Teman-teman di grup WhatsApp kembali ramai setelah pulang dari kampung halaman dan akan memulai “kehidupan nyata” pasca Lebaran. Banyak komitmen yang terencana dan akan segera terlaksana setelah Lebaran demi sehatnya keuangan. Apa saja?

1. Pergi Nonton Konser Musik

Seorang teman, Dinda, berkomitmen untuk tidak menonton konser lagi baik yang akan datang ke Indonesia ataupun negara tetangga. Belajar dari pengalamannya menghabiskan uang untuk menonton Cold Play di Singapura, ia pun bertekad tidak lagi pergi menonton konser setelahnya. Untuk Cold Play, ia tidak mengelak bahwa pengalaman ikut bernyanyi koor dan dansa bersama fans lainnya itu memang mengasyikkan, tapi komitmennya untuk tidak lagi menonton konser sangat mengejutkan saya.

Tidak hanya konser musik band-band papan atas, bahkan festival musik lainnya pun ia tak akan datang. Mengapa harus pergi menonton konser musik dengan harga yang sangat mahal, sementara kamu bisa menyaksikkannya di YouTube secara cuma-cuma, begitu katanya.

Saya kemudian menggodanya, apa nggak mau menonton Ed Sheeran yang akan datang ke Jakarta? Ia mengelak sambil menggunakan emoticon tertawa, ia bilang itu godaan terbesar setelah Lebaran untuk mengalahkan ketidakinginannya menonton Ed Sheeran live di Jakarta.

2. Membeli Perangkat Olahraga

Ada lagi seorang teman bernama Naya yang berkomitmen akan stop membeli produk perangkat olahraga yang mendukung aktivitasnya. Seperti smart watch, sepatu lari marathon yang bertumpuk-tumpuk dengan aneka model, pakaian lari, dan aksesoris lainnya.

Ia bilang, awalnya menyenangkan punya barang-barang tersebut, tapi lama kelamaan, repot juga merawatnya karena tak lagi muat di lemari rumah. Maka ia bertekad untuk tidak lagi membeli perangkat olahraga yang menghabiskan banyak sekali uang.

Tak hanya itu, ia juga akan berkomitmen untuk tidak selalu ikutan semua festival lari marathon yang biayanya tidak murah.

3. Membeli Poin Game

Ada banyak game di apps Android ataupun iPhone yang mengharuskan pemain untuk membeli poin demi mendapatkan sesuatu yang dinginkan. Intan, teman saya yang sedikit tomboy ini bertekad untuk tidak lagi menghabiskan gajinya untuk membeli poin-poin tersebut agar bisa mendapat apa yang diinginkan.

4. Trend Catering Sehat

Photo Credit: Healthy Life

Rasanya dibutuhkan usaha yang cukup besar untuk mendapatkan tubuh yang ideal, tidak hanya rajin work out tapi juga catering sehat. Nia sadar pengeluarannya untuk mengkonsumsi catering sehat sangatlah besar. Pun tidak semua menu yang ditawarkan dalam catering sehat menggoda selera makannya untuk melahap dengan semangat. Hasilnya? Ia pun tak juga mendapatkan tubuh yang ia inginkan. Tentu saja, ia tidak tahan dengan godaan menu makanan lain di luar catering sehatnya. Maka dari itu, Nia, berkomitmen untuk lebih menjaga pola makannya daripada harus langganan catering sehat yang tak lagi membuat keuangannya sehat.

5. Stop Membership Fitness

Lebaran panen pertanyaan “Kok sekarang gendutan?” membuat Dita, teman di grup WhatsApp, berkomitmen berhenti keanggotaan fitness. Jujur saja ia bilang bahwa keanggotaan fitness tersebut jarang sekali ia gunakan, pantas saja tidak ada pengaruhnya untuk menurunkan berat badannya. Alhasil, uang yang dibayarkan untuk keanggotaan fitness menguap begitu saja.

Tidak ada yang salah dengan keanggotaan fitness, tapi kalau tidak dimanfaatkan dengan maksimal, maka tak ada gunanya. Mengharapkan mendapatkan tubuh yang ideal tanpa usaha, tentu saja hanya mimpi. Lagipula, Dita berujar, ia tak lagi ikut fitness tapi akan lebih sering work out di tempat terbuka dengan lebih rutin dan disiplin. Saya kemudian menyarankan untuk coba ikuti akun medsos Women’s Health, ataupun aneka informasi tentang work out yang berguna untuk membentuk tubuh secara gratis.

BACA JUGA


Tidak Semua Undangan Halal Bihalal Wajib Dihadiri, Inilah 3 Undangan yang Bisa Kamu Prioritaskan

Tidak Semua Undangan Halal Bihalal Wajib Dihadiri, Inilah 3 Undangan yang Bisa Kamu Prioritaskan

Seperti halnya buka bersama, undangan halal bihalal tidak wajib dihadiri semuanya. Selain alasan waktu, alasan finansial juga jadi penentu. ...

Read more..

Bagaimana menurutmu, Sahabat Moola?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mulai dari Nol! Inilah 5 Komitmen Diet Keuangan yang Bisa Dilakukan Pasca Lebaran". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !