Mainan urban populer saat ini tidak hanya sebatas action figure yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya, namun kemunculan Funko Pop dengan bentuk yang lebih imut dan lebih ringan menjadi primadona bagi penggemar film, kartun, komik, anime dan serial televisi populer. Eits, tapi jangan salah, walaupun bentuknya jauh lebih sederhana, harganya bisa bervariasi dengan kisaran 250 ribu hingga 1 juta bergantung kemasan dan tidak hanya terdiri dari satu seri. Funko Pop edisi "Hot Topic" yang beredar saat acara pop culture sekelas San Diego Comic Con hadir dengan sederet karakter eksklusif sehingga jadi rayuan maut bagi para kolektor dan rekening bisa menipis dalam sekejap. Or worse, terlena belanja barang-barang yang bukan kebutuhan primer bisa membuat keuanganmu berantakan.

Tapi jangan khawatir, ada siasat cerdik yang bisa kamu lakukan selain mengurangi scrolling foto atau mampir ke lapak-lapak Funko Pop!

1. Bijak Memilih

Photo Credit: coolthings

Dengan mata sebulat kelereng, kokoh dan bentuk yang imut, siapa yang tak tergoda? Apalagi biasanya Funko Pop dirilis berbarengan dengan film atau TV series terbaru, pasti ada rayuan untuk mengoleksi sesegera mungkin. Daripada latah, sebaiknya pikirkan baik-baik karakter apa yang mau kamu koleksi. Jika sudah menetapkan pilihan, sesuaikan dengan kondisi keuanganmu dulu dan pastikan tidak tergoda untuk menambah daftar belanja. Sedikit tips, pilih karakter dengan signature yang timeless, seperti Funko Pop karakter Jon Snow (dari serial Game of Thrones) dengan jubah Night's Watch-nya.

2. Rombak Ulang Cash Flow

Photo Credit: Mortgage finance help

Mumpung masih di awal bulan tak ada salahnya untuk merombak ulang cash flow agar kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi dan tetap bisa melihat-lihat daftar barang incaran. Misalnya dalam sebulan kamu mendapat pemasukan sebesar 2 juta, sisihkan 20% untuk gaya hidup. Jika kamu sudah berniat untuk membeli Funko, dari 20% biaya gaya hidup tersebut bisa kamu sisihkan sebesar 70% untuk mendapat satu buah Funko dan cash flow tetap teratur.

3. Belajar Menabung!

Photo Credit: iStock

Apabila Funko Pop incaran masuk kategori "Hot Topic" memang butuh lebih banyak waktu dan biaya untuk sampai ke tanganmu karena tidak diproduksi secara massal. Oleh karena itu, sambil terus memantau akun distributor resmi yang mengadakan pre-order dan tanggal rilis sebaiknya kamu menabung dari jauh-jauh hari agar bisa mengambil ancang-ancang untuk membeli Funko incaran tanpa harus khawatir dengan kondisi finansialmu.

4. Jadikan Investasi

Photo Credit: biteback

Jika Funko Pop sudah dikoleksi, jangan hanya dipajang atau difoto, tapi juga harus dirawat dengan baik seperti rutin membersihkan dan selalu dimasukkan ke dalam kotak agar kondisinya tetap terjaga dalam waktu yang lama. Siapa tahu suatu hari nanti koleksimu jadi buruan para kolektor mainan atau action figures, terutama jika karakternya langka dan timeless seperti Star Wars. Semakin terawat, semakin tinggi pula nilai investasinya.


Well, inilah beberapa siasat yang bisa Sahabat Moola ikuti biar cash flow tidak berantakan lagi karena hobi belanja Funko Pop. Rayuan untuk belanja Funko Pop memang selalu menanti, tapi cash flow harus tetap rapi jali!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "#TobatFinansial: Begini Lho Caranya Agar Cash Flow Tidak Berantakan Akibat 'Kalap' Belanja #FunkoPop". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !