Mengelola keuangan di usia muda memang bukanlah hal yang mudah. Kamu punya keinginan yang bermacam-macam, namun sayangnya penghasilanmu belum seberapa. Padahal, kamu tentu ingin mendapatkan apa yang kamu mau tanpa terlilit hutang. Untuk itu, kamu perlu mengetahui tips-tips pengelolaan uang yang telah teruji. Tujuh buku ini dapat memberikanmu rahasia mengatur keuangan dan memperkaya dirimu di usia muda.


1. "Think and Grow Rich" - Napoleon Hill

Photo credit: Amazon

Walaupun judulnya sekilas seperti buku tentang tips keuangan biasa, buku ini ternyata akan memberikanmu 13 tips untuk meraih kesuksesan. Bahkan bukan hanya dalam masalah keuangan, tapi juga kesuksesan lain dalam hidup. Buku ini dituliskan berdasarkan hasil penelitian penulisnya selama 20 tahun. Napoleon Hill telah mempelajari kisah sukses lebih dari 500 orang, seperti Alexander Graham Bell, Thomas Alva Edison, dan Woodrow Wilson.

Uniknya lagi, dalam buku ini, Napoleon sangat jarang menyebut kata-kata seperti "uang" dan bisnis", tetapi menggunakan istilah lain bermakna sama yang membuat cara pandang kita tentang masalah keuangan menjadi berbeda.

Walaupun buku ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, isinya masih relevan dengan dunia kita saat ini. Berbagai pelajarannya masih bisa diterapkan dalam kehidupan dengan sangat mudah.


2. "Business Adventures: Twelve Classic Tales from The World of Wall Street" - John Brooks

Photo credit: Amazon

Buku yang menjadi favorit Bill Gates ini bercerita tentang 12 kisah mencengangkan yang terjadi di balik Wall Street. Mulai dari kisah bencana di Perusahaan mobil Ford, kemunculan dan kesuksesan Xerox, sampai skandal General Electric. Penceritaan yang disampaikan bukan hanya menginspirasi, tetapi juga menghibur lewat drama dan petualangan yang disampaikan. Selain itu juga terdapat 5 cerita lain yang tak kalah inspiratif lho! Buku yang wajib kamu baca tahun ini untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas dalam mengatur keuanganmu.


3. "The Total Money Makeover: A Proven Plan For Financial Fitness" - Dave Ramsey

Photo credit: Amazon

Dalam buku yang satu ini, Dave Ramsey menceritakan bagaimana ia mengalami kegagalan akibat terlilit hutang, kemudian mulai bangkit melalui tujuh langkah kecil. Di dalam buku ini juga terdapat testimonial yang mengharukan dari orang-orang yang pernah mengalami kegagalan namun mampu mengembalikan keberhasilan usaha mereka.

Buku ini memberikan tips-tips keuangan bagimu dengan cara yang sederhana dan mudah untuk diterapkan sehingga bisa memberikan hasil yang nyata. Jika kamu pernah mengalami kegagalan bisnis, buku ini pasti akan sangat membantumu dalam menghadapi masalah tersebut.


4. "You're So Money: Live Rich Even When You're Not" - Farnoosh Torabi

Photo credit: Goodreads

Ketika menulis buku ini, Farnoosh Tarabi merupakan seorang reporter di usia 20-an yang memiliki banyak keinginan seperti kamu. Ia mengalami permasalahan keuangan yang membuat galau seperti memilih sepatu baru atau membeli tas dari brand favorit. Dalam buku ini, ia menjelaskan bagaimana cara mengatur uang agar kita tetap bisa memiliki apa yang kita inginkan di usia muda tanpa menghambur-hamburkan uang. Ditulis dengan gaya bahasa yang sangat "anak muda" dan dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari, buku ini wajib kamu tambahkan sebagai salah satu yang wajib dibaca tahun ini!


5. "I Will Teach You To Be Rich" - Ramith Sethi

Photo credit: Amazon

Pria asal India ini memulai cerita-cerita inspiratif seputar keuangannya melalui blog yang berjudul sama dengan buku, yaitu iwillteachyoutoberich.com. Buku ini menyajikan tips-tips bagi orang-orang yang memiliki lebih banyak pengeluaran daripada penghasilan. Gaya bahasa buku ini cukup jenaka sehingga tidak akan membosankan. Buku yang ditujukan untuk orang berusia 20-35 tahun ini menantangmu untuk melakukan program pengaturan keuangan untuk memperbaiki kondisi keuanganmu dalam 6 minggu berdasarkan empat pilar keuangan pribadi, yaitu banking, saving, budgeting, dan investing.

Berani mengikuti tantangan program 6 minggu dari Ramith Sethi ini?


6. "Why Didn’t They Teach Me This in School? 99 Personal Money Management Principles to Live By" - Cary Siegel

Photo credit: Goodreads

Pada awalnya, buku ini ditulis Cary untuk ke-5 anaknya yang sedang memasuki masa-masa beranjak dewasa. Akan tetapi, akhirnya ia berpikir bahwa anak SMA dan kuliah lain juga membutuhkan tips-tips keuangan seperti ini. Ia kemudian menyusun 99 tips dalam mengelola uang ini berdasarkan 8 pelajaran besar, yaitu kehidupan, tabungan, pengeluaran, debit dan kredit, investasi, asuransi, rumah, dan tips-tips sederhana lainnya yang berguna dalam mengatur keuanganmu.

Ditulis dalam bahasa yang mudah dipahami, buku ini ditulis bukan berdasarkan penelitian, melainkan pengalaman penulis sendiri. Kamu pun akan merasa dekat dengan sosok penulis, serasa mendapatkan nasihat dari ayahmu sendiri.


7. "Rich Dad Poor Dad"- Robert T. Kiyosaki

Photo credit: richdadworld

Dalam buku ini, Robert bercerita tentang ayahnya dan ayah dari teman baiknya yang disebut sebagai Rich Dad dan Poor Dad. The Rich Dad atau ayah yang kaya mengajarkan beberapa hal kepada anak-anaknya yang tidak akan pernah diajarkan oleh The Poor Dad atau ayah yang miskin. Berdasarkan hal-hal yang diberikan oleh kedua ayah ini, ia mengambil keputusan-keputusan dalam hidupnya yang membawanya meraih kesuksesan.

Robert dalam buku ini menekankan betapa pentingnya memilki kondisi keuangan yang independen melalui investasi, memulai bisnis, dan kecerdasan finansial untuk mengembangkan bisnis yang ia dapat dari kedua ayah tersebut.


Itulah 7 buku keuangan yang dapat mengantarkanmu meraih kesuksesan finansial di usia muda. Sudah pernah membaca salah satu di antaranya? Atau memiliki rekomendasi buku lain, terutama buku-buku terbitan Indonesia? Share yuk di kolom komentar!

BACA JUGA


6 Film Yang Harus Kamu Tonton Agar Kamu Bisa Sukses dan Kaya Raya

6 Film Yang Harus Kamu Tonton Agar Kamu Bisa Sukses dan Kaya Raya

Ternyata ada juga lho film-film yang bagus untuk ditarik pelajarannya agar kita belajar berwirausaha dan mencetak uang. Berikut ini 6 film ...

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Wajib Baca agar Kamu Cepat Kaya di Usia Muda. 7 Buku Ini Punya Rahasianya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !