Sahabat Moola sedang bersiap mudik Idul Adha? Apa saja rencanamu selain berkumpul dengan keluarga? Mudik adalah agenda tahunan yang tidak dapat dipisahkan - terutama pada hari raya atau lebaran. Kamu yang ada di perantauan akan berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halaman. Dan tahukah kamu, bahwa mudik tidak hanya menghabiskan biaya malah justru bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan?

Ya, tentu saja caranya dengan mengkulak beberapa barang khas kampung halaman yang bisa laku keras di perantauan. Kulak adalah istilah untuk membeli barang dalam jumlah besar lalu dijual kembali. Nah, apa saja sih barang-barang dari kampung halaman yang bisa dikulak hingga menghasilkan keuntungan? Simak yuk sekarang!

1. Kue oleh-oleh khas artis

Photo Credit: Catatan Harian Mbak Avy

Booming-nya kue oleh-oleh khas di banyak daerah milik para artis tak ayal menimbulkan rasa penasaran dan atensi tersendiri. Gencarnya promosi lewat media sosial ditunjang foto-foto menggiurkan memang membuat banyak orang langsung ngidam. Nah, kamu bisa lho memanfaatkan ini sebagai ladang penghasilan. Caranya, dengan membuka PO (pre-order) kue-kue artis yang ada di kotamu, atau tak jauh dari kotamu. Kemudian, kamu bisa menjualnya kembali pada teman-teman yang ada di perantauan.

2. Makanan khas lainnya

Photo Credit: BeritaNews

Tak cuma kue-kue cantik khas artis yang bisa kamu kulak, makanan khas lainnya pun bisa. Misalnya kalau kamu mudik ke Yogyakarta, kamu bisa membuka pre-order gudeg kalengan, sambal krecek dalam kemasan, bakpia, atau makanan khas lain yang tak kalah lezat. Nah, coba kamu cari makanan khas yang paling digemari di kotamu lalu tawarkan pada teman-temanmu, siapa tahu mereka dapat menjadi calon pembelimu.

3. Fashion

Photo Credit: TOKO ENDEK Bali Nadi Rahayu

Bisnis fashion misalnya adalah kain-kain khas. Indonesia punya beragam kain songket dan batik yang cantik dan sangat khas di setiap daerah. Kamu bisa lho menawarkan pada teman-temanmu yang menyukai fashion unik, etnik dan tentu menarik.

4. Barang lain yang lebih spesifik

Photo Credit: Tirto

Last but not least, selain ketiga barang di atas, kamu bisa membuka pre-order untuk barang lain yang lebih spesifik. Misalnya saja di Yogyakarta, kamu akan jumpai banyak toko buku komunitas yang menjual buku-buku serta peralatan unik yang tidak dijumpai di tempat lainnya. Beberapa temanmu yang mengincar barang mereka, bisa saja menjadi sasaranmu untuk menawarkan jasa. Selalu ada peluang jika kita mau menemukan, bukan?

BACA JUGA


Mudik Tak Hanya Habiskan Uang tapi Juga Jadi Ladang Keuntungan. Bagaimana Caranya?

Mudik Tak Hanya Habiskan Uang tapi Juga Jadi Ladang Keuntungan. Bagaimana Caranya?

Sebentar lagi kita akan merayakan libur Idul Adha yang berarti saatnya mudik ke kampung halaman

Read more..

So, siapa bilang mudik malah menghabiskan uang? Setelah membaca artikel ini, semoga kamu mendapatkan pencerahan.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mudik Idul Adha Jadi Ladang Penghasilan? Inilah Barang yang Bisa Dikulak dari Kampung Halaman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !