Tapi pernahkah terpikirkan oleh kamu jika ternyata produk yang sudah disediakan itu tidak laku atau bahkan tak disenangi oleh para konsumen? Wah pasti pusing sekali itu.

Dalam dunia bisnis, untung dan rugi merupakan hal yang biasa. Tapi yang menjadi concern para pelaku usaha di luar sana adalah apakah produk yang mereka jual itu laku atau tidak di pasaran luas. Jika laku, syukurlah. Kalau tidak laku? Tentu kita akan menjadi uring-uringan, bukan?

Tapi tenang saja, berikut adalah beberapa penyebab yang mengakibatkan produk kamu tidak begitu laku di pasaran. Apa sajakah hal itu?


Produk yang kamu jual harganya kemahalan!

Produk Yang Kamu Jual Harganya Kemahalan! - Photo Credit: iStock
Photo Credit: iStock

Mahal merupakan sebuah hal yang ditakutkan oleh para konsumen kamu. Apalagi kalau produk yang kamu jual itu memiliki kualitas yang biasa saja. Wah bisa marah konsumen! Untuk mengatasi hal ini, pastikan dahulu harga produk yang kamu jual masih dalam batas wajar dan jangan lupa untuk melakukan riset harga ke produk saingan atau produk sejenis untuk bisa menentukan harga yang pas dan diinginkan oleh para konsumen tanpa merugikan kamu.


Kamu salah memilih target penjualan!

Kamu Salah Memilih Target Penjualan! - Photo Credit: Pinterest
Photo Credit: Pinterest

Target konsumen merupakan sebuah hal yang krusial jika kamu menginginkan produk yang dijual laku di pasaran. Oleh karena itu, pilihlah segmen pasar yang pas dengan produk yang ingin kamu jual. Selalu lakukan riset pasar terlebih dahulu dan tentukan target konsumen produk-produk kamu sebelum memasarkannya secara luas. Misal kamu menjual sepatu laki-laki, pastikan kamu tahu target pasar kamu, jangan pernah jual sepatu laki-laki kamu ke perempuan karena itu tidak nyambung.


Kamu kurang melakukan promosi

Kamu Kurang Melakukan Promosi - Photo Credit: Pinterest
Photo Credit: Pinterest

Ada banyak cara untuk berpromosi atau beriklan, baik itu lewat surat kabar, televisi, radio, sampai internet. Promosi merupakan hal yang penting dalam dunia bisnis, semua pengusaha wajib mengetahui hal ini. Apabila produk kamu tidak laku di pasaran, maka penyebab lainnya adalah kurangnya promosi yang dilakukan sehingga produk yang dijual kalah saing dengan produk lain.

Jika kamu ingin mempromosikan produk-produk yang dimiliki, harus disertai dengan rencana atau analisis yang matang. Jangan sembarang melakukan promosi, percuma jika produk kamu memiliki kualitas yang oke jika ternyata promosi yang dilakukan asal-asalan dan tak sesuai dengan target. Jangan pernah takut mengeluarkan dana untuk promosi atau endorse, karena yang nantinya untung adalah kamu!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Produk yang Kamu Jual Nggak Laku? Mungkin Beberapa Hal Ini Jadi Penyebabnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !