Kabar tidak sedap kembali menerpa selebgram kontroversial Karin Novilda alias Awkarin. Setelah sosoknya yang dianggap meresahkan oleh KPAI, kini ia harus terguncang sekali lagi setelah mantan pacarnya, Oka Mahendra yang merupakan CEO dari Takis Management yang sempat menaungi karirnya dikabarkan bunuh diri setelah menenggak sianida karena terlilit utang. Jelang ulang tahunnya yang ke-22, pengusaha muda Oka Mahendra justru memilih jalan pintas untuk mengakhiri hidupnya. Padahal, bunuh diri tentu bukanlah solusi untuk masalah yang kita hadapi. Sahabat Moola, belajar dari kasus Oka Mahendra jika benar bunuh diri adalah jalan yang dipilihnya, maka inilah yang bisa kita lakukan saat bisnis berujung kebangkrutan.

1. Terima kenyataan dengan penuh keikhlasan

Photo Credit: Huffington Post

Jangan biarkan keterpurukan semakin menguasai pikiran kita hingga berujung stress berlebihan. Datangi keluarga, teman-teman, atau minta bantuan professional untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi untuk mendapatkan pertolongan. Jangan biarkan emosi dan amarah menguasai hati sehingga menghabiskan energi yang kamu punya. Cobalah bangkit dan dekatkan diri dengan Sang Pencipta dan orang-orang tercinta sembari mencoba hal-hal baru lainnya. Kamu masih muda, masih banyak potensi yang belum kamu gali sebelumnya. Satu kegagalan bisa jadi 1000 kesuksesan di masa depan. Teruslah berpikir positif sambil terus berusaha menerima kenyataan dengan penuh keikhlasan.

2. Cari dan kenali penyebab kebangkrutan

Setelah kamu mampu menerima kenyataan dan mengambil hikmah dari kebangkrutan, kamu bisa mengenali dan mengidentifikasi penyebabnya. Apakah karena faktor internal, ataukah karena faktor eksternal? Faktor internal meliputi masalah motivasi, kedisiplinan, kesalahan mengatur finansial dan manajerial. Kesalahan eksternal misalnya persaingan yang ketat, salah pergaulan, minimnya fasilitas, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan dunia luar. Catat segala kesalahan yang membuatmu gagal lalu buatlah rencana perbaikan untuk masa mendatang. Jangan menyelesaikan masalah secara 'seradakan', ada baiknya kamu membuat skala prioritas sesuai dengan urgensinya.

3. Buka diri dan kenali potensi tersembunyi

Photo Credit: Shutterstock

Seperti yang tercantum pada poin pertama. Di usia muda, seseorang masih punya banyak potensi yang belum seluruhnya digali. Pepatah mengatakan, tak ada rotan akarpun jadi. Begitu pula dengan dirimu yang masih punya banyak cara menuju kesuksesan yang menjadi mimpi. Jika gagal dengan satu jalan, percayalah masih ada seribu lagi potensi besar yang bisa kita maksimalkan. Dalam kesempitan selalu tercipta keberanian, bukan? Maka, tak ada salahnya jika kamu terus mengasahnya selepas mengalami kebangkrutan dan mencari peluang baru yang masih banyak tersedia. Seorang pebisnis handal adalah mereka yang terus bisa menciptakan peluang di tengah kesempitan, atau menangkap celah di tengah keterpurukan. Tangkap dan manfaatkan sekarang juga, jangan pernah menunda-nunda.

4. Rencanakan ulang secara matang

Semua pebisnis pasti pernah melalui masa-masa percobaan alias trial and error dalam menggeluti usahanya. Anggaplah semua ini adalah ujian mental yang akan membuatmu lebih mapan. Keteguhan dan ketekunanmu sangat dibutuhkan untuk membuat perencanaan ulang dan berani menapaki tangga-tangga kesuksesan selanjutnya. Jangan lupa, jadikan daftar kesalahan dan perbaikan sebagai pedoman agar tidak lagi menuai gagal.

BACA JUGA


Bisnismu Gagal? Inilah 5 Cara Bertahan Menghadapi Kebangkrutan

Bisnismu Gagal? Inilah 5 Cara Bertahan Menghadapi Kebangkrutan

Mengatasi kegagalan berbisnis dapat menjadi hal tersulit dalam hidup, tetapi juga bisa menjadi pembelajaran yang menyenangkan untuk ...

Read more..

Kegagalan yang pernah kamu rasakan seharusnya tidak menjadi alasan untuk larut dalam keterpurukan hingga mengambil 'jalan pintas'. Dan apapun penyebab kematian Oka Mahendra, mari kita doakan agar ia mendapat tempat terindah di sisi Tuhan serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Selamat jalan, Oka!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Oka Mahendra Mantan Awkarin Dikabarkan Bunuh Diri karena Terlilit Utang. Apa yang Harus Kita Lakukan Jika Bisnis Berujung Kebangkrutan?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !