Kegiatan jalan-jalan atau travelling kini tak lagi sekadar hobi, namun sekaligus kebutuhan dan gaya hidup. Kejenuhan dan keletihan menghadapi pekerjaan dapat diatasi dengan mengambil rehat sejenak untuk menikmati keindahan destinasi wisata. Tak jarang, demi hal satu ini kita rela merogoh kocek dalam-dalam agar bisa menikmati liburan secara maksimal. Nah, sudah menyiapkan dana secara total, kamu nggak mau kan kalau dana travelling semakin membengkak? Inilah 5 pengeluaran yang harus diwaspadai.

1. Air minum

Photo Credit: Lionessegem

Di beberapa negara maju, harga sebotol air minum bisa setara dengan seporsi nasi goreng mata sapi. Bagi kamu yang minum dengan jumlah lebih, siapkan botol minum untuk mengambil air di kran-kran yang tersedia di beberapa fasilitas umum.

2. Membeli snack

Photo Credit: Siuyin's Blog

Sedang asyik jalan-jalan, kadang mulut ingin mengunyah dan tidak mau diam. Alhasil, kamu mampir ke minimarket untuk membeli makanan kecil. Yang niat awalnya cuma beli cemilan ala kadarnya, kok ujung-ujungnya malah bikin bengkak biaya?

3. Beli benda sepele yang tak terbawa

Photo Credit: TravelSupermarket

Sebelum travelling, pastikan kamu sudah membawa semua perlengkapan sepele yang sebetulnya sangat dibutuhkan, semisal parfum, bedak, tissue, sabun, shampo, dan pasta gigi. Ketika barang-barang tersebut ketinggalan, kamu harus keluarkan biaya tambahan.

4. Membeli makan di tempat wisata

Photo Credit: Panduan Wisata

Saat lapar melanda, kadang sulit mengajak perut untuk menunda. Akibatnya, kamu jadi membeli makanan di restoran tempat wisata yang harganya susah dilogika. Padahal, jika kamu mau menahan sebentar saja, kamu bisa kok pergi ke luar area dan menemukan rumah makan yang harganya bersahabat dan tetap nikmat.

5. Membeli souvenir

Photo Credit: Singapore Travel Blog

Memang tak ada salahnya membeli souvenir selagi benda tersebut memang benar-benar kamu inginkan dan kamu sukai. Masalahnya, tak jarang kamu membeli lantaran malas diganggu oleh para penjual yang agresif atau malah sibuk membawakan oleh-oleh karena sungkan ditagih teman sepermainan.

Nah, itu tadi 5 hal yang dapat membuat budget travelling-mu kian membengkak. Bijaklah mengatur keuangan agar travelling lebih menyenangkan. Selamat jalan-jalan!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Waspadai 5 Pengeluaran Sepele yang Membuat Biaya Travelling Membengkak". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !