PMB atau Penerimaan Mahasiswa Baru akan dimulai bulan depan. Bagi kamu yang ingin menuntut ilmu di kota impian, pasti kamu harus 'berani' keluar dari zona nyaman, yakni meninggalkan rumah dan menjadi anak rantau. Nah, menjadi seorang anak rantau yang menghuni rumah kontrakan atau kamar kost memang susah-susah gampang. Ada banyak hal yang kamu perhatikan, salah satunya adalah menghemat keuangan agar tidak defisit di akhir bulan. Sebetulnya mudah saja untuk hidup irit, cukup miliki 3 kemampuan dasar berikut ini agar pengeluaran bisa diahlikan jadi dana tabungan!


1. Memasak

Photo Credit: Cooking Light

Seperti yang kita ketahui, selalu membeli makanan di luar juga bisa berakibat pemborosan. Agar kamu bisa lebih menghemat uang, apa salahnya memasak makananmu sendiri dan sering membawa bekal saat mengikuti perkuliahan. Dengan demikian, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk jajan dan mengganjal perut saat kelaparan, bukan? Yuk belajar memasak!


2. Mencuci baju

Selanjutnya adalah kemampuan untuk beberes kamar, terutama mencuci pakaian kotormu sendiri. Jika kamu tidak bisa dan tidak terbiasa melakukannya, kamu akan terus mengandalkan jasa laundry dekat tempat tinggal. Hal ini juga bisa memicu pemborosan loh, Sahabat Moola. Jadi, sebelum mulai merantau ke kota tujuan, ada baiknya kamu membiasakan diri mencuci bajumu sendiri.


3. Berkendara

Photo Credit: Getwallpapers

Dan yang ketiga adalah keahlian berkendara. Coba bayangkan, misalnya kamu bisa mengendarai mobil atau motor sendiri, kamu tidak perlu mengandalkan ojek motor atau taksi untuk menuju ke suatu tempat. Cukup isi bahan bakar dan kemudikan sendiri, maka kamu akan sampai tujuan dengan selamat sekaligus menghemat uang untuk memperbanyak tabungan.

BACA JUGA


Anak Kost Suka Bokek di Akhir Bulan? Begini Cara Atur Keuangan yang Benar!

Anak Kost Suka Bokek di Akhir Bulan? Begini Cara Atur Keuangan yang Benar!

Anak kost atau anak rantauan memang rawan bokek di akhir bulan. Agar tidak terulang, begini cara atur keuangan yang benar

Read more..

Itulah 3 kemampuan dasar yang perlu dimiliki sebelum memutuskan merantau. Semoga betah di tempat yang baru ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "3 Kemampuan Dasar yang Harus Kamu Miliki Sebelum Memutuskan Jadi Anak Kost". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !