Apa jadinya kalau pasanganmu doyan belanja?

Apakah kamu sering bertengkar dengan dia?

Atau kamu malah jadi ikut semangat belanja dan kacaulah keuanganmu bersama-sama?


Mari gunakan sebuah trik unik bernama #AkuJuga!

Apa ya ini? Yuk kita coba.


Jangan dilawan!

Saat pasangan doyan belanja, percuma saja kita lawan. Jadi kalau dia tiba-tiba bilang ingin beli sesuatu, kamu cukup menjawab dengan....

"Aku juga mau!"


Jadi saat pasanganmu ingin beli sesuatu, kamu pastikan dia tahu bahwa kamu juga akan membelanjakan uang yang sama untuk dirimu sendiri.


Misalnya. Saat si dia ingin beli sepatu pumps merah marun yang cocok dengan setelan kebaya. Kamu harus memastikan, dia mengijinkanmu membelanjakan uang seharga yang sama untuk apapun!


Tampak mudah dan tidak menyakitkan jika pembelanjaannya saat jumlahnya tidak terlalu besar. Tapi kalau angkanya mulai melebihi Rp1.000.000, tentu si pasangan akan mulai berpikir. Lho kok jadi dobel gini ya????


Coba cek contoh menyakitkan berikut ini.

"Aku pengen motor baru, deh. Sudah dibuka tuh preorder-nya. Keren lho body-nya, cc-nya gede, powernya oke. Cuma 15 juta kok."

Daripada tarik urat eyel-eyelan membahas betapa tidak perlunya beli motor ketiga walaupun sudah punya mobil dua, lebih baik balas dengan santai!

"Oke. Aku juga ya! Aku mau travelling, nonton konser, belanja barang branded. Tapi dibayarin kamu, ya! Cuma 15 juta kok."


Kenapa #AkuJuga dapat menyakitkan? Karena jika kita mengeluarkan uang untuk hal yang kita suka, hati terasa ringan, sehingga pengeluaran tadi tampak kecil jika dibandingkan dengan kesenangan dan kepuasan yang kita dapat. Berbeda jika kita mengeluarkan uang untuk hobi orang lain, yang tidak ada kepentingan kita di dalamnya. Apalagi jika kita tidak suka. Kita akan lebih rasional, lebih perhitungan, dan pastinya lebih kritis dalam menempatkan skala prioritas.


Ini kan duit bersama!

Kalau sudah menikah, itu duit milik bersama lho.

Mau gak mau, kita harus memikirkan juga bagaimana perasaan pasangan kita saat kita asyik menghabiskan uang untuk kesenangan sendiri. Saat situasinya dibalik, belum tentu kita bisa sesabar dia. Oleh karena itu, ayo bahas keuangan bersama!


Tanggung jawab keuangan adalah tanggung jawab bersama suami dan istri. Jika salah satu tidak memikirkan kerusakan yang terjadi atas pengeluaran hura-hura yang tak terkendali, maka kekacauan akan ditanggung bersama juga.


Dengan begitu, trik #AkuJuga seharusnya memberikan akibat langsung ya!

Kalau kamu ingin membelanjakan uang Rp3.000.000 untuk sesuatu yang hanya kamu nikmati sendiri, apakah kamu sanggup kalau giliran dia yang minta ijin menghabiskan uang sebesar itu untuk dirinya sendiri. Atau yang lebih menyakitkan, apakah kalian berdua sanggup menghabiskan sekaligus Rp6.000.000 dalam waktu bersamaan untuk kesenangan masing-masing.


Kalau mampu ya gak masalah.

Yang masalah kan saat ini semua menjadi pertengkaran antara pasangan hanya karena hal kecil yang ternyata sangat mengganggu.


Memang sih, tergantung pada bagaimana pasangan mengatur uang bersama. Ada yang menganut 'semua milik bersama', jadi jika sama-sama bekerja maka total penghasilan sama dengan jumlah uang yang dimiliki bersama. Jika demikian maka pengeluaran satu orang akan ditanggung oleh dua orang. Sakit bersama.

Ada pula yang menganut "penghasilan suami atau pencari nafkah primer adalah milik bersama dan penghasilan istri atau pencari nafkah sekunder adalah milik istri sendiri". Jika kesepakatannya adalah istri terserah belanja apa saja dengan uangnya dan suami tidak akan ikut campur ya prinsip #AkuJuga ini hanya berlaku jika sang suami hendak berbelanja tersier.

Dan kembali ke awal tadi, akan berlaku kalau keduanya berakal sehat. Jika keduanya sama-sama hobi belanja, saling menyemangati, dan tidak peduli apakah bulan depan bisa bayar tagihan ponsel atau tidak, ya 'good luck!'

Yuk bagikan terus tips ringan berdasarkan pengalaman pribadimu! Bersama MoolaID, tidak perlu jadi pakar untuk turut berbagi! Saya tunggu komentarmu atas artikel ini ya!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Punya Pasangan Doyan Belanja? Inilah Trik Menaklukkan Nafsu Belanja Pasanganmu. Katakan #AkuJuga!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !