Kamu suka bernyanyi? Atau jago main instrumen musik dan menjadi anggota band? Daripada bakat bernyanyi dan kadar keren band kamu terpendam begitu saja, lebih baik ditunjukkan lewat rekaman lagu.

Kalau begitu, harus rekaman dulu dong di studio mahal yang kualitasnya bagus? Harus keluar uang banyak, belum lagi kalau lagu yang diproduksi nggak laris di pasaran seperti lagu-lagu mainstream lainnya.

Ternyata, untuk melakukan rekaman musik kita nggak perlu menyewa studio mahal-mahal kok. Cukup dengan langkah-langkah di bawah ini, kamu bisa merekam lagumu sendiri dengan biaya yang seminimal mungkin.


1. Siapkan Komputer

Photo credit: DIY Video Guy

Komputer sangatlah penting untuk dimiliki sebelum memulai proses rekaman. Komputer ini nantinya akan digunakan untuk tunner, pemilihan fx guitar maupun bass, drum, editing, mixing, dan mastering. Komputer yang digunakan harus memiliki soundcard di dalamnya. Kecepatan prosesor dan ukuran memori di dalam komputer juga harus diperhatikan. Komputer dengan sistem operasi Windows ataupun Mac sama-sama bisa digunakan, tetapi Windows biasanya akan lebih mudah untuk melakukan upgrade sound card.


2. Berinvestasi dalam Software Recording

Photo credit: Brian Wahl Music

Software recording berguna untuk mengatur rekaman suara yang telah kamu buat. Software recording ini ada macam-macam jenisnya dengan kualitas dan harga yang juga bervariasi. Untuk pemilihan software recording ini, ada baiknya kamu berinvestasi dengan software yang lebih mahal tetapi memiliki kualitas yang bagus dan memiliki fungsi dan fleksibilitas yang lebih beragam. Ableton Live dan Cakewalk Sonar adalah dua software dengan harga dan kualitas premium yang dapat kamu coba untuk menghasilkan kualitas rekaman yang bisa bikin kamu dilirik produser-produser ternama.


3. Pemilihan Mikrofon

Photo credit: Source Enterprises

Agar suaramu semakin terdengar dan mengurangi noise yang ada di sekitar, pemilihan mikrofon yang sesuai dengan kebutuhan menjadi hal yang penting. Mikrofon jenis konsender biasanya paling tepat digunakan untuk rekaman di rumah karena suara yang dihasilkan lebih jernih dan natural. Jika tidak punya, kamu juga bisa menggunakan mikrofon dynamic yang dapat digunakan untuk merekam vokal maupun instrumen.


4. Headphone Rekaman

Photo credit: The Cool Music Stuff

Headphone dibutuhkan untuk memonitor kebutuhan vokal. Kalau kamu ingin melakukan rekaman sendiri, sangat dianjurkan untuk memiliki headphone khusus rekaman yang bisa kamu temukan di toko-toko musik dengan harga yang relatif terjangkau.


5. Rekam Suaramu

Photo credit: beginagainfilm

Sekarang waktunya kamu untuk bernyanyi atau menunjukkan kemampuan bermain instrumen musikmu, deh! Pastikan jarak mikrofon dengan sumber suara tidak terlalu dekat dan juga tidak terlalu jauh. Suara sekecil apapun dapat tertangkap ketika melakukan rekaman, untuk itu kamu harus bisa membuat ruangan rekamanmu menjadi soundproof selama beberapa saat dengan bantuan alat-alat sederhana di rumah seperti karpet yang bisa meredam suara. Jika kamu malah menyukai suara di sekitar dan merasa suara-suara tersebut akan membuat lagumu semakin berkesan, kamu bahkan bisa melakukan rekaman di jalan seperti film Begin Again! Seru banget, kan?

BACA JUGA


Awas! 5 Hal Ini Dapat Menyebabkan Proses Branding Online Shop Berakhir Sia-sia

Awas! 5 Hal Ini Dapat Menyebabkan Proses Branding Online Shop Berakhir Sia-sia

Inilah 5 hal yang dapat menyebabkan proses branding online shop kamu berakhir sia-sia

Read more..

Itu dia cara-cara membuat rekaman musikmu sendiri tanpa memerlukan studio dengan harga mahal. Sudah pernah melakukannya? Share pengalamanmu di kolom komentar ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rekaman Musik ala Film Begin Again Tanpa Studio Mahal? Begini Caranya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !