Menjadi pegawai bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan penghasilan lebih. Kemungkinan kenaikkan gajimu itu bukan merupakan hal yang mustahil. Karena, biasanya beberapa perusahaan tidak segan-segan memberikan kenaikkan gaji kepada pegawainya. Kuncinya adalah loyalitas pegawai. Kamu harus bisa bersikap loyal terhadap perusahaanmu bekerja selama itu masih dalam batasan normatif.

Selain itu, kenaikan gaji pegawai biasanya juga didasarkan atas prestasi kinerjamu. Maka dari itu, kualitas kinerja harus dipertahankan dengan baik. Karena asas tersebut merupakan dasar yang kuat untuk bahan pertimbangan kenaikan gaji.

Tapi, jika loyalitas dan prestasi kinerjamu masih belum diperhatikan, kamu perlu menyiasatinya. Kamu bisa melakukan 5 cara ini agar perusahaan mau menaikkan gajimu. Yuk simak, Sahabat Moola!

1. Bekerja sesuai dengan standard kinerja

photo credit: the muse

Bekerja di perusahaan mewajibkan kita harus patuh terhadap semua aturan dalam perusahaan. Kita harus bekerja secara normatif dan tertib terhadap semua etiket pekerjaan. Namun, bukan hanya patuh saja. Kita juga harus memotivasi diri sendiri untuk mencapai standar kinerja yang telah ditentukan oleh perusahaan. Bahkan jika bisa, kita harus melampauinya. Standar ini adalah bahan pertimbangan utama perusahaan untuk menaikkan gaji pegawainya.

2. Patuh terhadap semua kesepakatan kontrak

photo credit: amazonaws

Aturan-aturan dalam pekerjaan biasanya sudah termuat semua dalam surat kesepakatan kontrak. Surat ini adalah bukti absah yang mengatur hubungan antara pegawai dan perusahaan. Poin-poin yang telah disepakati semuanya harus dipatuhi oleh kedua belah pihak.

3. Menjalin hubungan baik dengan atasan

photo credit: usnews

Selain menjalin hubungan kerja yang baik dengan perusahaan, kamu juga perlu menjalin hubungan dengan atasan. Karena, secara tak langsung atasanmu adalah wakil dari perusahaan. Atasan bisanya punya kewenangan khusus untuk merekomendasikan pegawainya. Jadi, jagalah hubungan baik dengan atasan jika ingin direkomendasikan agar gajimu naik.

4. Jangan terlalu sering kasbon

photo credit: baca terus

Seorang pegawai yang baik seharusnya tak sering mengajukan kasbon atau utang gaji dibayar sebelum tanggal gajian. Kebiasaan kasbon ini membuat prestise seorang pegawai buruk di mata perusahaan. Biasanya bahkan akan muncul ujaran seperti ini:

“Kerja belum beres, gaji minta duluan,”

5. Jika semua terpenuhi, mintalah evaluasi

photo credit: hugoboss

Jika semua aturan dan standard kinerja telah kamu penuhi atau bahkan terlampaui, kamu wajib meminta evaluasi. Mintalah evaluasi atas semua item kinerjamu. Skor evaluasi tersebut bisa menjadi dasar untuk meminta kenaikan gaji.

BACA JUGA


Ingin Lebih Berbahagia di Tempat Kerja? Ini Dia 5 Caranya!

Ingin Lebih Berbahagia di Tempat Kerja? Ini Dia 5 Caranya!

Ingin karir melonjak agar pendapatan juga meningkat? Ini dia 5 cara agar lebih bahagia di kantor

Read more..

Berikut tadi adalah cara agar gajimu dinaikkan oleh perusahaan. Jadi, kamu tinggal melakukkannya semua cara tersebut dengan baik. Tetap semangat dan terus kerja keras ya Sahabat Moola!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sudah Lama Bekerja Namun Gaji Tak Kunjung Naik Juga? Berikut 5 Cara Agar Gajimu Dinaikan oleh Perusahaan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !