Buat yang pertama kali atau yang sudah pernah mengalaminya, menemukan apartemen yang sesuai dengan gaya hidup maupun anggaran bukan hal yang mudah. Sebelum menandatangani perjanjian sewa apartemen, pertimbangkan beberapa hal penting berikut ini ketika mencari apartemen.


Harga

Harga  - photo credit: s.hswstatic com
photo credit: s.hswstatic com

Pertanyaan pertama dan yang paling penting, “Apakah kamu mampu tinggal di apartemen tersebut?” Sebelum menjadikan sebuah unit apartemen sebagai tempat tinggal, kamu perlu serius memikirkan anggarannya. Lakukan sedikit riset online untuk mendapat gambaran tentang harga sewa di lingkungan tersebut. Bila kamu membayar harga tinggi untuk lokasi apartemen tertentu, maka kamu perlu temukan cara untuk mengurangi pengeluaran lainnya.

Cara lain, kamu bisa patungan bersama teman untuk menutup biaya sewa dan tinggal di unit yang sama. Ingat, bila harga sewa apartemen terlalu murah dibanding sewa apartemen lain di area yang sama, kamu perlu berhati-hati. Pastikan kamu tahu harga pasaran untuk sewa apartemen sebelum melihat unit yang kamu minati dan bernegosiasi soal harga.


Kualitas

Kualitas - photo credit: chapters.theiia.org
photo credit: chapters.theiia.org

Jangan langsung percaya ya dengan gambar yang kamu lihat di internet! Sebelum menyewa apartemen, kamu perlu melihat langsung unitnya. Kerusakan kecil seperti goresan pada dinding atau cat yang mengelupas bisa diperbaiki pengelola. Tapi masalah yang lebih rumit menjadi indikasi kalau apartemen tidak dirawat dengan baik. Sebelum menyewa apartemen, perhatikan masalah kesehatan serta keamanan seperti masalah serangga, keran bocor, air tidak jernih, cat timbal, penyaring udara yang kotor, sistem pendingin udara, jendela rusak, serta masalah listrik.


Pengelola

Pengelola  - photo credit: bewiserbusinessinsurance.co.uk
photo credit: bewiserbusinessinsurance.co.uk

Pengelola bisa membuat kamu memiliki pengalaman sewa apartemen yang menyenangkan, atau sebaliknya. Bila pengelola tidak bekerja profesional dan etika kerjanya kurang positif, ini akan jadi mimpi buruk untuk kamu. Demi mencegah ini terjadi, coba temui pengelola secara langsung atau setidaknya bicara pada mereka di telepon. Bila kamu pindah ke apartemen dengan tetangga yang sudah kamu kenal, pastikan untuk bertanya tentang pengalaman mereka dengan pengelola apartemen.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sedang Cari Apartemen? Ini Lho yang Perlu Kamu Jadikan Pertimbangan Sebelum Menyewa Apartemen!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !