Apa yang harus dihentikan millennial kalau ingin membeli rumah? Kata milioner dan pengusaha top real estate dari Australia sih, stop beli roti panggang alpukat. Itulah nasihat Tim Gurner dalam acara "60 Minutes". Komentar itu langsung mengundang berbagai cemoohan di internet.

Menurut studi NerdWallet, cuma 32% pembeli rumah yang juga adalah pembeli pertama di tahun 2016. Studi terkini dari HSBC mengatakan kalau hanya 35% millenials Amerika yang punya rumah. Di Australia malah cuma 28%.

Gurner bercerita, saat dia mencoba beli rumah pertama, rencana keuangannya nggak berantakan karena beli alpukat seharga 19 dolar dan 4 kopi seharga masing-masing 4 dolar. Secara implisit Gurner menilai harga alpukat dan kopi itu terlalu mahal buat calon pembeli rumah.

Roti panggang alpukat jadi tren di dunia sejak tahun 2014. Bagi sebagian orang, roti itu seperti makanan mewah para dewa yang tak terjangkau. Namun bagi sebagian orang yang terjebak hasrat untuk terus mengunggah foto Instagram, makanan mewah itu menjadi obsesi yang harus dipenuhi.

Brunch dengan roti panggang alpukat dan kopi di kafe menjadi sebuah keharusan agar tetap eksis. Brunch adalah istilah untuk waktu makan di antara sarapan dan makan siang, yang merupakan gabungan kata dari breakfast and lunch.

Photo Credit: Startic Domain

Gurner menilai harapan generasi muda saat ini sangat tinggi. Mereka mau makan di luar setiap hari, jalan-jalan ke Eropa tiap tahun. Sedangkan, orang-orang yang punya rumah hari ini bekerja sangat keras. Mereka melakukan apa saja demi memiliki rumah, seperti menabung dan berinvestasi.

Gurner menuding TV show seperti "The Kardashians" sebagai kemungkinan penyebab gaya hidup boros generasi millennial. Mereka menganggap gaya hidup mewah keluarga Kardashian dan punya mobil Bentley sebagai sesuatu yang normal saja.

Gurner membandingkan pengalamannya saat dia merencanakan membeli rumah pertama. Saat dia memulai bisnis pertamanya di usia 19 tahun, Gurner mengawali kegiatannya di pagi hari. Pukul 6 pagi dia sudah ada di tempat fitness. Kegiatan kesehariannya selesai pada pukul 10.30 malam.

Rutinitas seperti itu dilakukan Gurner selama tujuh hari seminggu sampai dia membeli rumah pertama. Tidak ada waktu ngobrol dan waktu untuk memikirkan “apakah saya bisa sarapan di luar?” atau “apakah saya bisa makan malam di luar?”. Yang dia pikirkan hanya bekerja.

Cerita Tim Gurner mungkin berdasarkan pengalaman di luar negeri. Konsumsi roti panggang alpukat belum jadi tren di Indonesia. Tapi inti dari nasihat Gurner bisa jadi renungan buat millennial di manapun. Kelola konsumsi ngopi di kafe dan gaya hidup pada umumnya dengan ketat kalau mau beli rumah.

Dasar dari ilmu ekonomi adalah kelangkaan. Kelangkaan menyebabkan kita harus menentukan prioritas. Oleh karena itu kalau prioritasnya beli rumah, maka keinginan lain seperti ngopi di kafe harus dikelola dengan disiplin. Bukan nggak boleh ngopi di kafe, tapi harus diatur saja. Cukup sebulan sekali, misalnya.

Jadi itu nasihat dari raja property asal Australia buat generasi millennial yang mau punya rumah. Nasihat yang jleb dan terkesan agak menggurui sih. Namun kalau mau punya rumah, nasihatnya memang patut dipikirkan dengan terbuka.

BACA JUGA


Penting! 3 Hal tentang Finansial Ini Harus Dibicarakan Sebelum Kamu Menikah!

Penting! 3 Hal tentang Finansial Ini Harus Dibicarakan Sebelum Kamu Menikah!

"Ketika berbicara mengenai uang, acuh bukanlah sikap yang baik. Apa yang tidak kamu ketahui dapat menyakitkan dirimu sendiri." - Sandra S. ...

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Roti Panggang Alpukat dan Impian Memiliki Rumah Bagi Generasi Millenial". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !