendiri. Apalagi, sejak saya mencanangkan program hidup sehat anti MSG dan bahan pengawet, tiap hari saya tak lupa pergi ke pasar dan memasak sendiri menu-menu keseharian. Hasilnya, kondisi keuangan semakin 'aman' dan kesehatan tubuh pun lebih terjaga. Senangnya bukan main, Sahabat Moola!

BACA JUGA


Beda Pelit dan Hemat, Sahabat Moola Masuk yang Mana, Ya?

Beda Pelit dan Hemat, Sahabat Moola Masuk yang Mana, Ya?

Berbeda dengan orang yang kikir, mereka yang hemat itu menggunakan uang dengan cermat dan hati-hati supaya tidak lekas habis

Read more..

Nah itulah 5 #TobatFinansial yang berhasil saya lakukan di awal tahun 2018. Bagaimana denganmu, Sahabat Moola?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 #TobatFinansial yang Berhasil Saya Lakukan di Awal Tahun 2018. Bagaimana Denganmu, Sahabat Moola?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !