Yes! Akhirnya dapat THR juga! Tapi, tunggu dulu. THR yang tidak diatur dengan baik akan mengakibatkan stres berkepanjangan karena risiko kehabisan duit sebelum Lebaran! Berikut tips efisien untuk mengatur uang THR kamu.


Bayar lunas semua hutang kamu yang nggak produktif

photo credit: Daily Mail

Hutang nggak produktif itu seperti apa sih? Salah satu contohnya adalah hutang kartu kredit. Kalo bisa, semua uang THR dipake buat bayar hutang duluan sebelum yang lain. Kenapa? Karena bunga hutang kartu kredit itu horor banget.


Siapkan uang untuk THR orang-orang yang bekerja denganmu

photo credit: Liputan6

Hitung siapa saja orang di sekeliling yang perlu kamu berikan THR. Bisa saja mbak di rumah, babysitter, satpam hingga OB di kantor. Berikan uang THR secukupnya untuk menunaikan kewajibanmu dan juga berbagi kebahagiaan.


Bayar sedekah atau zakat untuk yang membutuhkan

photo credit: Baznas

Di setiap rejeki yang kamu dapatkan, ada hak orang lain di dalamnya. Tunaikan zakat dan sedekahmu yang sudah dihitung dengan seksama. Jumlahnya mulai dari 2,5% hingga tak terbatas!


Saat tepat untuk investasi!

photo credit: Finansialku

Kalau di hari-hari biasa kamu nggak berhasil menyisihkan uang untuk investasi, sekarang lah saatnya untuk kamu berinvestasi. Saran saya sih, minimal kamu menginvestasikan 30% dari uang THR kamu untuk diinvestasikan.


Alokasikan dana untuk biaya mudik untuk mudik yang tenang dan berkualitas

photo credit: Pusat Tas Laptop

Mudik sudah pasti perlu biaya ekstra. Mulai dari biaya transportasi, penginapan hingga jajanin keponakan. Itu semua biaya yang perlu kamu siapkan untuk menikmati waktu mudikmu dengan tenang.


Beli barang yang akan menambah produktifitas-mu

photo credit: Jalan Tikus

Kalau laptop kamu lemot, ini saatnya untuk membeli laptop baru. Begitu juga kalau hape kamu harus di-restart tiap 15 menit. Apa pun yang mengganggu produktifitas kamu, harus segera diganti. Dengan uang THR, kamu bisa membeli barang-barang yang kamu perlu.


Tabung sebagian untuk simpanan dana darurat

photo credit: shutterstock

Masih ingat kan kalau kita perlu punya dana darurat , minimal 3-6 bulan dari total biaya bulanan. Kalau kamu belum punya dana ini, gunakan sebagian uang THR kamu untuk ditabung menjadi dana darurat.


Beli barang yang membuat kamu lebih bahagia

photo credit: elmeme

Lebaran identik dengan baju baru. Kalau kamu sudah melakukan semua langkah di atas dan masih punya sisa dana, kamu bisa belikan barang-barang yang membuatmu lebih bahagia.

Gimana? Gampang kan?!

BACA JUGA


Cara Keren Membelanjakan Uang di Bulan Ramadan. Awas, Jangan Kebablasan!

Cara Keren Membelanjakan Uang di Bulan Ramadan. Awas, Jangan Kebablasan!

Banyaknya bazar makanan dan pakaian untuk Lebaran sangat menggoda iman untuk menghabiskan uang

Read more..

Semoga setelah ini mudik kamu lebih aman sentosa dan juga nggak kehabisan duit setelahnya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "THR Harus dihabiskan! Baca 7 Tips Efisien Mengatur THR Biar Tidak Menyesal". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !