Coba ide liburan dari teman saya, Wenty. Pekan lalu, Wenty dan suaminya touring dengan sepeda motor dari Solo ke Yogyakarta untuk bernostalgia jajanan semasa kuliah di Yogyakarta. Praktis karena lokasinya dekat, hemat karena jajanan di sekitar kampus biasanya ramah di kantong. Ikuti perjalanan Wenty bernostalgia dengan jajanan semasa kuliah berikut.

1. Angkringan Tambak Bayan

Berlokasi di dekat kampus III Atmajaya Yogyakarta, Angkringan Tambak Bayan menjadi tempat langganan sarapan. Saking seringnya sarapan di sini, pemilik angkringan masih mengenali Wenty yang lulus kuliah 2 tahun yang lalu. Menu spesial dari angkringan ini adalah nasi oseng usus yang nikmat dilengkapi dengan berbagai lauk. Sebelum disajikan, lauk seperti ceker ayam goreng tepung, tempe mendoan, dan sate telur puyuh dipanaskan di atas bara api dengan bumbu kecap. Nikmat disantap selagi hangat. Dengan 6 bungkus nasi oseng, 3 ceker ayam, 5 gorengan dan 2 gelas minum, Wenty cukup membayar Rp20.000 saja. Enak, murah, bergizi.


2. Es Bang Joe

Milkshake dengan berbagai varian rasa dilengkapi topping serutan keju dan choco chips, menjadikan Es Bang Joe pilihan favorit untuk melepas dahaga. Dulu sewaktu masih kuliah, satu porsi Es Bang Joe dihargai kurang dari Rp5.000. Dua tahun berselang, kini harganya melambung menjadi Rp9.000/porsi. Inflasi memang nyata adanya! Tetap murah meriah kan.

3. Soto Ayam Pak Man

Kembali didera lapar, Wenty singgah di Soto Ayam Pak Man. Lokasinya berada di tepi jalan seberang Galleria Mall. Di pagi hingga siang hari, soto ayam ini laris manis dikunjungi pembeli. Soto ini special berkat paduan potongan tipis kubis, perkedel, dan irisan ayam dalam kuah bening yang segar. Tak ketinggalan pelengkap berupa sate usus dan sate hati ayam yang legit. Sungguh memanjakan lidah. Total harga dua porsi soto, tujuh tusuk sate, dua kerupuk, dan dua es teh hanya Rp33.000 saja.


"People who love to eat are always the best people." - Julia Child -


4. Mie Katsu Galleria Mall

Sebelum perkembangan pesat mall di Yogyakarta, Galleria Mall adalah salah satu mall favorit mahasiswa. Lokasinya dekat dengan area kampus dan harga makanannya bersahabat. Mie Katsu di foodcourt Galleria Mall menjadi tempat Wenty bersantap. Mie lembut dengan katsu tebal dan siraman saus gurih ini sungguh tak bisa ditolak. Meskipun berlokasi di mall, harganya cukup terjangkau. Cukup membayar Rp20.000 untuk satu porsi Mie Katsu dan satu porsi minum.

5. Penyetan Mas Kobis

Mahasiswa yang kuliah di Yogyakarta sekitar tahun 2010 pasti tak asing dengan Penyetan Mas Kobis. Berlokasi di daerah sekitar kampus dengan menu ayam penyet yang nikmat dan super pedas dengan harga yang terjangkau, patutlah bila Penyetan Mas Kobis menjadi favorit mahasiswa. Seporsi nasi ayam penyet plus seporsi nasi telur terong tahu tempe dan dua minum dihargai Rp33.000. Wenty yang penggemar pedas, memesan ayam dengan 8 cabe. Pedasnya bikin nangis. Tertarik untuk menguji seberapa tinggi level kepedasanmu?

6. Es Kang Cepot

Setelah puas dengan pedasnya ayam penyet, saatnya mendinginkan tenggorokan. Berlokasi di belakang kampus Sanata Dharma Mrican, Kedai Es Kang Cepot menyediakan berbagai varian es teler dan es buah. Cukup dengan membayar Rp9.000, Wenty bisa mendapatkan seporsi es teler dengan alpukat lembut dan susu melimpah. Ahh, segarnya!

7. Nasi Megono

Masih belum puas bernostalgia, Wenty melanjutkan perjalanan ke daerah Ring Road Utara. Di sana ada warung yang menyediakan Nasi Megono. Nasi megono adalah salah satu makanan khas Pantura yang berisi nasi dan sayur nangka dengan bumbu kelapa dan kecombrang. Paling pas dinikmati dengan tempe mendoan hangat yang dipadu kecap dan sambal khas Tegal. Membayangkannya saja sudah membuat saya menelan ludah :) Cukup membayar Rp13.000, Wenty bisa pulang dengan perut kenyang dan hati senang.


Biaya yang dikeluarkan Wenty dan suami untuk perjalanan nostalgia ini Rp.137.000. Ditambah bensin untuk motor, totalnya hanya Rp167.000. Ternyata, liburan itu gak perlu mahal. Nostalgia jajanan jaman kuliah saja bisa jadi seru begini. Yuk kamu punya wisata kuliner apa di kotamu? Jangan lupa share di moola.id ya.


#SenangLiburan


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Wisata Kuliner Yogyakarta: Yuk Cobain Nostalgia Jajanan Jaman Kuliah.". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !