Pasti kita semua pernah mengalami bokek sebelum gajian, apalagi banyak kebutuhan yang mesti dipenuhi kan? Kadang suka pusing sendiri bagaimana cara mengatur keuangan agar tidak seperti ini terus-terusan. Nah, Moola punya tips nih tentang cara mengelola keuangan agar isi dompet tetap aman sampai gajian di akhir bulan. Simak yuk sekarang!

1. Stop Pemakaian Kartu Kredit

Photo Credit: job-like

Kartu kredit memang sangat membantu di saat-saat tertentu. Tapi yang bikin tidak tahan adalah godaan belanja yang serba gampang, misalnya belanja online. Kita tak perlu keluar rumah, tak perlu macet-macetan dan panas-panasan, tinggal pencet-pencet maka barang langsung diantar. Kadang ketika barang sudah di tangan, kita jadi menyesal karena tidak terlalu membutuhkan. Maka, cermat dalam pemakaian kartu kredit wajib diperhatikan.

2. Kurangi Jadwal Nongkrong

Setiap pulang kerja kamu tidak langsung ke rumah tapi malah mampir mall atau kafe? Kamu wajib waspada sebab itu adalah kegiatan menyenangkan yang berakhir penyesalan. Untuk menjaga agar dompetmu tetap aman hingga akhir bulan, cobalah mengatur waktu nongkrong dan kumpul bareng teman. Jika biasanya seminggu lima kali, kini dikurangi jadi dua kali saja. Selain itu, kamu bisa atur kegiatan nongkrong yang lebih bermanfaat misalnya dengan membangun networking dalam pergaulan.

3. Nabung Maksa

Photo Credit: Classy Ratchet

Cara ini bisa dilakukan dengan mengikuti asuransi investasi atau tabungan berjangka yang langsung dipotong dari rekening tabunganmu. Kalau kamu ikut asuransi investasi, biasanya dalam jangka waktu 5 tahun akan terlihat manfaatnya. Selain itu, asuransi juga dapat memberi manfaat jaminan kesehatan dan meninggal dunia yang dapat memudahkan hidupmu ke depannya. Tabungan berjangka juga bisa dipilih misalnya dengan mengikuti DPLK - Dana Pensiun Lembaga Keuangan yang bisa dicairkan jika usia sudah menyentuh angka 50 tahun ke atas.

4. Cari Uang Tambahan

Bagi yang 'besar pasak daripada tiang', maka mau gimana lagi caranya mencari tambahan penghasilan? Kamu bisa mencari uang tambahan dengan mencoba beragam bisnis menguntungkan dengan modal kecil-kecilan. Target marketnya tentu saja adalah orang-orang sekitar, jadi kamu jangan malas mempromosikan daganganmu ya!

BACA JUGA


5 Cara Meraup Untung dari Hobi Menonton Film

5 Cara Meraup Untung dari Hobi Menonton Film

Menonton film tidak hanya jadi hiburan yang murah meriah namun bisa membuat kita merasakan pengalaman baru dari cerita yang disajikan baik ...

Read more..

Bagaimana, Sahabat Moola? Tidak sulit, kan?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sudah Akhir Bulan, Inilah Caranya Agar Isi Dompet Tetap Aman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !