Menabung adalah sebuah upaya proteksi keuangan jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Dengan menabung, kita akan memiliki dana cadangan yang sangat berguna bagi persiapan masa depan. Para pekerja pemula dianjurkan menyimpan setidaknya 25% dari gajinya. Dengan besaran simpanan tersebut, diharapkan mampu dialokasikan untuk tabungan sekaligus investasi. Nah jika kamu masih sulit untuk melakukannya, maka berikut MOOLA berikan bocorannya!

1. Pisahkan rekening tabungan

Photo Credit: iStock

Kamu yang masih kesulitan menabung, biasanya karena uang masih tercampur. Antara dana belanja, hiburan, dan tabungan, semua masih ada pada satu rekening tabungan. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memisahkan rekening sesuai dengan kebutuhan. Misalnya akun rekening A khusus untuk dana sehari-hari, dan kamu membuka rekening B yang khusus menyimpan dana tabungan dan investasi.

2. Menabung di awal gajian, bukan sisanya

Waktu terbaik untuk menabung sebaiknya adalah di awal gajian, dan bukan menunggu sisa di akhir bulan. Dengan demikian, kamu bisa menentukan jumlahnya di setiap bulan dan tidak ada lagi alasan kehabisan uang hingga tidak mampu menyisihkan.

3. Catat setiap penghasilan dan pengeluaran, sekecil apapun jumlahnya

Photo Credit: iStock

Ini sangat penting, Sahabat Moola. Terkadang kita tidak tahu kemana larinya uang yang sudah kita cari dengan susah payah, tahu-tahu uang di rekening sudah ludes semua. Untuk menghindarinya, buatlah pembukuan yang khusus merekam besarnya penghasilan dan pengeluaran. Sekecil apapun jumlahnya tetap harus ada laporannya. Hal ini juga akan membantu kamu untuk 'introspeksi' dari pengeluaran atau pembelanjaan yang kurang perlu sehingga tidak perlu diulangi lagi ke depannya.

4. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Terutama bagi perempuan, seringkali mengedepankan rasa emosional saat sedang belanja bulanan atau jalan-jalan ke mall. Saat melihat sebuah barang yang sudah lama diincar, kaum perempuan biasanya sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan yang berujung pada pemborosan. Bila kamu tidak mau lagi 'kecolongan', maka tegaslah pada diri sendiri agar tidak melakukan pembelanjaan atas dasar keinginan semata.

5. Menambah bisnis sampingan

Photo Credit: UC News

Last but not least, cara ampuh untuk menabung 25% dari gaji bulanan adalah dengan menambah bisnis sampingan. Saat ini ada banyak sekali peluang yang bisa kamu jalankan, dan bisnis sudah bisa dimulai dengan modal minimal. Sedikit demi sedikit keuntungan yang kamu dapatkan akan membantu mencukupi kebutuhan bulanan sehingga gaji pokok dari perusahaan bisa masuk dalam rekening tabungan. Beres, kan?

BACA JUGA


Batal Menikah, Lihatlah Apa yang Rina Lakukan dengan Uang Tabungan

Batal Menikah, Lihatlah Apa yang Rina Lakukan dengan Uang Tabungan

Tidak ada seorangpun ingin cintanya gagal, terutama yang hampir melangkah ke jenjang pernikahan

Read more..

Sahabat Moola, itulah 5 cara agar bisa menabung setidaknya 25% dari gaji yang kita dapatkan per bulan. Ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan, bukan? Semoga bermanfaat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pekerja Pemula Dianjurkan Menyimpan 25% dari Gajinya. Jika Belum Sanggup Melakukan, Berikut Moola Beri Bocoran!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !