Di masa yang penuh dengan tantangan, perempuan millenial mengemban banyak tanggung jawab dan peran penting di berbagai aspek kehidupan. Ia dituntut tak hanya cantik dan smart, namun juga pandai menempatkan diri di berbagai kesempatan. Salah satu cara untuk dapat bertahan dalam kerasnya tempaan adalah kemapanan serta kemandirian secara finansial. Apapun profesinya, di manapun ia berada, mau pekerja lapangan atau kantoran, mau ibu rumah tangga atau karyawan, perempuan millenial harus mulai 'melek' seputar keuangan agar mampu mengolahnya secara maksimal.

Sahabat Moola, berikut adalah hal-hal yang akan membuatmu menyadari pentingnya menjadi perempuan millenial yang cerdas dan mandiri secara finansial, dan kamu bisa mendapatkan kiatnya di Kartini Expo 2017 bersama Bursa Efek Indonesia!

1. Tidak bergantung pada pihak lain

Photo Credit: Eagerbrain

Perempuan seringkali dianggap sebagai makhluk lemah yang menjadi beban bagi pemimpinnya, baik itu orangtua, keluarga, atau bahkan pasangan. Sebagian dari para perempuan memang sangat nyaman dengan posisi demikian, namun tidak dengan perempuan millenial. Ia selalu haus akan tantangan, pembuktian, dan ‘panggung’ untuk menunjukkan eksistensinya bahwa ia mampu menjalani hidup mandiri tanpa bergantung pada pihak lain. Suatu saat bila hidup sedang tak bersahabat, perempuan millenial lebih sigap dan tanggap menghadapi segala macam kenyataan dengan tegar.

2. Kebanggaan dan harga diri

Photo Credit: YouTube

Tak dapat dipungkiri, bahwa kebanggaan dan harga diri juga menjadi kebutuhan para perempuan millenial, bukan hanya kaum pria. Dahulu, kodrat perempuan memang hanya di belakang layar tanpa disediakan tempat untuk unjuk kebolehan. Kini, segala macam cara pandang itu telah banyak berubah, perempuan millenial mendambakan pengakuan atas kemampuan dan kiprahnya untuk meningkatkan kebanggaan serta harga dirinya.

3. Bebas belanja dan mengelola keuangan

Tidak mandiri secara finansial berarti menggantungkan hidup pada orang lain dan tidak bebas mengelola keuangan. Padahal, ada banyak kebutuhan perempuan yang tidak semuanya dapat dipahami oleh kaum pria, misalnya dana perawatan, kecantikan, serta hiburan. Perempuan millenal sadar benar kondisi demikian, oleh sebab itu ia tak henti mengerahkan kemampuan untuk mandiri secara finansial agar tercukupi segala kebutuhan. Tidak enak kan, saat kita butuh pakaian baru untuk menghadiri pesta sahabat malah dikomplain karena harganya kemahalan. Atau pasangan marah-marah setelah kita membeli tiket liburan dan belanja gincu kebanyakan. Bukankah pria tidak paham bedanya lipstick warna merah tua dan merah maroon?

Selain itu, dengan mandiri secara finansial, tentunya kita bebas mengelola keuangan dan memiliki aset untuk membangun masa depan. Sayangnya, minimnya ilmu tentang investasi membuat perempuan minus dalam perencanaan. Padahal, 51% pengelolaan keuangan keluarga Indonesia ada pada peran perempuan. Nah, salah satu cara jitu untuk belajar mengelola keuangan yang matang adalah dengan menghadiri Kartini Expo 2017 yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia. Di sana, kita akan banyak belajar mengenai produk-produk keuangan yang bisa menghasilkan keuntungan, salah satunya adalah pasar modal. Kini, BEI memang gencar menyebarkan semangat berinvestasi bagi semua kalangan, termasuk perempuan. Peran penting perempuan dalam rumah tangga menjadi salah satu alasan bagi BEI untuk meningkatkan investor perempuan di Indonesia. Kartini Expo 2017 yang mengambil tema “Kartini, Yuk Nabung Saham” akan digelar pada 21 – 23 April 2017 bertempat di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta Selatan, yang terbuka luas bagi para perempuan dari semua kalangan—dari pengusaha, pekerja, ibu rumah tangga, hingga mahasiswa. Dengan gelaran ini, diharapkan para perempuan Indonesia bisa memanfaatkan produk pasar modal sehingga menjadi Kartini modern yang cerdas dan mandiri secara finansial, dan mampu meningkatkan literasi keuangan serta jumlah investor perempuan di Indonesia. Sangat menarik, bukan?

4. Punya persiapan matang

Masih berhubungan dengan poin ketiga, mandiri secara finansial juga membuat para perempuan memiliki persiapan matang dalam menghadapi kehidupan yang penuh tantangan. Suatu saat, bila terjadi risiko yang tidak diinginkan, investasi yang kita miliki mampu menopang kehidupan tanpa timpang. Untuk mempelajari kiat hidup matang, Sahabat Moola wajib datang ke acara Kartini Expo 2017. Di sana, ada banyak pembicara hebat yang siap berbagi ilmunya, seperti Kirana Bikers, Widi Mulia, Fioney Sofyan, Bunga Mega, dan masih banyak yang lainnya. Tak mau ketinggalan ‘mencuri ilmu’ dari para wanita hebat tersebut, bukan? Yuk, luangkan waktu mulai dari sekarang!

5. Bebas mengerjakan hobi dan berkeliling dunia

Photo Credit: HotelCluster

Bagi perempuan yang telah mandiri secara finansial, urusan hobi tentu bukan lagi halangan. Segala kematangan yang ia miliki tentu menjadi jaminan kebebasan yang bisa ia dapatkan. Mau mengerjakan aktivitas apapun? Bisa! Mau berkeliling dunia? Tentu tak butuh merepotkan para pria! Dengan kemampuanmu, segala yang diinginkan bisa menjadi kenyataan. Tentunya, harus disertai dengan tanggung jawab yang jangan sampai terlupakan ya, Sahabat Moola!

Well, itulah kelima hal yang membantumu untuk menyadari pentingnya menjadi perempuan yang cerdas dan mandiri secara finansial. Ternyata, menjadi cantik saja tidak pernah cukup untuk menjawab semua tantangan sebab dibutuhkan kecerdasan serta kesiapan yang mantap untuk menghadapinya.

BACA JUGA


Jangan Tunda Investasi Properti!

Jangan Tunda Investasi Properti!

INVESTASI. Semakin dini dilakukan, semakin baik hasilnya di masa mendatang. Apalagi investasi properti yang tentunya akan memberikan imbal ...

Read more..


-

Penulis: Puput Palipuring Tyas


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kartini Expo 2017, Event Keren untuk Para Millenial yang Ingin Jadi Perempuan Cerdas dan Mandiri Secara Finansial!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !