Stress gak sih kalau ada yang ulang tahun lalu kamu lupa kasih kado! Orang tua, pasangan, kakak, adik, sepupu, teman kuliah, sahabat dekat. Gimana caranya harus mengatur anggaran kado ulang tahun untuk segitu banyak orang? Simak tipsnya berikut ini!


Khusus Ring 1 harus ada hadiahnya dong! (Pixabay.com)

Ring 1 – the special people!

Ah tentu ada orang-orang spesial dalam hidup kita yang harus kita persiapkan kado ultahnya. Kado khusus untuk orang tua, kekasih hati belahan jiwa atau saudara kandung. Tentu ini perlu anggaran khusus. Siapkan saja dalam anggaran tahunanmu! Jadi saat menerima bonus dan THR jangan langsung dihabiskan ya. Selain untuk STNK, premi asuransi atau liburan tahunan, penghasilan tahunanmu juga berfungsi menjadi tabungan tersendiri agar dapat menghadiahi orang-orang terdekat kita.

Jenis hadiah yang satu ini bisa berupa hadiah barang favoritnya, sebuah pesta kejutan atau perjalanan ke destinasi impian!

Enaknya dengan mereka, kalau kita gak punya duit, mereka ngerti aja kok kalau kita gak ngasih kado. Jadi urusan memberikan kado itu bukan tuntutan dari mereka, tapi lebih karena kita ingin menunjukkan kasih sayang kita pada mereka. Jangan lupa ya. Kasih sayang gak selalu dalam bentuk hadiah kok!


Kado khusus

Untuk yang ini, mungkin tidak bisa setiap tahun kamu berikan. Kita bisa mengirimkan kado khusus untuk tahun-tahun khusus. Misalnya ultah ke-17, ultah ke-20, ultah ke-30, ultah ke-40 dan seterusnya. Jadi anggaran kado khusus tidak kita berikan setiap tahun kepada semua orang. Pilih-pilih juga siapa saja yang akan mendapatkan kado khusus. Anggaran kado khusus ini bisa lebih rendah dibandingkan kado untuk Ring1. Tapi yang penting kamu selalu menyediakan dana. Bisa ‘mencuri’ dari pos tabungan lifestyle-mu saja. Jadi angkanya bisa cukup besar tapi tidak memberatkan biaya hidup. Kalau perlu, kado khusus ini patungan! Kado ultah untuk Eyang di umur 80 tahun dari 15 orang cucu! Seru dan berkesan buat eyang.


Kado perhatian

Nah kado yang ini biasanya untuk teman – yang cukup akrab – tapi gak terlalu dekat. Teman satu grup WA misalnya? Untuk teman yang satu ini kita memberikan kado karena ingin memberikan perhatian aja. Jadi gak perlu anggaran khusus deh. Kamu bisa memasukkan anggaran kado perhatian ini dalam biaya bulananmu saja. Kadonya pun bis simpel banget. Misalnya kue ulang tahun, karangan bunga sederhana, atau sebuah kartu pos dari destinasi favorit!

Ah kalau ada uangnya, semua orang yang dekat dengan kita akan menerima kado ultah! Ingat kamu bukan Oprah Winfrey yang bisa colek sana sini lalu satu studio dapat mobil seorang satu! Jadi karena penghasilanmu terbatas, urusan kado ini pun perlu terbatas.


Kado kue ultah dari Cupcake Co (Dok. pribadi @mrshananto)

Tahukah kamu, semua orang saat berulang tahun itu senang sekali menerima hadiah. Walaupun hanya kartu ucapan, kiriman kue bertubi-tubi atau pelukan sayang dari orang tercinta. Jadi ayo pastikan kamu siapkan sesuatu!


Tips terakhir untuk kamu yang memang malas mengurus kado ultah! Kamu bisa saja beralasan – gak ngasih kado ultah, uangnya kamu berikan untuk sedekah. Belum tentu pacarmu percaya, tapi bisa dicoba! Yang penting niatnya tulus kan.


Bisa juga, kamu memang deklarasikan pada teman-teman. Kamu orang yang SELALU lupa kado ultah teman. Kompensasinya, kamu paling rajin belikan mereka oleh-oleh setiap kali kamu pergi dinas. Ehem. Sebetulnya yang terakhir itu, cerita saya pribadi sih!

Selamat menikmati mencari kado ultah untuk orang tersayang!

***


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Siapkan Kado Ultah Terindah Untuk Ortu, Pacar, Saudara Kandung, Teman Kuliah! Tapi Bayarnya Gimana?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !