Hari ini seorang sahabat mengirimkan pertanyaan melalui messenger dan bertanya, "berapa sih nilai kita?" Kemudian dia melanjutkan lagi, "jika seorang kuli bangunan menghasilkan 75 ribu per hari dan waiter restoran bisa menghasilkan 50 ribu per shift, berapa nilai kita?" ujarnya.

Pertanyaannya memang membuat dahi berkerut tetapi juga membuat kita sadar tentang nilai diri kita sendiri.

Berapa nilai diri kita jika ditilik dari pendapatan yang kita terima per jam, per hari, per minggu, per bulan?

Tentunya ada profesi yang memang dibayar per jam utuk menjalankan profesinya seperti pengacara, dokter, dosen, konsultan, tetapi tidak semua dari kita memiliki profesi yang disebutkan tadi.

Dan tahukah kamu, sesuatu yang paling unik di dunia ini? Dia adalah kamu sendiri.

Kamu memiliki sidik jari yang khas dan tidak terimitasi, kamu memiliki banyak hal unik yang tidak akan kamu dapati pada orang lain. Tapi mengapa keunikan dan kekhasan yang kamu miliki terkadang tidak mampu kamu jual dengan harga uang yang layak?

1. Jadikan Dirimu Lebih Bernilai

Kamu tentunya pernah mendengar tentang sebotol air mineral atau sebotol soda jika ditempatkan dalam warung, minimarket, dan restoran harganya berbeda-beda. Begitu pula nilai diri kamu. Kamu harus bisa menempatkan dimana diri kamu dan menambahkan nilai tentunya dengan menggali lebih dalam kemampuan dan keunikan yang kamu miliki.

2. Saatnya Berani Mencoba

"Life begins at the end of your comfort zone."

Kutipan di atas pasti sering kamu baca atau dengar yang artinya hidup dimulai setelah zona nyaman berakhir.

Jadi ada beberapa cara untuk meningkatkan nilai diri kita dengan melakukan hal-hal berikut ini:

a. Keluar dari zona kenyamanan dengan berani melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan.

b. Keberanian untuk membentuk diri dengan menghilangkan penghambat berupa sifat-sifat negatif yang selama ini ada pada diri kita.

c. Keberanian untuk menempatkan diri pada tempat yang layak dengan kesiapan menerima tantangan dari pihak lain sehingga akan ada peningkatan nilai diri.

d. Tekadkan kemauanmu untuk mengubah diri.

e. Praktikkan "Just Do It".

Apalah artinya seseorang yang bisa melakukan banyak hal tetapi tidak dilakukan? Apalah artinya bisa membaca namun tidak mau mempraktikkan apa yang dibaca? Tahu teori memasak namun tidak mau masak?

Kunci utama untuk meningkatkan harga diri adalah kemauan untuk mencoba sehingga bisa setelah mengalami berbagai kegagalan dan hambatan dari luar dan paling besar dari diri sendiri.

4. Maju Tanpa Menyingkirkan Orang Lain

Seorang wartawan mewawancarai seorang petani untuk mengetahui rahasia di balik buah jagung yang selama bertahun-tahun selalu berhasil memenangkan kontes perlombaan hasil pertanian. Petani itu mengaku ia sama sekali tidak mempunyai rahasia khusus karena ia selalu membagi-bagikan bibit jagung terbaiknya pada tetangga-tetangganya di sekitar perkebunan.

"Mengapa Anda membagi-bagikan bibit jagung terbaik itu pada tetangga-tetangga Anda? Bukankah mereka mengikuti kontes ini juga setiap tahunnya?" tanya sang wartawan.

"Tidak tahukan Anda?" jawab sang petani itu.

"Angin menerbangkan serbuk sari dari bunga-bunga yang masak dan menebarkan dari satu ladang ke ladang lainnya. Bila tanaman jagung tetangga saya buruk, maka serbuk sari yang ditebarkan ke ladang saya juga akan buruk. Ini tentu menurunkan kualitas jagung saya. Bila saya ingin mendapatkan hasil jagung yang baik, saya harus menolong tetangga saya mendapatkan jagung yang baik pula."

Begitupula dengan hidup kita, bagi yang ingin meraih keberhasilan harus menolong sesamanya menjadi berhasil pula. Mereka yang menginginkan hidup dengan baik harus menolong sesama untuk idup dengan baik pula. Sesungguhnya, nilai dari hidup kita diukur dari manfaat yang kita tebarkan untuk sesama .

5. Kenali Diri Kamu Sendiri

Semakin mampu kamu memahami diri sendiri, semakin mampu kamu melihat dan menghargai betapa uniknya dirimu, dan kamu juga akan semakin menghormati diri sendiri. Temukan prinsip-prinsip hidup, kepribadian, dan bakat kamu. Proses penemuan jati diri ini akan butuh waktu, tetapi kamu akan segera melihat bahwa ini sangatlah bermanfaat.

Buat daftar mengenai hal-hal, orang-orang, perasaan dan kegiatan yang penting bagi kamu. Hal ini akan membantu kamu mengidentifikasi apa yang benar-benar kamu sukai dan butuhkan di dalam hidup kamu. Cobalah kegiatan yang berbeda. Ini akan memberikan kamu kesempatan untuk melihat apa yang kamu sukai dan apa yang tidak kamu sukai.

6. Cintailah Diri Kamu Sendiri

Setelah mengenali diri kamu, maka kamu wajib mencintai diri sendiri dengan beberapa cara berkut ini:

a. Menjaga kesehatan karena sehat itu mahal harganya dengan menjaga pola makan dan rajin berolahraga.

b. Merawat diri sendiri luar dalam dan menjaga penampilan agar tetap fresh dan menarik.

c. Bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang dan menjaga dengan sebaik-baiknya. Berterima kasih kepada Tuhan YME atas segala karunia nikmat-Nya.

d. Berhenti menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang pernah kamu buat, karena semua manusia punya salah.

e. Belajar dari kesalahan masa lalu untuk menyambut masa depan yang lebih baik.

f. Apapun yang terjadi, tersenyumlah. Agar aura positif selalu terpancar dari dirimu.

g. Menyiapkan waktu khusus untuk kencan dengan diri sendiri, bisa dengan perawatan diri sendiri, makan makanan favorit kamu sebagai rewards, nonton sendirian, jalan-jalan di mall sendirian, kamu yang paling tahu untuk memanjakan dirimu.

7. Disiplin dan komitmen dalam praktik menaikkan nilai diri secara berkelanjutan

Ini adalah hal yang paling susah, setelah tahu semua teori dan rahasianya terkadang kita susah untuk mendisiplinkan diri agar nilai diri kita meningkat, tetapi harus bisa dan tetap semangat.

BACA JUGA


Coba praktikan semua itu dan selamat datang nilai diri yang baru!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ternyata, Setiap Orang Punya Nilai Diri. Berapa Nilai Diri Kita? Cek Yuk Sahabat Moola!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !