Sahabat Moola, apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata sisa cuti Lebaran atau libur Lebaran? Selain untuk beristirahat di rumah, tentu menarik untuk dipakai jalan-jalan bersama keluarga. Tak perlu jauh, cukup ke negara tetangga yang punya banyak atraksi wisata, misalnya Singapura. Berlibur ke negara kecil tersebut katanya menguras banyak biaya sebab harga di sana cukup tinggi bila dibandingkan Indonesia. Asal tahu triknya, kamu bisa kok tetap hemat selama berada di sana!

1. Pesan tiket promo

Photo Credit: iStock

Sebelum Lebaran datang, kamu tentu sudah pesan tiket penerbangan, bukan? Manfaatkan promo yang diadakan oleh maskapai atau agen tiket online yang bisa kamu booking dengan mudah. Selain lebih murah, perjalananmu lebih bisa dikondisikan dengan adanya tiket round trip sehingga tidak mikir pusing bagaimana untuk pulangnya. Tiket promo ke Singapura dari Jakarta atau Surabaya biasanya dibandrol seharga Rp 450 - 700 ribu pulang pergi. Cukup murah bukan? Sayangnya, tiket promo ini cepat habis diburu para pejalan!

2. Tidak perlu hotel mahal, kamu bisa menginap di hostel murah yang tak kalah nyaman

Photo Credit: Booking.com

Ya, ada banyak hostel murah yang lebih ramah di kantong dan letaknya pun tak jauh dari pusat kota dan keramaian. Selain karena faktor harga, hostel juga dipilih karena faktor kenyamanan yang mana mereka tetap menyediakan fasilitas dan pelayanan yang tak mengecewakan. Jika kebutuhanmu hanya untuk tidur dan menyimpan barang saja, mengapa harus mengeluarkan biaya mahal untuk hotel berbintang? Menariknya, menginap di hostel akan memungkinkanmu berkenalan dengan banyak travellers seluruh dunia dan berbagi cerita tentang perjalanan mereka. Untuk rekomendasi hostel murah di Singapura, kamu bisa melihatnya di sini.

3. Gunakan MRT atau jalan kaki, bukan taksi pribadi

Photo Credit: YourSingapore

Yang ketiga dan sangat penting diperhatikan, jalan-jalan ke Singapura bagi budget travellers adalah sarana olahraga. Kamu harus menguatkan kaki dan tangan untuk berjalan berkilo-kilo jauhnya sembari membawa belanjaan. Jika kamu ingin menjelajahi tempat yang lebih jauh, kamu bisa memanfaatkan MRT yang lebih murah, aman, dan punya cakupan luas untuk semua kawasan wisata di Singapura. Bahkan MRT juga terhubung dengan Bandara Changi sehingga kamu tidak perlu bingung menjelajahi negara ini.

4. Datangi tempat wisata gratis, tak perlu bayar tiket mahal untuk ngehits!

Photo Credit: Vulcan Post

Di Singapura, ada banyak atraksi wisata gratis yang bisa kamu nikmati daripada membayar mahal untuk terlihat ngehits! Sebut saja Gardens by The Bay (tanpa menaiki Skyway), Universal Studio (tanpa masuk ke dalamnya), Merlion Park, Esplanade, Sentosa Island, Handerson Waves, Clarke Quay, Singapore Botanic Garden, Bugis Street, Sultan Mosque, Kampong Glam & Arab Street, Haji Lane, Chinatown, Little India, Orchad Road, dan masih banyak lagi lainnya yang bisa dijangkau dengan MRT lho, Sahabat Moola!

5. Jangan lupa bawa botol minuman, kalau beli harganya mahal

Photo Credit: Adalah Khoirineki

Percaya tidak? Untuk sebotol air mineral di Singapura dibandrol seharga 30 ribu rupiah. Sungguh angka yang fantastis bila dibandingkan Indonesia yang hanya menjual dengan harga 4 ribuan saja. Padahal, produk yang mereka jual juga berasal dari negara kita, namun perbedaan mata uang telah membuat beda. Bagi kamu yang mudah kehausan saat jalan-jalan, jangan lupa bawa botol minuman yang bisa kamu isi di kran-kran air yang tersedia di tempat publik. Lumayan kan, budget membeli air mineral bisa dialihkan untuk bayar makan!

6. Pilih tempat makan harus bersabar

Photo Credit: Quora

Ini juga perlu lho, Sahabat Moola! Kadang kalau sudah kelaparan memang susah bersabar demi mencari tempat makan murah. Padahal, jika mau sedikit jalan dan melihat-lihat sekitar, masih banyak nasi ayam hainan yang dijual seharga 2 SGD saja atau sekitar 20 ribu rupiah daripada membeli seporsi nasi lemak seharga 7 SGD atau 70 ribu rupiah di foodcourt Universal Studio.

7. Belanja oleh-oleh paling lengkap dan murah? Ya Mustafa!

Photo Credit: thefinder

Nah, giliran oleh-oleh nih! Kalap belanja di Singapura bisa berakibat fatal jika tak punya banyak modal, kecuali di Mustafa Centre, daerah Little India. Pengalaman pribadi saya 'menggila' di sana, belanja cokelat Belgia, snack premium, serta kacang-kacangan sampai 'mulas' cuma habis sekitar 70 SGD atau 700 ribu rupiah saja, padahal saya sudah mengerahkan seluruh tenaga untuk memilih aneka cokelat dan takut kehabisan uang. Ternyata, mitos bahwa Mustafa murah meriah memang benar adanya. Coba bayangkan bila sebotol selai cokelat merk 'OVM' di Indonesia dijual seharga 75 ribu rupiah, namun di Mustafa? Hanya 1,8 SGD saja! Sakit, nggak? Yuk, borong semua!

BACA JUGA


Pergi ke Bangkok dengan Budget Pas-pasan? Tenang, di Bangkok Banyak yang Gratisan!

Pergi ke Bangkok dengan Budget Pas-pasan? Tenang, di Bangkok Banyak yang Gratisan!

Jika ada yang gratis di Bangkok, mengapa harus bayar mahal

Read more..

Semoga bermanfaat, Sahabat Moola! Selamat bertualang di Singapura!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tuntaskan Libur Lebaran di Singapura, Ini 7 Trik Hematnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !