Sedang berulang tahun malah ditodong buat traktiran? Uh, menyebalkan! Kadang mau menghindar dari situasi ini cukup sulit, karena tidak tahan menghadapi 'nyinyiran' teman-teman. Belum lagi pujian-pujian gombal yang bikin pengeluaran ultah kian bertambah.

Tapi suatu kali, saya melihat teman sekantor saya merayakan ulang tahunnya dengan cara yang sangat tidak popular. Dia adalah Dewi yang punya prinsip tersendiri. Dia santai saja bila ada teman yang nyinyir ketika dia merayakan ulang tahun hanya bersama orang-orang terdekat, dan tidak di kantor layaknya teman-teman. Saya kemudian penasaran, apa sih yang membuat Dewi punya mental secuek itu? Sahabat Moola, inilah panduan 'ajaib' dari Dewi yang bisa jadi inspirasi!

Jangan lebih heboh dari boss-mu

Ya. Perhatikan selalu bagaimana boss-mu merayakan ulang tahun. Apakah sederhana saja atau satu kantor mendapat jatah? Kalau cara merayakannya sederhana, ikuti saja cara itu. Sebaliknya, kalau boss-mu merayakan ulang tahunnya dengan heboh, kamu tidak lantas merayakan dengan heboh juga.

Nah, kamu tidak usah khawatir harus merayakan ulang tahun secara 'wah'. Kalau boss-mu saja merayakan ulang tahun dengan cara sederhana, masa kamu merayakan ulang tahun lebih heboh dari boss-mu? Gunakan alasan 'malu sama gaji' biar teman-temanmu tidak nyinyir lagi.

Malah, kadang boss-boss itu tidak perlu mengeluarkan budget lebih saat berulang tahun karena biasa mendapat kirimin kue dari business partner. Jadi, mengapa kita harus lebih heboh daripada si boss?

Rayakan dengan beda

Photo Credit: Pinterest

Kamu tidak perlu menyediakan budget lebih untuk membeli aneka makanan buat teman sekantor. Pilih salah satu, mau merayakan ulang tahun dengan satu tim atau semua department? Kalau kamu pilih merayakan bersama satu tim, kamu tidak perlu menyediakan budget tambahan untuk department lain. Rayakan dengan cara sederhana supaya kantongmu tak tersiksa.

Tidak usah baper dengan nyinyiran

Photo Credit: Bali Post

Jika ada yang nyinyir dan menyebutmu pelit, santai saja! Hidupmu tidak berakhir karenanya. Tebalkan telinga saja dan cukup balas dengan senyuman elegan.

'Fair-fair' value dengan hadiah yang datang duluan daripada traktiran

Kadang teman-teman kantor ada yang baik banget untuk memberikan kado ulang tahun padahal tidak ada traktiran dari kita. Ya, tentu saja rasanya tidak etis kalau kemudian tidak ada traktiran untuknya. Dewi memberi saran yang baik agar 'fair-fair value' saja, kalau kita bisa menaksir berapa harga hadiah tersebut, tentu saja budget traktiran bisa disamakan atau sedikit dilebihkan.

Wah, Dewi punya cara berpikir dan panduan 'ajaib' yang cukup asyik, ya! Apakah kamu juga sepakat dengan ide yang dikemukakan Dewi, Sahabat Moola?

BACA JUGA


Mau Punya Penghasilan Tapi Tidak Suka Kerja Kantoran ? 8 Profesi Ini Bisa Jadi Pilihan Untukmu yang Tidak Betah Kerja di Kantor

Mau Punya Penghasilan Tapi Tidak Suka Kerja Kantoran ? 8 Profesi Ini Bisa Jadi Pilihan Untukmu yang Tidak Betah Kerja di Kantor

Tidak suka kerja kantoran tapi tetap mau punya penghasilan? Coba intip cara dan profesi di bawah ini supaya kamu tetap dapat pemasukan ya

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tidak Ingin Tekor di Hari Ulang Tahunmu? Ikuti Panduan Ajaib Berikut Ini, Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !