Annisa datang dari keluarga kelas menengah. Kedua orangtuanya ada di Sukabumi, sementara ia di sini ikut dengan kakaknya yang sudah menikah dengan seorang pengusaha. Bermodal keberanian dan keterampilan yang dimiliki Annisa, ia memberanikan diri untuk membuka bisnis salon. Bagaimana cara yang ia lakukan dan apa yang ia lakukan untuk memulai bisnis salon? Yuk intip panduan dari Annisa berikut ini!

1. Mencari Investor

Photo Credit: iStock

Annisa termasuk beruntung, tinggal di kota ia mendapat kepercayaan dari kakak iparnya untuk membuka salon kecantikan. Kepercayaan yang diberikan oleh kakak iparnya tidak lantas ia dapat dengan mudah. Ia harus membuat investor percaya bahwa ia mampu menjalankan bisnis tersebut.

Sebagai langkah awal Annisa memperlihatkan beberapa karyanya selama masih di salon. Ia membuat presentasi di mana dalam presentasi tersebut menampilkan beberapa karyanya dalam memotong rambut, mewarnai rambut, manicure/pedicure, makeup, dan menampilkan gambaran berapa budget yang dibutuhkan untuk membuat salon kecantikan. Seperti dana peralatan dan perlengkapan, uang sewa, listrik, dan lainnya.

Ia pun memberanikan diri untuk menampilkan gambaran kapan ia mampu mengembalikan uang investor jika bisnisnya berjalan dengan baik. Hal ini dibutuhkan untuk meyakinkan investor bahwa Annisa tak hanya meminjam uang investor, tapi ia pun bisa mengembalikannya. Berapa persentasi yang didapat oleh investor tergantung bagaimana keputusan dalam negosiasi.

2. Yakin dengan Diri Sendiri dan Bekerja Sendiri

Photo Credit: Huffing Post

Yes, untuk memulai bisnis baru modal awal tentu saja yakin dengan diri sendiri. Setelah mendapat kepercayaan dari investor, Annisa menyarankan untuk bisa lebih termotivasi. Untuk menghindari pengeluaran bayar pegawai, menurut Annisa dalam memulai bisnis sendiri lebih baik memang bekerja sendiri dulu. Annisa fokus dengan usahanya tersebut agar mampu menghasilkan uang dan mengembalikannya pada investor.

3. Mencari Tempat Strategies

Photo Credit: iStock

Tentu saja saran ini sudah wajib hukumnya. Annisa sangat terkejut pertama kali ia membuka salon kecantikan di pinggir jalan yang ramai tapi pengunjungnya sepi. Setahun ia menyewa tempat tersebut sebesar 30 juta, pemasukan yang ia terima tak mampu menutup uang sewa tersebut.

Mengetahui tempat yang katanya strategis itu tak menguntungkannya, ia memutuskan untuk mencari tempat yang lebih baik. Annisa menemukan sebuah tempat yang jauh dari jalan raya namun dekat dengan lingkungan warga kampung. Tempatnya berupa jejeran toko yang sudah terisi. Annisa memutuskan untuk menyewa tempat tersebut sebesar 15 juta untuk satu tahun.

Tanpa diduga banyak warga di situ yang datang ke salon Annisa. Pelanggannya adalah ibu-ibu pensiunan PNS dan swasta ataupun wanita-wanita karier. Ada juga beberapa anak muda, gadis-gadis yang dalam masa pertumbuhan ataupun yang sudah bekerja dan kuliah.

Annisa dalam setahun bisa mengumpulkan uang 30 juta. Lebih dari cukup untuk membayar sewa tahun berikutnya.

4. Tak Sekadar Potong

Photo Credit: Pixabay.com

Ya, Annisa tak sekadar menawarkan jasa potong rambut. Menurutnya seberapa sering sih wanita memotong rambut, tidak seperti pria kan, yang mungkin tiap 2 minggu sudah gatal ingin potong rambut. Wanita menurutnya lebih ingin jasa perawatan seperti manicure pedicure, creambath, mewarnai rambut, makeup, di mana Annisa menawarkan jasa tersebut dan menguasai skill itu semua. Pendapatan yang ia terima justru lebih banyak dari jasa perawatan dibandingkan jasa potong rambut.

BACA JUGA


#WannaCry Tiap Cek Saldo Akhir Bulan? Yuk Kita #TobatFinansial!

#WannaCry Tiap Cek Saldo Akhir Bulan? Yuk Kita #TobatFinansial!

Miris lihat saldo akhir bulan, apalagi jelang mudik Lebaran

Read more..

Saran terakhir dari Annisa, pastikan kamu dapat menjaga kepercayaan pelangganmu. Bisnis salon kecantikan adalah bisnis jasa, yang dijual tentu saja pelayanan yang baik dan memuaskan. Jika itu tidak dapat dijaga dan justru mengecewakan, kita bisa babak belur dalam menjalankan bisnis tersebut. Kamu sudah siap? Buruan ikutin saran Annisa supaya bisnismu berjalan dengan baik.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Punya Bakat di Bidang Kecantikan? Inilah 4 Panduan Mudah Memulai Bisnis Salon!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !