Berapa budget harian kamu kalau ke Bali?

Bisa gak sih di bawah Rp500ribuan?

Tanpa makan pinggir jalan dan jadi gembel di sana ya.


Bisa kok asal kamu rencanakan dulu dengan tertib. Berikut ini adalah daftar pengeluaran yang bisa kamu siapkan saat berlibur di Bali. Semua hitungan dibuat tahun 2017 dengan area jalan-jalan sekitar Kerobokan, Bali.



Makan siang

Pilihan makan siang di Bali tentu banyak banget. Area Kerobokan sekarang lagi hits banget dengan banyaknya restoran, bistro, cafe dan bakery. Salah satu yang pasti instagramable banget adalah Livingstone.

Livingstone - Kerobokan, Bali. Photo: @mrshananto

Tempatnya luas dengan langit-langit tinggi dan jendela kaca yang lebar. Jadi hasil photo kamu serba terang dan ceria sesuai suasana hati kalau lagi di Bali. Resto ini punya bakery juga jadi kalau mau makan snack aja yang paling terkenal adalah “roti semangka”. Tapi mau makan burger di sini juga enak. Ngopi juga enak. Kira-kira untuk porsi makan siang plus minum es kopi akan menghabiskan Rp110.000/ orang.

Biaya = Rp110.000/ orang



Makan es krim

Makanan manis paling asyik di Bali ya jajan es krim. Ada Gusto Ice Cream yang lagi terkenal-terkenalnya nih. Masuk ke sana kamu akan menemukan antrian panjang menuju counter. Bayar dulu sesuai pilihanmu. Mau pakai cone atau cup. Lalu antri untuk memilih rasa es krim.

Gusto Ice Cream - Kerobokan, Bali. Photo: @mrshananto

Gusto terkenal karena berani menyajikan es krim dengan berbagai rasa. Ada rasa kemangi! Ada rasa bika ambon! Ada juga es krim duren yang dibungkus terpisah supaya gak mengganggu rasa es krim lain. Setelah pilih es krim kamu bisa duduk di dalam atau di teras belakangnya yang luas. Harga es krim dipatok Rp24.000 per cone untuk 2 rasa.

Biaya = Rp24.000/ orang



Belanja oleh-oleh

Kalau di Bali pasti posting deh di salah satu platform media sosial. Duh seluruh dunia tahu kamu lagi di Bali, gimana beli oleh-oleh untuk seluruh dunia. Salah satu triknya adalah cari toko murah-meriah. Di Bali sini ada toko segala Rp100.000. Minimal untuk ibumu aja dulu. Bawa pulang sebuah tote bag lucuk untuk Ibu!

Biaya = Rp100.000

Everything 100K - Kerobokan, Bali. Photo: @mrshananto

[RELATED. Lihat TIPS tentang mengatur pengeluaran oleh-oleh di sini]



Spa

Lelah jalan-jalan seharian, massage di Bali adalah salah satu kegiatan yang jangan sampai terlewatkan! Ada banyak spa yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah The Care Spa. Ini spa yang gedungnya lumayan bagus dengan lokasi mudah dijangkau. Ada pijat refleksi sampai full body massage. Ada juga paket Day Spa yang lengkap dengan body scrub atau lulur, hot stone, sampai berendam di bath tub. Semua dengan tenaga mbok pijat yang sangat handal lho! Pijat di The Care Spa Kerobokan ini berkisar antara Rp180.000 hingga Rp700.000. Kamu bisa pilih yang mana sesuai kantong.

Biaya = Rp200.000

The Care Spa - Kerobokan, Bali. Photo: @mrshananto



Ngopi

Sambil menunggu matahari terbenam, enaknya duduk-duduk lagi sambil ngobrol ditemani kopi. Ngopi di Bali sekarang enak karena banyak sekali cafe yang serius dengan kopinya. Artinya ini kopi yang dipilih dari roaster betulan, bukan susu dikasih kopi aja lho. Salah satu tempat ngopi yang mungil tapi antriannya lumayan panjang adalah CafeRevolver. Harga kopi di Revolver untuk standar Piccolo adalah sekitar Rp35.000.

Biaya = Rp35.000

Revolver Coffee - Kerobokan, Bali. Photo: @mrshananto



Jadi setelah ditotal dalam 1 hari ini Total pengeluaran = Rp469.000! Hore masih di bawah budget harian Rp500.000! Ini belum termasuk transportasi ya. Kamu masih perlu menyiapkan sewa mobil, pake taksi online atau sewa motor. Mau jalan juga bisa sih. Kelima tempat di atas ada di area berdekatan sekitar Petitenget – Kerobokan. Setelah jalan jauh ditutup dengan pijat refleksi. Pas kan?


Oke sekarang tinggal pikirkan kamu mau liburan berapa hari di Bali. 1 hari, 2 hari atau 5 hari? Pengeluaran harianmu bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari hitungan ini. Kalau hari ini Rp500ribuan, besok bisa Rp200ribuan, lusa Rp1jutaan. Terserah kamu. Tapi yang penting kamu sekarang tahu seperti apa budget yang harus kamu siapkan! Ayo liburan! Karena kita semua #senangliburan kan!


***

@mrshananto 2017


Dapatkan merchandise #senangliburan untuk mendukung program edukasi keuangan guru dan murid di Quamma.org.

This article is powered by Plan.id


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pantang Kikir Saat ke Bali! Budget Rp500ribuan? Bisa Asal Kamu Hitung Dulu Sebelum Berangkat!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !