Baru lulus kuliah dan langsung mendapatkan pekerjaan tentu saja menggembirakan. Apalagi jika pekerjaan yang diperoleh itu bisa menghasilkan penghasilan yang lumayan. Bahkan jauh lebih cukup untuk kebutuhan pribadi. Apalagi jika masih berstatus lajang dan belum mempunyai tanggungan.

Namun sayangnya, kaum fresh graduated itu juga tak jarang terjebak dalam keborosan. Karena sebelumnya mereka belum pernah memegang uang banyak, akhirnya kontrol diri itu lepas. Mereka yang baru menerima gaji pertama biasanya punya budaya mentraktir teman-temannya. Tapi sayangnya, pengeluaran di bulan depan ternyata juga kurang efektif.

Uang penghasilan dari kerjanya pun dihabiskan untuk hal yang tak perlu. Para kaum fresh graduated pun terjebak dalam siklus pemborosan yang berbahaya. Padahal, masa depan mereka masih panjang.

Untuk itu, berikut ini kami sajikan tips mengelola penghasilan untuk para Sahabat Moola yang termasuk kaum fresh graduated. Yuk simak!

1. Wajib sisihkan untuk tabungan, minimal 20% dari gaji

photo credit: bankrate

Pertama yang harus dilakukan untuk mengelola uang penghasilanmu, ialah menyisihkan setidaknya minimal 20%. Aturan ini harus kamu terapkan dengan ketat. Agar kontrol dirimu semakin kuat.

Lagi pula, uang yang kamu sisihkan tersebut sangat berguna untuk pengeluaran tidak terduga. Misalnya ketika kamu sakit.

2. Jangan terbawa nafsu karena baru memegang uang banyak

p
photo credit: liputan6

Hal yang sangat wajar bila seorang fresh graduated senang untuk pertama kalinya memegang uang banyak. Tapi ingat, kamu tidak boleh terbawa nafsu. Karena pada akhirnya kebutuhanmu juga akan meningkat berbanding lurus dengan kebutuhanmu.

3. Buat daftar kebutuhan dengan baik

photo credit: plazabatik

Salah satu cara berhemat yang paling ampuh ialah dengan membuat daftar kebutuhan yang baik. Daftar ini bisa menjadi sebagai acuanmu ketika berbelanja, sekaligus alat kontrol.

4. Mulai memikirkan asuransi

photo credit: allianz

Kamu juga sudah mulai perlu memikirkan untuk membeli asuransi. Asuransi berfungsi sebagai solusi darurat jika kamu mengalami hal buruk.

5. Mulai memikirkan cara untuk menciptakan passive income

photo credit: bisniskost

Selain itu, kamu juga sudah mulai perlu memikirkan rencana menciptakan passive income. Caranya ialah dengan membeli beberapa aset yang bisa menghasilkan uang. Misalnya, rumah atau kendaraan yang bisa disewakan.

Tidak ada kata terlalu muda untuk membeli aset. Justru, itu artinya kamu bisa pensiun lebih dini ketika asetmu bisa menghasilkan passive income.

Berikut tadi adalah beberapa tips jitu pengelolaan uang untuk mereka kaum fresh graduated. Kini kita tahu, bahwa fresh graduated sudah wajib memikirkan masa depannya sedini mungkin.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips Mengelola Penghasilan untuk Para Fresh Graduated. Catat Ya, Sahabat Moola!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !