Jalan-jalan ke luar negeri kini sudah bukan barang mewah lagi asal tahu cara menghemat biaya agar tidak membengkak. Nah, bagi kamu yang ingin tetap hemat selama liburan di negeri orang, inilah jurus jitunya!


1. Kunjungi negara bebas visa

Pilihlah negara yang tidak memerlukan visa untuk tinggal sementara. Kamu bisa mengeksplor wilayah ASEAN serta beberapa negara lainnya yang ramah di biaya.

2. Selain bebas visa, pilihlah negara yang murah

Tidak hanya bebas visa, pilih negara dengan biaya hidup rendah agar sesuai dengan prinsip hemat yang kamu terapkan.

3. Terbang dengan maskapai murah

Tidak perlu membeli tiket dari maskapai mahal, pilihlah promo yang digelar oleh maskapai bertarif murahah.

4. Gunakan jalur darat untuk lintas negara

Ingin mengunjungi beberapa negara sekaligus? Jika memungkinkan dan hanya berbatasan dengan daratan, pilihlah transportasi darat yang lebih murah. Misalnya saja pergi ke Singapura lewat Johor Bahru, Malaysia, hanya membutuhkan biaya sekitar 1,6 ringgit saja atau setara dengan 4000 rupiah.

5. Pakai transportasi umum

Jangan ragu menggunakan transportasi umum. Di negara-negara maju, bahkan moda transportasi umum sudah cukup memadai dan nyaman digunakan kemana saja. Harganya pun jauh lebih hemat bila dibandingkan menyewa kendaraan pribadi atau menggunakan taksi.

6. Couchsurfing? Why not!

Manfaatkan jaringan di couchsurfing untuk mendapatkan penginapan gratis dan bila beruntung, kamu bisa dipandu langsung oleh warga lokal yang menjadi teman barumu.

7. Makan tak perlu mewah

Jika bisa, mengapa tidak di warung makan sederhana? Kamu bisa menghemat ongkos untuk keperluan lainnya. Selain itu, cara lain untuk menghemat budget makan adalah dengan membawa makanan kemasan dari rumah yang mampu bertahan lama.

8. Wisata beramai-ramai

Dengan membentuk kelompok, kamu bisa sharing ongkos.

9. Survei

Sebelum keberangkatan, kamu bisa survei lokasi yang akan kamu datangi. Baik itu survei penginapan, makanan halal, tempat belanja keperluan, hingga buah tangan. Bijaklah dalam menghabiskan uang dan jangan boros demi kepuasan sementara.

10. Gunakan uang koin kembalian

Saat berbelanja keperluan di supermarket atau naik transportasi umum, kita sering mendapat kembalian berupa uang koin atau recehan. Kumpulkan dan gunakan untuk membeli kebutuhan daripada menumpuk dan menghabiskan uang kertas.

Nah, itu tadi jurus-jurus jitu untuk berwisata hemat ke luar negeri. Kamu punya jurus jitu lain? Share di kolom komentar ya! Meski liburanmu berbiaya hemat, jangan sampai kamu kehilangan semangat untuk menikmati secara maksimal. Let's enjoy to the fullest!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tetap Hemat Saat Liburan ke Luar Negeri? Ini Jurus Jitunya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !