Video kucing adalah salah satu video paling banyak ditonton di internet!

Cute! Gemas! Kawaii!


Ok. Video kucing memang menggemaskan. Tapi ongkos memelihara kucing itu gak lucu!


Kucing perlu biskuit tersedia kapanpun mereka mau makan - Sumber: Pixabay.com

1. Makanan

Kucing butuh makan. Kucing biasa cukup makan nasi dan sisa-sisa lauk. Tapi kucing rumahan akan butuh 2 jenis makanan - makanan basah (biasanya dalam kalengan) dan makanan kalengan (dalam bentuk biskuit). Biaya makanan ini bervariasi. Ada makanan kucing yang murah meriah. Ada juga yang upscale. Masalahnya, apakah kucingmu mau makan makanan yang murah meriah? Kucing-kucing ras terkenal sebagai kucing pemilih dan serba sensitif. Bahkan ada kucing ras yang dikit-dikit alergi!


Jangan lupa ada juga tipe makanan kucing berdasarkan umur kucingmu. Kucing di bawah usia 6 bulan adalah anak kucing alias kitten. Sementara kucing di atas usia 6 bulan sudah masuk kategori kucing remaja dan dewasa. Jadi makanan yang mereka makan pun akan berbeda. Makanan kitten cenderung lebih lembek seperti bubur. Sedangkan makanan kucing dewasa sudah berbentuk - beberapa jenis mengandung duri ikan yang lembut agar kucing terbiasa dengan makanan lebih keras. Anggaran makanan kucing bisa berkisar antara Rp200.000 hingga Rp1.500.000 per bulan.


Cari dokter hewan yang cocok! Sumber: Pixabay.com

2. Dokter hewan

Pertama kali membawah kucing ke rumah, kamu perlu segera mengajaknya ke dokter hewan. Hal pertama yang dilakukan dokter hewan adalah memeriksa kesehatan kucingmu. Biasanya dilanjutkan dengan memberikan vitamin, membersihkan kupingnya, menggunting kuku kucing, memberikan obat anti kutu dan ditutup dengan imunisasi - jika kucing sedang dalam kondisi sehat.


Semoga kamu tidak pernah perlu membawa kucingmu ke dokter hewan untuk perawatan serius. Jadi pastikan lingkungan rumah aman dari kecelakaan misalnya, kucing terjepit pintu geser hingga tenggelam dalam kolam. Selain pemeriksaan berkala untuk cek kesehatan dan vaksinasi, kamu juga mungkin akan membutuhkan bantuan dokter hewan untuk pemeriksaan kehamilan kucing betina - atau kebiri khusus kucing jantan. Anggaran kunjungan ke dokter hewan ini mulai dari Rp500.000 hingga jutaan.


Main yuk! Sumber: Pixabay.com

3. Pernak pernik!

Kucing kecil akan senang sekali bermain. Mungkin kamu akan senang memberikannya mainan seperti bola hingga bulu-buluan yang kamu bisa beli di petshop terdekat atau online shop. Harga mainan gak mahal kok. Yang mahal itu pernak pernik wajib lain seperti litter box, litter sand, cathouse dan lain-lain. Ongkos bulanan pasti bertambah karena litter sand harus kamu ganti sering-sering. Kucing adalah binatang serba bersih yang menolak kotak kotorannya sendiri. Litter sand ini bisa membebani ongkos tambahan bulanan mulai dari Rp70.000 per bulan.


Jadi sebelum kamu memutuskan memungut kucing dekil di pinggir jalan, membawanya pulang, dan bikin Mama di rumah marah-marah - hitung dulu yuk berapa pengeluaran yang harus kamu siapkan untuk binatang peliharaan ini.


***

Ligwina Hananto / @mrshananto


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Video Kucing Memang Lucu! Tapi Daftar Pengeluaran Memelihara Kucing Ternyata Tidak Lucu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !