Pernah dengar tentang '200K Makeup Challenge'? Atau bahkan sudah ikutan tantangannya? '200K Makeup Challenge' atau yang lebih dikenal dengan '$20 Makeup Challenge' di Amerika Serikat ini dimulai ketika para beauty vloggers mengunggah video mereka melakukan challenge ini ke channel youtube mereka dan mengajak viewers-nya untuk ikut serta. Dalam tantangan ini, kamu diwajibkan untuk membeli produk-produk makeup full face, termasuk alat-alatnya seperti kuas dan sponge, dengan biaya di bawah 200K alias Rp 200.000 saja. Barang-barang yang kamu beli ini pastinya harus berkualitas, original, dan memiliki sertifikasi BPOM. Nah, makeup challenge seperti ini bisa banget dilakukan kalau kamu lagi mau belajar menggunakan makeup tapi memiliki dana terbatas untuk membeli makeup. Mau tahu gimana cara belanja makeup hemat ala '200K Makeup Challenge' ini? Yuk, simak tips di bawah ini lebih lanjut!


Tips #1: Belajar dari para suhu!

Sejak trend-nya mulai muncul di Indonesia, para beauty vloggers lokal pun langsung mengunggah video '200K Makeup Challenge' versi mereka di youtube dan mengajak para viewers-nya untuk ikutan. Kita bisa mendapatkan referensi produk-produk yang bisa dibeli dari para beauty guru ini, loh! Produk-produk yang mereka rekomendasikan biasanya mudah dicari dan banyak juga produk lokalnya. Selain itu, mereka juga biasanya menyatakan tanggapan mereka tentang produk tersebut, sehingga kita tahu apakah produk tersebut bagus atau tidak. Setelah itu tinggal sesuaikan produk tersebut dengan kondisi wajah kita deh, supaya kelak produknya bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.


Tips #2: Gunakan produk multifungsi

Photo credit: Pexels

Setelah menulis daftar produk yang bisa kita beli berdasarkan rekomendasi para beauty vloggers, sekarang waktunya kita meminimalisir jumlah produk yang harus dibeli agar bisa sesuai dengan budget. Tapi, cara meminimalisirnya gimana, ya? Dengan menggunakan produk multifungsi tentunya! Produk-produk yang dibeli nantinya harus bisa dimaksimalkan fungsinya untuk lebih dari satu tugas. Lipstick dengan warna merah atau pink dapat ditugaskan juga sebagai blush on, begitu juga dengan eyeliner coklat yang bisa kamu jadikan sebagai pensil alis dengan penggunaan yang tepat. Selain bisa seru-seruan mengeksplorasi kegunaan produk-produk makeup, kamu juga nggak perlu takut dengan adanya budget tambahan. Beauty budget kamu bisa diminimalisir, deh!


Tips #3: Belanja di tempat yang murah

Photo credit: Indo Indians

Belanja makeup di pasar tradisional merupakan salah satu pilihan tepat untuk bisa sukses melakukan '200K Makeup Challenge' ini. Pilihan produknya pun bermacam-macam, terutama untuk produk lokal yang harganya biasanya lebih murah daripada produk luar, tetapi kualitasnya nggak kalah bagus. Tapi jangan senang dulu! Belanja di pasar juga ada negatifnya. Beberapa produk yang dijual bisa jadi bukan merupakan produk original, jadi pastikan dulu ya produknya original dengan bertanya kepada penjual atau memastikan tampilan produk makeup original-nya!

Kalau masih takut berbelanja di pasar tradisional, kamu bisa coba belanja ke toko-toko produk kecantikan dan kesehatan yang tersebar di mall-mall. Toko-toko tersebut biasanya sering mengadakan promo-promo dan diskon. Jadi jangan sampai ketinggalan ya dengan promonya supaya bisa mendapatkan produk dengan harga terbaik!

Pastikan produk-produk yang dibeli tersebut benar-benar kesukaan kamu dan dapat digunakan untuk berbagai kesempatan ya supaya nggak sia-sia!


Tips #4: Stick to the budget!

Phoo credit: Pexels

Walaupun sudah membuat daftar dengan teliti, keadaan di lapangan bisa saja menggagalkan challenge yang kamu lakukan ini. Mulai dari produk yang kamu mau sulit dicari dimana-mana, sampai menemukan produk-produk pilihan lain yang sepertinya lebih bagus. Kalau sudah begini, bisa jadi kamu malah bingung sendiri dan akhirnya membeli barang-barang yang di luar budget.

Jangan panik dulu! Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menulis beberapa opsi lain untuk setiap produk sebelum berbelanja. Misalnya untuk foundation yang kamu mau, beri pilihan bb cream seandainya kamu sulit mencari produk tersebut. Begitu juga untuk merek pensil alis dan maskara yang kamu mau, beri beberapa pilihan selain produk tersebut. Jika menemukan produk lain yang sepertinya lebih bagus, selama produk tersebut masih sesuai dengan budget bukanlah sebuah masalah. Tapi yakin, kamu mau melewatkan produk yang direkomendasikan oleh banyak orang demi produk lain yang baru kamu temukan? Pastikan setiap jumlah uang yang kamu keluarkan akan bermanfaat buat kamu ya!


Tips #5: Practice makes perfect

Photo credit: Pixabay

Semua produk yang kamu mau untuk menyelesaikan full makeup sudah ada, budget juga sudah sesuai, sekarang tinggal bereksperimen deh dengan produk-produk baru tersebut! Maksimalkan semua produk yang sudah kamu beli untuk melengkapi riasanmu. Dan, tadaaa! Selamat, kamu telah selesai melakukan belanja hemat ala '200K Makeup Challenge'ini.

Makeup yang kamu hasilkan mungkin tidak sebagus makeup yang dibuat dengan produk-produk makeup ber-budget tinggi. Tapi jangan berkecil hati dulu! Teruslah berlatih menggunakan produk-produk makeup tersebut semaksimal mungkin agar hasilnya bisa sekelas dengan produk makeup high-end! Kalau sudah jago, kamu bisa menabung lebih dan beralih ke produk makeup yang lebih mahal supaya makeup yang kamu hasilkan semakin bagus.

Setelah selesai, boleh banget bagikan review versi kamu tentang produk-produk yang dibeli ke media sosial. Ajak teman-teman kamu untuk ikutan juga. Selain produk makeup murah dengan kualitas bagus semakin dikenal lewat kamu, kamu juga bisa jadi mendapat kesempatan untuk memperoleh produk makeup secara cuma-cuma jika review kamu dilirik salah satu perusahaan dari produk yang kamu pakai. Asyik, kan?

BACA JUGA


Mau Gigi Putih Tanpa Bikin Dompet Tipis? Ini Dia 7 Caranya!

Mau Gigi Putih Tanpa Bikin Dompet Tipis? Ini Dia 7 Caranya!

Tren bleaching gigi yang semakin gencar di media sosial saat ini bikin kamu mau ikutan juga tetapi tidak ada biaya. Bagaimana ya agar gigi ...

Read more..

Bagaimana? Sudah siap melakukan challenge ini? Kami tunggu ya belanja hemat ala '200K Makeup Challenge' versi kamu!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips Belanja Makeup Hemat ala '200K Makeup Challenge'". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !