Banyak orang membutuhkan uang untuk keperluan membuka usaha, kebutuhan sekolah anak, membeli obat-obatan, dan sebagainya. Untuk itu, banyak perusahaan, bank, koperasi, dan perorangan menawarkan pinjaman uang kepada yang memerlukan. Terkadang, bunga uang lebih besar dari nominal yang dipinjam. Akibatnya bunga lebih besar dari pinjaman, selama beberapa tahun orang yang meminjam uang sibuk bayar bunga pinjaman. Sampai-sampai uang pinjaman yang sebenarnya tidak bisa terlunasi.

Supaya tidak terjebak dalam permasalah peminjaman uang, sebaiknya sebelum meminjam uang tahu lembaga-lembaga peminjaman yang tidak memberatkan. Salah satu lembaga yang melayani peminjaman dan tidak memberatkan orang yang meminjam adalah Credit Union (CU). Berdasarkan pengalaman teman-teman di Kalimantan, Yogyakarta, dan keluarga di Sumatra Utara yang pernah meminjam uang di CU, ada beberapa keuntungan yang mereka peroleh, yaitu:

1. Bunga Pinjaman yang Rendah

Photo Credit: American Expert

Jika di beberapa bank bunga pinjaman sekitar 2% ke atas, berbeda dengan yang berlaku di Credit Union (CU) yakni sekitar 1,85%, dan bertambah bulan pembayaran bunga semakin berkurang. Tidak menutup kemungkinan pada akhir pembanyaran hanya 0,5% saja bunganya.

2. Tidak Mempunyai Batas Pembayaran

Di beberapa perusahaan atau bank yang memberikan pinjaman, seseorang yang telah meminjam uang harus membayar angsuran pinjaman bersama dengan bunga pinjaman tiap bulan sampai batas yang ditentukan. Di Credit Union (CU) agak sedikit berbeda aturannya, bagi seorang nasabah CU yang mampu membayar pinjamannya secara keseluruhan pada bulan 6 dari jangka angsuran selama 2 tahun, maka pihak CU memperbolehkan ia membayar nominal uang yang ia pinjam tanpa harus membayar bunga secara keseluruhan.

3. Sebagian Bunga Pinjaman Masuk ke Rekening Nasabah

Keuntungan ketiga yang diperoleh dari meminjam uang di Credit Union adalah hasil dari keseluruhan bunga pinjaman yang dibayar oleh nasabah akan masuk ke rekening miliknya sekitar 2-3%. Menguntungkan, bukan?

4. Tanpa Potongan

Photo Credit: Lynchburg Mortgage Loans

Beberapa pengalaman yang keluarga saya alami adalah ketika meminjam di bank sekitar Rp 100 juta, nominal uang yang dicairkan oleh bank tidak sepenuhnya Rp 100 juta, tetapi sekitar Rp 95 juta. Pemotongan pinjaman bisa karena pajak, potongan dari dinas terkait, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan di CU, jika seorang nasabah meminjam Rp 100 juta, maka uang yang akan didapatkan oleh nasabah yang meminjam adalah Rp 100 juta juga.

5. Proses Pecairan Dana Cepat

Beberapa bulan yang lalu, saudara saya meminjam uang di CU senilai Rp 20 juta. Proses pencairan dana cepat sekitar 3-4 hari saja.

BACA JUGA


Credit Union memang memberi banyak kenyamanan dan kemudahan bagi para nasabah. Apakah kamu tertarik, Sahabat Moola?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selain Mudah dan Cepat, Inilah 5 Keuntungan Meminjam Uang di Credit Union". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !