Ramadan hampir saja berlalu, jangan sampai ketinggalan menikmati momen-momen terakhir bulan puasa, salah satunya dengan bersafari Ramadan yang lazim dilakukan saat ngabuburit menanti jam berbuka. Bagi kamu yang menghabiskan waktu libur dengan menjelajah Yogyakarta, atau anak kost yang sedang berhemat jelang mudik Lebaran, yuk kunjungi 5 masjid besar yang menyediakan takjil gratis dengan menu-menu spesial dan bikin kenyang!

1. Masjid Gede Kauman, Melahap Nasi Bungkus Jumbo dan Gulai Kambing

Photo Credit: Rappler

Masjid paling terkenal di kota pelajar ini disebut juga Masjid Raya Kesultanan. Terletak di sebelah barat Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta, lokasinya sangat ramai dipadati para pelancong dan perantauan yang mencari takjil gratisan. Ada menu berupa nasi bungkus berukuran jumbo dan tongseng kambing setiap hari Kamis. Jangan lupa ya, menu spesial tersebut bisa kamu nikmati secara gratis!

2. Masjid Jogokariyan, Hangatnya Sop Ayam dan Rawon yang Bikin Kenyang

Photo Credit: Wonderful Island

Berlokasi di Mantrijeron, Masjid Jogokariyan merupakan salah satu masjid yang juga jadi jujugan saat bulan puasa, khususnya jelang waktu berbuka. Di sini, banyak kegiatan yang bisa kamu ikuti sambil menanti adzan seperti talkshow, seminar dan diskusi. Setelahnya, kamu akan disuguhi menu-menu yang lezat dan bervariasi setiap hari. Sebut saja soto, gudeg, sop ayam, hingga rawon yang tersedia sebanyak 1200 porsi. Wah, baik sekali, ya!

3. Masjid Kampus Ahmad Dahlan, dari Tongseng sampai Rica-rica

Photo Credit: Info Jogja/Twitter

Masjid milik salah satu kampus Islam bergengsi di Yogyakarta ini bahkan membuat daftar menu lezat untuk berbuka puasa selama sebulan. Tak tanggung-tanggung, makanan yang disediakan adalah tongseng kambing, sate, nasi ayam, nasi rames, nasi padang, hingga rica-rica enthog yang dibagi secara gratisan. Usai menikmati sajian, kamu bisa tadarusan sambil menanti waktu tarawih datang.

4. Masjid Nurul Islam Jakal Menyediakan Nasi Padang Gratisan

Photo Credit: Instagram @riza_kasela

Anak kost yang bokek jelang Lebaran patut berbahagia jika menjadi jamaah Masjid Nurul Islam. Betapa tidak, masjid yang terletak di Jalan Raya Kaliurang KM 6,5 ini menyediakan menu nasi padang untuk berbuka puasa. Wah, kebayang dong lezatnya makan rendang! Selain mengenyangkan, kamu bisa berkenalan dengan teman-teman baru yang senasib sepenanggungan, yakni para pemburu takjil (PPT) gratisan!

5. Masjid At-Taqwa Minomartani Mengajakmu Makan Prasmanan

Photo Credit: Twitter @Jami_At_Taqwa

Yang berada di Ngaglik, Sleman, Masjid At-Taqwa tak tanggung-tanggung membagi kebahagiaan. Sebab, kamu akan diajak berbuka puasa prasmanan dan tentunya gratisan. Masjid yang sering mengundang pembicara terkenal semacam Tere Liye untuk memberikan seminar ini bisa jadi tujuan bersafari Ramadan yang tepat. Selain ilmu didapat, takjilnya juga lezat. Di 10 malam terakhir pun disediakan sahur khusus bagi kamu yang beritikaf agar khusyuk bermunajat. Kurang baik apa coba?

BACA JUGA


Berburu Takjil, Aneka Makanan Berbuka dan Sahur di Jakarta

Berburu Takjil, Aneka Makanan Berbuka dan Sahur di Jakarta

Jam makan di bulan Ramadan berubah, berpengaruh juga pada jam memasaknya. Bagi yang sibuk dengan berbagai aktivitas, jelas tak mudah untuk ...

Read more..

Nah, itulah 5 masjid di Yogyakarta yang jadi jujugan para pemburu takjil gratisan. Selamat bersafari Ramadan dan menyongsong datangnya kemenangan, semoga ibadah kita selalu diberi kelancaran.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Safari Ramadan, 5 Masjid di Yogyakarta yang Menyediakan Takjil Gratis dengan Menu Spesial". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !