Resepsi pernikahan impian bak negeri dongeng yang baru dilaksanakan selebgram dan youtuber, Rachel Vennya dengan tunangannya Niko berhasil membuat semua orang berdecak kagum sekaligus iri. Resepsi pernikahan itu pun langsung menjadi #weddinggoals bagi banyak orang, apalagi bagi kamu yang berencana melangsungkan pernikahan dengan pasangan dalam waktu dekat. Sayangnya, budget yang dikeluarkan untuk pernikahan mewah dengan konsep negeri dongeng semacam itu juga jauh dari kata sedikit. Bagaimana dong nasibnya kita-kita yang ingin mewujudkan pernikahan impian dengan budget terbatas?

Eits, tenang dulu. Pernikahan ala pasangan Rachel-Niko ini bisa kamu wujudkan kok dengan versi murah lewat 7 cara di bawah ini!


1. Tentukan Budget

Photo credit: Qouizzle Blog

Sebelum mulai merencanakan pernikahan impianmu, tentukan dulu budget yang bisa kamu keluarkan bersama pasangan. Hal ini tentunya agar kamu bisa merencanakan pernikahan impian dengan tetap realistis. Kemudian dari budget yang sudah ditentukan, baru deh kamu bisa memulai berbelanja dan mem-booking mulai dari tempat, pakaian, sampai souvenir pernikahanmu.


2. Tentukan Undanganmu

Photo credit: Pinterest

Jika pernikahan Rachel dan Niko mengundang banyak orang mulai dari artis-artis ibukota sampai youtubers dan fans-fans Rachel, kamu bisa cukup mengundang teman-teman dan kerabat terdekat untuk hadir di pesta pernikahan impianmu. Selain lebih terasa hangat dan dekat karena kamu benar-benar mengenal orang-orang yang kamu undang, kamu juga jadi bisa meminimalisir budget, deh.


3. Persiapan dari Jauh-jauh Hari

Photo redit: Warwick House

Untuk mewujudkan pernikahan ala negeri dongengmu, persiapan dari jauh-jauh hari diperlukan agar bisa menghemat budget pernikahan. Kamu bisa memulai dari menentukan tanggal pernikahan dengan menghindari musim-musim pernikahan. Selain budget akan lebih mahal, jika kamu ingin menyewa gedung atau taman di musim pernikahan juga akan sulit karena telah banyak di-booking oleh orang lain. Pemesanan tempat juga menjadi hal penting yang harus dilakukan sejak jauh-jauh hari. Untuk mewujudkan gaun putri kerajaan ala Rachel-Niko, kamu juga harus memesan gaun dari jauh-jauh hari di penjahit langgananmu. Bulan Maret-Juni adalah bulan yang tepat jika kamu ingin berbelanja bahan-bahan pakaian, karena harganya biasanya lebih murah dari waktu-waktu lain.


4. Tentukan Lokasi

Photo credit: Velucy

Lokasi pernikahan impianmu bisa dilakukan di mana saja. Jika kamu memiliki rumah yang cukup luas dan ada tamannya, tidak ada salahnya mengadakan pernikahan di taman rumah dengan mengundang orang-orang terdekatmu saja. Tetapi jika budget-mu mencukupi untuk menyewa gedung atau taman outdoor, kamu bisa memesannya dari jauh-jauh hari. Dalam pemilihan lokasi, perhatikan juga tanggal pernikahanmu. Kalau kamu akan menikah di musim hujan, lebih baik jangan memilih lokasi pernikahan outdoor. Dekorasi untuk lokasi pernikahanmu juga harus diperhatikan. Tidak perlu dekorasi yang besar dan mewah, karena dekorasi tersebut nantinya juga belum tentu akan digunakan lagi.


5. Pilih Paket Pernikahan

Photo Credit: Ever After Guide

Ketika kamu memesan gedung untuk lokasi pernikahan atau menggunakan jasa wedding organizer, biasanya mereka juga akan menawarkan paket pernikahan yang terdiri mulai dari lokasi, katering, sampai dekorasi. Paket pernikahan seperti ini akan jauh lebih murah dan tentunya lebih praktis daripada kamu harus memesan lagi satu-satu secara terpisah.


6. DIY Undangan dan Souvenir

Photo credit: Decoist

Kalau kamu memiliki cukup waktu dan suka melakukan kreasi-kreasi DIY, buat sendiri undangan pernikahan dan souvenir yang akan diberikan kepada tamu-tamu undanganmu. Selain lebih terasa personal karena dibuat handmade, kamu juga bisa memotong budget untuk keperluan lain yang lebih penting untuk mewujudkan pernikahan impianmu. Banyak ide-ide kreasi membuat undangan pernikahan dan souvenir yang bisa kamu temukan di internet dan kamu juga bisa membuat kreasi lain yang jauh lebih unik dari itu. Kalau mau, kamu juga bisa iseng-iseng membuat dekorasi pernikahan sendiri yang akan kamu simpan dalam waktu lama bersama pasangan.


7. Pergunakan Link Pertemanan

Photo credit: She Knows

Teman dekatmu di SMA sekarang menjadi seorang wedding organizer, sahabatmu di kuliah dulu sekarang mengelola usaha katering. Kenalan dari teman dekatmu ternyata seorang penyanyi indie ibukota. Lewat link-link pertemananmu tersebut, kamu bisa banget deh memangkas budget pernikahanmu. Selain kamu bisa mempromosikan dan menyukseskan usaha teman, kamu juga bisa meminta potongan biaya harga teman. Untuk pengisi acara di pernikahanmu, kamu tidak perlu muluk-muluk ingin mengundang Raisa seperti pernikahan Rachel-Niko. Kalau kamu punya teman yang merupakan seorang wedding singer atau sekadar memiliki suara bagus, minta tolong kepada mereka untuk mengisi acara pernikahanmu.

BACA JUGA


Jika Cinta Mengapa ada Rahasia ? Cara Ampuh Membangun Komunikasi dengan Pasangan Supaya Api Cinta tetap Membara

Jika Cinta Mengapa ada Rahasia ? Cara Ampuh Membangun Komunikasi dengan Pasangan Supaya Api Cinta tetap Membara

Perselisihan yang biasanya terjadi terhadap pasangan antara lain adalah karena masalah komunikasi. Tapi herannya, seringkali uang dijadikan ...

Read more..

Itu dia 7 hal yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan pernikahan impian dengan budget hemat. Mungkin tidak akan semewah pernikahan Rachel-Niko, tetapi selama kamu dan pasangan saling menyayangi, semua itu tidak masalah bukan?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pernikahan ala Rachel-Niko dengan Budget Terbatas, Bisa Nggak Ya?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !