Pembukuan bisnis yang rapih masih cenderung diabaikan sebagian besar entrepreneur muda termasuk kalangan usaha kecil dan menengah (UKM). Hal ini wajar, mengingat fokus utama saat membangun bisnis pertama kali biasanya adalah soal produk, pemasaran dan bagaimana meningkatkan penjualan. Namun tentu lebih baik jika dari awal kita sudah mencatat pembukuan usaha kita agar nantinya kita bisa mengevaluasi kondisi bisnis berdasarkan data yang akurat. Saat ini sudah begitu banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk melakukan pencatatan, mulai dari program Microsoft Excel yang gratis sampai software akuntansi dengan harga jutaan rupiah. Kita dapat memilih sesuai kebutuhan dan besar skala bisnisnya.

Tentunya masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun jika kamu tipe orang yang mobile, tidak mau ribet, dan menginginkan pencatatan bisnis yang simple, kamu bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud, yang bisa kamu akses darimanapun dan kapanpun. Kelebihan dari cloud system adalah data yang kamu miliki bersifat real-time dan akurat. Ini bisa membuat pekerjaan kamu lebih efektif dan efisien. Selain itu, apa saja keuntungan dari software akuntansi online yang bisa kamu dapat? Simak yuk selengkapnya!

1. Meningkatkan Skala Bisnis

Photo Credit: Online Accounting

Dengan sistem pencatatan keuangan yang sudah terintegrasi, kamu bisa lebih fokus untuk menggunakan waktu yang berharga untuk melakukan aktivitas yang lebih penting, memikirkan gambaran besar dan strategi bisnis kamu kedepan.

2. Kolaborasi Jarak Jauh

Photo Credit: Telegraf

Ini sangat memungkinkan kamu dapat menjalankan bisnis darimanapun bahkan ketika sedang liburan, asalkan masih tersedia koneksi internet. Jika kamu business owner dan memiliki karyawan, kamu cuma perlu login dari tablet atau laptop kamu untuk melihat berapa transaksi penjualan kamu di hari itu, yang sudah di-input oleh karyawanmu. Kamu juga dapat memantau stok persediaan, piutang yang akan jatuh tempo, dan laporan-laporan keuangan lainnya yang dapat kamu akses secara real-time!

3. Data Aman

Photo Credit: Internet

Dengan sistem berbasis cloud (online), data kamu tersimpan dengan aman di server dan tentunya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan Encyption AES-256 (ini untuk software Jurnal.id) yang keamanannya setara dengan bank, sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir data akan hilang. Kamu juga bisa mem-backup data keuangan kamu secara periodik dengan menggunakan fitur ekspor yang ada. Kamu bisa memilih untuk membackup-nya dalam bentuk Excel, CSV atau PDF.

4. Laporan Keuangan Instant

Photo Credit: Pemasaran

Tentu saja tidak ada yang benar-benar instant. Namun dengan menggunakan sistem pembukuan berbasis cloud, kamu sudah bisa memiliki Laporan Keuangan seperti Neraca, Laporan Laba Rugi, Cashflow, Daftar Penjualan, Biaya dan puluhan laporan lainnya secara bersamaan. Dengan adanya laporan keuangan yang lengkap, kamu bisa menggunakannya sebagai syarat mengajukan pinjaman pihak ketiga atau untuk mengurus legalitas usaha. Praktis bukan?

BACA JUGA


Anggaran Dapur Hari Raya Jangan Sampai Membengkak, Ini Tips Rahasianya!

Anggaran Dapur Hari Raya Jangan Sampai Membengkak, Ini Tips Rahasianya!

Jangan sampai kantong jebol karena anggaran berantakan menjelang Lebaran

Read more..

Bagi kamu yang sudah melakukan pencatatan menggunakan Excel, kamu bisa dengan mudah untuk ‘hijrah’ ke sistem pembukuan yang lebih rapi karena hampir semua sistem pembukuan terutama berbasis cloud saat ini sudah dilengkapi dengn fitur impor. Jadi kamu tidak perlu repot lagi meng-input satu-persatu. So, masih mau repot menggunakan pembukuan cara lama?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tingkatkan Skala Bisnis dengan Sistem Pencatatan Keuangan Berbasis Online". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !