Ya, berita tersebut memenuhi berbagai media dan menjadi headline yang menyita perhatian masyarakat luas. Bagaimana tidak, ketiga petinggi biro perjalanan umrah tersebut terbukti menelantarkan puluhan ribu jamaah serta menggelapkan dana senilai hampir 1 triliun rupiah. Tak hanya itu, bahkan beberapa rekan bisnis First Travel di Arab Saudi pun melaporkan kecurangan yang telah dilakukan oleh perusahaan penyelenggara layanan umrah murah ini. Tak pelak, banyak pihak pun merasa kecolongan dan amat terpukul, terutama para jamaah yang batal berangkat ke Tanah Suci Mekkah. Mereka menyayangkan, dana yang telah ditabung bertahun-tahun langsung raib begitu saja di tangan pihak yang tak bertanggungjawab.

Sahabat Moola, memang beribadah ke Tanah Suci adalah dambaan semua muslim di dunia. Namun jangan sampai cita-cita tersebut berujung petaka karena tergiur umrah abal-abal. Nah, bagaimana caranya agar tidak tertipu seperti para korban? Simak yuk artikel ini sampai tuntas!

1. Pastikan biro perjalanan umrah memiliki legalitas lengkap, jelas, dan masih berlaku

Photo Credit: Detik Finance

Yang pertama dan harus kamu perhatikan adalah mengecek legalitas biro perjalanan umrah agar tidak terjadi penyelewengan yang tidak diinginkan. Selain memastikan izin mereka telah terdaftar, kamu juga harus memastikan legalitas mereka meliputi:

- Surat Izin Usaha Biro Perjalanan Umum
- Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
- Tanda Daftar Perusahaan
- NPWP Perusahaan
- Surat Keterangan Domisili Perusahaan
- SK Menkeh. Akta Pendirian Perusahaan
- SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh – sebagai penyelenggara perjalanan ibadah haji khusus
- SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh – sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umroh
- Sertifikat Anggota Amphuri
- Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI

2. Jangan tergiur harga yang kelewat miring

Masyarakat Indonesia memang sangat sensitif dengan harga murah, namun bukan berarti kamu jadi mementingkan nominal - bukan kualitas dan jaminan pelayanan. Seperti pada kasus First Travel, awalnya banyak jamaah yang tergiur paket umrah seharga 14 juta rupiah, padahal normalnya paket umrah termurah dijual seharga 17 juta rupiah dengan penerbangan kelas ekonomi. Sementara untuk paket normal berkisar antara 20 juta hingga 30 juta rupiah, bergantung akomodasi dan penerbangan yang digunakan. Belajar dari kasus ini, hendaknya kamu memilah-milah informasi dan patut mencurigai bila terdapat kejanggalan harga yang terlalu murah hingga terkesan tidak rasional. Kamu harus curiga, dengan biaya semurah itu, apakah mereka mampu menjamin keselamatanmu saat beribadah di sana?

3. Jangan tunggu terlalu lama

Photo Credit: Ynet.co

Saat kamu memesan paket umrah, pastikan bahwa jarak antara pembayaran dengan masa tunggu tidak terlalu lama. Misal bayar sekarang atau bulan ini, maka mintalah diberangkatkan bulan ini pula. Dan jangan sampai kamu membeli paket bulan ini tapi mau saja diberangkatkan tahun depan.

4. Perhatikan track record

Seiring berkembangnya teknologi, kamu bisa mengecek lebih dahulu mengenai rekam jejak atau track record biro penyedia perjalanan umrah yang kamu incar. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai tahun berapa perusahaan berdiri, berapa kali perusahaan memberangkatkan jamaah, berapa banyak jamaah yang sudah diberangkatkan, tingkat kepuasan, testimonial, dan waspada info seputar penipuan. Setelah itu, kamu bisa pertimbangkan, apakah kamu setuju memakai jasa mereka.

5. Jangan transfer ke rekening pribadi

Photo Credit: Photo Credit: First Bank & Trust

Yang patut kamu waspadai adalah soal pengurusan pembayaran. Jangan sampai kamu mentransfer ke rekening pribadi owner/agen/marketing yang menawarkan. Apapun yang terjadi, kamu harus mengirim tanda jadi atau pembayaran ke rekening perusahaan yang terdaftar agar dana tidak disalahgunakan.

6. Hindari skema pembelian ala MLM

Last but not least, hindari skema pembelian paket umrah ala MLM atau skema pembayaran yang memfasilitasi seseorang berangkat umrah dengan berutang kepada downline. Skema semacam ini sangat rentan terhadap penipuan dan penyalahgunaan.

BACA JUGA


Gaji 3 Jutaan Ingin Umrah Tahun Depan? Nih, Moola Kasih Jurus Sakti Menuju Mekkah!

Gaji 3 Jutaan Ingin Umrah Tahun Depan? Nih, Moola Kasih Jurus Sakti Menuju Mekkah!

Musim haji tak jarang menumbuhkan rasa rindu kita untuk segera mengunjungi Mekkah

Read more..

Intinya, jangan sampai niat ibadah kita malah jadi 'makanan empuk' bagi para oknum yang tak bertanggungjawab. Semoga kita terhindar dari segala macam bentuk kejahatan dan penipuan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tercyduck! Boss First Travel Telah Diamankan. Ini Lho Caranya Agar Tidak Tertipu Biro Umrah Abal-abal!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !