e-Money secara sederhana bisa diartikan sebagai alat pembayaran elektronik atau juga disebut uang elektronik. Biasanya, uang elektronik ini hadir sebagai data yang tersimpan dalam medium tertentu. Bentuknya adalah sebuah data digital. Seperti misalnya yang tersimpan dalam sebuah chips pada kartu. Oleh karena itu, e-Money juga sering disebut sebagai digital cash dan digital money. e-Money ini sudah banyak digunakan dimana-mana. Dari mulai urusan pembayaran tarif tol sampai belanja di minimarket.

Sedangkan untuk urusan keamanan, kamu tak perlu khawatir. Karena menurut ilmu kriptografi, e-Money cukup aman untuk digunakan. Karena, pembobolan atau peretasan data sangat sulit dan hampir mustahil untuk dilakukan. Sehingga bisa dipastikan keamanan uang kamu sangatlah terjamin sekali.

Tapi, sayangnya beberapa waktu yang lalu muncul polemik di masyarakat tentang e-Money. Bukan karena faktor keamanannya, tapi lebih kepada potongan biaya yang dibebankan kepada pengguna. Karena memang betul, bahwa setiap top up e-Money, pengguna dikenakan biaya. Namun, tentu biayanya murah. Biayanya seperti biaya administrasi pada rekening di bank.

Lagi pula, biaya administrasi dari potongan top up e-Money itu nantinya diperuntukkan untuk pengembangan teknologi ini. Maka, sebaiknya kamu tak perlu khawatir dan merasa dirugikan. Selain itu, e-Money itu punya banyak manfaat yang memudahkan segala bentuk traksaksi kita. Yuk, simak beberapa manfaatnnya.

1. Praktis

photo credit: smart money

Praktis. Tentu saja ini adalah manfaat yang pertama dari penggunaan e-Money. Dari sisi kepraktisan, sebenarnya e-Money memang sangat praktis ketimbang uang fisik. Dalam dompet, kamu cukup menyelipkan kartu e-Money saja, dan beberapa recehan. Karena semua transaksi bisa dilakukan dengan praktis.

2. Tanpa uang kembalian

photo credit: lintas parlemen

Jika kamu pernah mengeluh ketika berbelanja di minimarket tidak ada kembalian atau kembaliannya permen, dengan e-Money masalahmu ini bisa teratasi. Karena, dengan e-Moenya kamu tak perlu lagi bingung dengan uang kembalian. Karena semuanya akan terpotong sampai dengan nilai terkecil tanpa uang kembalian. Asyik bukan?

3. Sangat aplikatif

photo creditL detik inet

e-Money ini juga terbukti sangat aplikatif. Bisa digunakan dimana saja. Dari urusan membayar tarif uang tol sampai belanja di minimarket. Kamu bahkan bisa mengkonversi e-Money menjadi uang digital di internet untuk kemudian kamu gunakan untuk berbelanja.

4. Aman

photo credit: security magazine

Seperti ditekankan di awal, bahwa kamu tak perlu khawatir dengan keamanan penggunaan e-Money ini. Sebab, e-Money ini sudah terjamin keamanannya. Jadi, tak perlu takut dibobol.

Berikut tadi adalah beberapa manfaat e-Money. Kini, rasanya polemik tentang tarif biaya top up e-Money itu tak perlu diributkan lagi. Karena memang sebanding dengan manfaatnnya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ramai Polemik E-Money, Inilah 4 Manfaat E-Money yang Perlu Kamu Ketahui!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !