Perkembangan dunia kuliner yang pesat membuatnya banyak dilirik para job seeker. Bila sebelumnya dunia kuliner tak menjadi prioritas, kini seakan naik kelas. Dunia kuliner yang kreatif dan dinamis menjadi daya tarik tersendiri bagi jiwa muda yang menyukai tantangan dan kreatifitas tinggi. Hal ini tentu tak lepas dari peran pakar kuliner yang aktif membagikan inspirasi. Dan kini tak hanya koki, bahkan beberapa profesi sedang naik daun dalam bidang culinary.

1. Food Blogger

Photo Credit: Flickr

Langkah paling mudah untuk mengembangkan karir dalam dunia kuliner adalah menjadi food blogger. Cukup bermodal koneksi internet ditambah kemampuan menulis review makanan yang unik serta membidik foto-foto menarik, kamu bisa meraih kepopuleran dan mempunyai masa depan yang cerah. Seiring meningkatnya pengaruh kamu di dunia maya, maka undangan untuk mempromosikan makanan dari resto-resto mahal pun akan berdatangan. Bahkan, mereka rela membayar mahal sebab jasa food blogger mampu meningkatkan jumlah pengunjung loyal.

2. Food Tester

Photo Credit: Mirror

Tugas utama dari seorang food tester adalah menguji dan mencoba makanan yang akan disajikan untuk konsumen pada sebuah restoran. Uji coba ini mencakup kandungan nutrisi, rasa, serta kebersihannya. Bisa dibilang, inilah pekerjaan yang sangat menggiurkan karena kamu bebas mencicipi makanan sekaligus menghasilkan uang.

3. Food Photographer

Photo Credit: James Robinson Photography Blog

Senada dengan fotografer konvensional, hanya saja food photographer memang spesialis menangkap gambar-gambar lezat. Kamu harus pandai mengatur komposisi warna dan memberi ‘make-up’ pada makanan tersebut agar lebih menggugah selera. Selain itu, kamu dituntut piawai mengatur tata letak, sudut, serta properti pendukung agar lebih bernilai seni.

4. Food Copywriter

Photo Credit: Portofolio Cassandra Wilcox

Bisa dibilang, copywriter adalah salesman dalam bentuk tulisan. Seorang copywriter bertugas menulis naskah iklan, memproduksi kata-kata persuasif agar pembaca segera mengambil keputusan. Bila dihubungkan dengan dunia kuliner, maka food copywriter adalah mereka yang khusus menulis konten lezat untuk perusahaan makanan, restoran, majalah kuliner, maupun agen iklan yang ingin menjangkau audience lebih besar melalui tulisan serta membantu meningkatkan omset penjualan.

5. Food Stylist

Photo Credit: Chef2Chef

Hampir semua restoran membutuhkan jasa food stylist yang bertugas menghias makanan menjadi lebih cantik saat dihidangkan maupun saat dipotret dalam buku menu. Seorang food stylist hampir sama dengan make-up artist yang dituntut mempunyai jiwa estetika tinggi serta memahami dasar-dasar fotografi agar objek nampak menarik dalam kamera.

6. Food Entrepreneur

Photi Credit: iStock

Jika profesi nomor 1 hingga nomor 5 cukup menggiurkan, masih ada 1 profesi lagi yang sangat menjanjikan. Food entrepreneur menggaji mereka semua dan memberdayakan tenaga profesional untuk bergabung dalam perusahaan makanan miliknya. Bila kamu mempunyai bakat kepemimpinan, tertarik pada dunia makanan, haus akan tantangan, gemar membantu banyak orang, serta suka membagikan ilmu pada bawahan, tak ada salahnya kamu merintis karir sebagai food entrepreneur.

BACA JUGA


Punya Jiwa Pengusaha? Inilah 6 Ide Bisnis Paling Mudah dan Menguntungkan untuk Dicoba!

Punya Jiwa Pengusaha? Inilah 6 Ide Bisnis Paling Mudah dan Menguntungkan untuk Dicoba!

Jauhi galau dekati bisnis, pilih yang mudah dan menguntungkan, Sahabat Moola

Read more..

Betapa indahnya menjangkau kesuksesan dengan menggabungkan hobi, bakat, ketertarikan, serta keterampilan yang mampu memberi penghidupan. Di bidang kuliner, segala yang kamu punya tak pernah jadi sia-sia bila kamu serius mengasahnya. Bagaimana, sudah mendapat gambaran masa depan?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tak Hanya Koki, 6 Profesi Ini Sedang Naik Daun di Bidang Culinary". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !