Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), indikator adalah sesuatu yang menjadi petunjuk atau keterangan terhadap suatu hal, misalnya kebahagiaan. Pernahkah kamu berpikir tentang indikator kebahagiaan dalam kehidupan finansial seseorang? Jika YA, maka kamu dan saya terlibat pemikiran yang sama. Namun bila jawabannya BELUM atau TIDAK, jangan khawatir, inilah 4 indikator yang bisa dipakai untuk menunjukkan apakah seseorang telah berbahagia dalam keuangannya. Simak yuk sekarang!

1. Pendapatan lebih besar dari pengeluaran

Photo Credit: The Fiscal Times

Indikator yang pertama untuk menunjukkan bahwa seseorang telah berbahagia dengan keuangannya adalah ketika ia mendapatkan upah yang lebih besar dari biaya hidupnya. Dalam kata lain, pendapatan lebih besar daripada pengeluaran sehingga ia mampu membuat banyak pilihan dan merencanakan hidup sebaik-baiknya.

2. Menabung secara konsisten setiap bulannya

Selanjutnya, indikator kedua, seseorang dikatakan berbahagia dalam hal finansial bila mampu menabung secara konsisten setiap bulannya. Besar tabungan pun beragam, mulai dari 30% dari gaji, bisa kurang, atau bahkan lebih. Yang penting, keberlanjutan inilah yang menjadi penentu bahwa ia mampu konsisten tanpa menarik-ulur tabungan di rekeningnya.

3. Bebas dari utang

Dan indikator ketiga adalah bebas dari utang. Siapapun yang merasa telah bahagia dalam hal keuangan pasti telah terbebas dari segala utang. Pendapatannya telah mampu mencukupi segala kebutuhan hidupnya sehingga tak perlu bantuan utang untuk menutupi kekurangan.

4. Berbelanja tanpa melihat harga

Photo Credit: Shutterstock

Last but not least, bagi saya pribadi, indikator kebahagiaan dalam keuangan adalah ketika saya mampu berbelanja tanpa melihat harga. Bukan berarti saya bisa belanja ugal-ugalan, namun ada momen tertentu dalam hidup saya yang mengizinkan untuk bebas berbelanja tanpa melihat harga. Biasanya hal ini sebagai 'kado' untuk diri sendiri setelah 'achieve something'. Dengan catatan bahwa barang tersebut memang saya butuhkan dan mampu menumbuhkan semangat untuk giat bekerja ke depan.

BACA JUGA


Bebas Utang Jelang Lebaran? Tips dari Dian Ini Bisa Kamu Terapkan!

Bebas Utang Jelang Lebaran? Tips dari Dian Ini Bisa Kamu Terapkan!

THR sudah turun, acara buka puasa bersama masih numpuk bikin nggak terasa banyak uang yang kita gesek untuk bayar biaya itu semua. Atau kamu ...

Read more..

Itulah 4 indikator kebahagiaan dalam keuangan. Apakah kamu sudah mengupayakannya secara maksimal?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "4 Indikator Kebahagiaan dalam Keuangan. Sudahkah Kamu Mengupayakan Secara Maksimal?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !